Model Latihan Underwater Dolphin Kick

Samudrabiru –¬†Sasaran utama pendidikan adalah bangaimana cara agar semua peserta didik menjadi sumber daya manusia yang sehat baik dalam keadaan statis maupun dinamis. Seluruh aspek dilibatkan baik afektif, kognitif mau psikomotornya. Sehingga keseluruhan aspek tersebut digali semaksimal mungkin dalam sebuah wadah yang terdapat diseluruh civitas akademik, dalam hal ini tentunya erat kaitannya dalam pendidikan jasmani.

Menurut Rosdiani (2013:23), pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematis bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neumuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional.

Sedangkan Menurut Mulyanto (2014:34 ), pendidikan jasmani adalah proses belajar untuk bergerak,dan belajar melalui gerak. Ciri dari pendidikan jasmani adalah belajar melalui pengalaman gerak untuk mencapai tujuan pengajaran melalui pelaksanaan, aktivitas jasmani, bermain dan olahraga.

Secara logika aktifitas olahraga pelaku utamanya adalah manusia. Manusia berolahraga tidak semata-mata melakukan aktifitas fisik belaka, melainkan karena manusia merupakan makhluk seutuhnya yang terdiri dari rohani dan jasmani. Olahraga merupakan aktifitas kompleks bagi manusia. Premis yang telah berkembang menyebutkan bahwa inti dari kegiatan olahraga adalah bermain, dengan keadaan itu pula manusia memperagakan keterampilannya dalam melakukan suatu gerakan.

Gerak merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Bentuk dari gerak tersebut, direalisasikan kedalam bentuk aktifitas olahraga. Kegiatan berolahraga yang dilakukan bermacam-macam, baik fungsi maupun tujuannya tergantung dari perilaku atau individunya.

Olahraga adalah sesuatu proses yang dilakukan secara sistematis berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong, mengembangkan dan membina potensi-potensi jasmani dan rohani seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan atau pertandingan dan kegiatan jasmani yang intensif untuk memperoleh reaksi, kemenangan dan prestasi puncak dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila.

Namun pada hakekatnya bahwa kegiatan berolahraga bertujuan untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani, bahkan melalui kegiatan berolahraga dapat memperkenalkan suatu daerah menjadi terkenal. Salah satu tujuan berolahraga yaitu untuk meningkatkan kesegaran jasmani. Dengan ini kesadaran masyarakat untuk melakukan olahraga semakin tinggi, salah satunya cabang olahraga renang. Renang sangat penting bagi setiap individu karena dapat menyelamatkan diri sendiri ketika berada di air.

Olahraga renang merupakan suatu cabang yang banyak digemari dikalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa bahkan orang yang telah lanjut usia (lansia). Renang adalah suatu cabang olahraga perlombaan yang tidak mengenal umur maupun jenis kelamin, meskipun cabang olahrga renang ini masih minimnya ditemukan didaerah-daerah pedalaman, tetapi peminatnya banyak juga dikalangan masyarakat.

Renang adalah olahraga air yang sangat popular dan digemari oleh siapapun karena semua gerakan melibatkan hampir semua otot tubuh, sehingga sangat bermanfaaat bagi kesehatan dan menjaga tubuh tetap bugar.Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang diakui dan diminati oleh masyarakat Indonesia, hal ini terbukti dengan masuknya cabang olahraga renang dalam berbagai kejuaraan, antara lain pada (1) Tingkat Daerah, yang sering disebut dengan PORDA (Pekan Olahraga Daerah) (2) Tingkat Nasional atau disebut PON (Pekan Olahraga Nasional) (3) dan Tingkat Internasional seperti SEA GAMES, dll.

Renang perlu di tunjang dengan kondisi fisik yang baik pula. Dengan semua kemampuan jasmani tentu saja terdiri dari elemen-elemen fisik yang tentu saja peranannya berbeda dari satu cabang ke cabang olahraga yang lain. Kualitas keadaan kemampuan fisik seseorang tergantung pada : perkembangan usia, bawaan organ secara genetik (jantung, peredaran darah dan otot). Cabang olahraga ini mempunyai empat gaya yaitu gaya bebas (crawl), gaya dada (Breaststroke), gaya punggung (Backstroke), dan gaya kupu-kupu, selain keempat gaya tersebut adapun hal-hal yang perlu diperhatikan seorang atlet renang seperti saat Start dan pembalikan yang disertai dengan rushing atau underwater dolphin kick, beserta finish.

Judul Buku : Model Latihan Underwater Dolphin Kick

Penulis : Kurnia Rusli dan Ferawati

Penerbit : Samudra Biru

Cetakan : I November 2018

Dimensi : viii + 55 hlm. ; 16 x 24 cm.

Harga : Rp