MANAJEMEN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN DAN SUPERVISI AKADEMIK

Manajemen Kepemimpinan Pembelajaran dan Supervisi Akademik

Buku yang membahas Tugas Kepala sekolah dalam mewujudkan masyarakat sekolah berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap menyelesaikan masalah.

Manajemen Kepemimpinan Pembelajaran dan Supervisi Akademik

Kepala Sekolah mempunyai tugas yang sangat penting di dalam mendorong guru untuk malakukan proses pembelajaran untuk mampu menumbuhkan berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap menyelesaikan masalah, dan bernaluri kewirausahaan bagi siswa sebagai produk suatu sistem pendidikan.

Kepemimpinan untuk Kepala Sekolah
Kepemimpinan merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Banyak model kepemimpinan yang dapat dianut dan diterapkan dalam bebagai organisasi/institusi, baik profit maupun nonprofit, namun model kepemimpinan yang paling cocok untuk diterapkan di sekolah adalah kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership or leadership for improved learning).

Penerapan Kepemimpinan
Tentang penerapan kepemimpinan pembelajaran di sekolah, banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa kepala sekolah yang memfokuskan kepemimpinan pembelajaran menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik dari pada kepala sekolah yang kurang memfokuskan pada kepemimpinan pembelajaran. Ironisnya, kebanyakan sekolah tidak menerapkan model kepemimpinan pembelajaran.

Banyak Kepala Sekolah Tidak Menerapkan Kepemimpinan Pembelajaran
Hasil penelitian Stronge (1988) menunjukkan bahwa dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah, hanya 10 persen yang dialokasikan untuk kepemimpinan pembelajaran. Sampai sekarangpun banyak kepala sekolah yang masih menyeimbangkan perannya sebagai manager, administrator, supervisor, dan instructional leader (kepemimpinan pembelajaran).

Hal yang Melatarbelakangi
Alasan terja Adapun alasan yang dikemukakan antara lain kurangnya pelatihan tentang kepemimpinan pembelajaran, kurangnya waktu untuk melaksanakan kepemimpinan pembelajaran, banyaknya kegiatan administratif yang harus dilaksanakan, dan adanya harapan dari masyarakat bahwa peran kepala sekolah utamanya adalah seorang manager (Flath,1089; Fullan,1991).

Menjadi Sekolah yang Bermutu
Kepemimpinan pembelajaran sangat cocok diterapkan di sekolah karena misi utama sekolah adalah mendidik semua siswa dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang sukses dalam menghadapi masa depan yang belum diketahui dan yang sarat dengan tantangan-tantangan yang sangat dinamis. Misi inilah yang kemudian menuntut sekolah sebagai organisasi harus memfokuskan pada pembelajaran (learningfocused schools), yang meliputi kurikulum, proses pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

 

(Zainal Aqib & La Jamuda dalam pengantar bukunya)

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Bagian 1

Kepemimpinan Pembelajaran (Arti, Tujuan, dan Pentingnya Pembelajaran, Standar Kepemimpinan Pembelajaran, Kompetensi Pemimpin Pembelajaran, Cara Menerapkan Kepemimpinan Pembelajaran)

Bagian 2

Supervisi Akademik (Konsep Supervisi Akademik, Konsep Perencanaan Program Supervisi Akademik, Teknik-Teknik Supervisi Akademik, Konsep Supervisi Klinis, Konsep Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik Terhadap Guru)

Bagian 3

Penelitian Tindakan Sekolah (Penelitian Tindakan, Penelitian Tindakan Sekolah)

Spesifikasi Buku

Cetakan I Agustus 2019; viii + 112 hlm, ukuran 14,8 x 21 cm, kertas isi HVS 70 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sistem penjualan buku ini adalah print on demand. Buku hanya akan dicetak ketika ada pemesanan. Butuh waktu +- 3 hari setelah pembayaran. Harga belum termasuk ongkos kirim

Rp120.000

Rp75.300

Tentang Penulis

Drs. H. Zainal Aqib, M. Pd.

La Jamuda, S.Pd.I. M.Si.

Drs. H. Zainal Aqib, M. Pd. Lulus Magister Pendidikan dari Universitas PGRI Adibuana Surabaya (2001). Dosen Universitas Muhammadiyah Lamongan. Sebagai fasilitator AIBEP (Australia Indonesia Basic Educational Program) tahun 2008/2009. Sebagai tim penilai pusat pengembangan pfofesi guru tahun 2003-2006. Pemenang berbagai lomba karya tulis tingkat nasional (2003-2005). Penulis terbaik majalah Media Dinas Pendidikan Jatim (2005). Dewan juri lomba karya tulis guru tingkat Jatim (2006-2013). Tahun 2010 Pengawas Sekolah Berprestasi. Penulis acapkali diundang sebagai narasumber pada acara seminar dan bedah buku di berbagai kota dan perguruan tinggi.

La Jamuda, S.Pd.I. M.Si. Lulus Pendidikan D III IKIP Bandung Tahun 1991 Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Lulus S1 Pendidikan Tarbiyah pada STAIS Muhammad Raha Tahun 2006, Lulus Magister Ilmu Administrasi Konsentrasi Administrasi dan Kebijakan Pendidikan dari Universitas ”WR. Supratman” Surabaya Tahun 2012. Mulai Mengajar pada STM Negeri Raha (sekarang SMK Negeri 2 Raha) mulai Agustus 1991 sampai Juli 2009. Menjadi Kepala Sekolah mulai Juli 2009 sampai Februari 2011. Menjadi Pengawas sekolah mulai Februari 2011 sampai sekarang. Menjadi Tim Penilai Angka kredit Guru Tahun 2010 sampai 2014. Menjadi peserta Pengawas Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2013. Menjadi Fasilitator Daerah (Fasda) Sekolah Model 2016 sampai sekarang.