Manajemen Kepemimpinan Pembelajaran dan Supervisi Akademik
Buku yang membahas Tugas Kepala sekolah dalam mewujudkan masyarakat sekolah berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap menyelesaikan masalah.
Manajemen Kepemimpinan Pembelajaran dan Supervisi Akademik
Kepala Sekolah mempunyai tugas yang sangat penting di dalam mendorong guru untuk malakukan proses pembelajaran untuk mampu menumbuhkan berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap menyelesaikan masalah, dan bernaluri kewirausahaan bagi siswa sebagai produk suatu sistem pendidikan.
Kepemimpinan untuk Kepala Sekolah
Kepemimpinan merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Banyak model kepemimpinan yang dapat dianut dan diterapkan dalam bebagai organisasi/institusi, baik profit maupun nonprofit, namun model kepemimpinan yang paling cocok untuk diterapkan di sekolah adalah kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership or leadership for improved learning).
Penerapan Kepemimpinan
Tentang penerapan kepemimpinan pembelajaran di sekolah, banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa kepala sekolah yang memfokuskan kepemimpinan pembelajaran menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik dari pada kepala sekolah yang kurang memfokuskan pada kepemimpinan pembelajaran. Ironisnya, kebanyakan sekolah tidak menerapkan model kepemimpinan pembelajaran.
Banyak Kepala Sekolah Tidak Menerapkan Kepemimpinan Pembelajaran
Hasil penelitian Stronge (1988) menunjukkan bahwa dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah, hanya 10 persen yang dialokasikan untuk kepemimpinan pembelajaran. Sampai sekarangpun banyak kepala sekolah yang masih menyeimbangkan perannya sebagai manager, administrator, supervisor, dan instructional leader (kepemimpinan pembelajaran).
Hal yang Melatarbelakangi
Alasan terja Adapun alasan yang dikemukakan antara lain kurangnya pelatihan tentang kepemimpinan pembelajaran, kurangnya waktu untuk melaksanakan kepemimpinan pembelajaran, banyaknya kegiatan administratif yang harus dilaksanakan, dan adanya harapan dari masyarakat bahwa peran kepala sekolah utamanya adalah seorang manager (Flath,1089; Fullan,1991).
Menjadi Sekolah yang Bermutu
Kepemimpinan pembelajaran sangat cocok diterapkan di sekolah karena misi utama sekolah adalah mendidik semua siswa dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang sukses dalam menghadapi masa depan yang belum diketahui dan yang sarat dengan tantangan-tantangan yang sangat dinamis. Misi inilah yang kemudian menuntut sekolah sebagai organisasi harus memfokuskan pada pembelajaran (learningfocused schools), yang meliputi kurikulum, proses pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.
(Zainal Aqib & La Jamuda dalam pengantar bukunya)
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!
DAFTAR ISI
Bagian 1
Kepemimpinan Pembelajaran (Arti, Tujuan, dan Pentingnya Pembelajaran, Standar Kepemimpinan Pembelajaran, Kompetensi Pemimpin Pembelajaran, Cara Menerapkan Kepemimpinan Pembelajaran)
Bagian 2
Supervisi Akademik (Konsep Supervisi Akademik, Konsep Perencanaan Program Supervisi Akademik, Teknik-Teknik Supervisi Akademik, Konsep Supervisi Klinis, Konsep Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik Terhadap Guru)
Bagian 3
Penelitian Tindakan Sekolah (Penelitian Tindakan, Penelitian Tindakan Sekolah)
Spesifikasi Buku
Cetakan I Agustus 2019; viii + 112 hlm, ukuran 14,8 x 21 cm, kertas isi HVS 70 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.
Harga Buku
Sistem penjualan buku ini adalah print on demand. Buku hanya akan dicetak ketika ada pemesanan. Butuh waktu +- 3 hari setelah pembayaran. Harga belum termasuk ongkos kirim
Rp120.000