Pengantar Kepemimpinan & Manajemen Lembaga Pendidikan

Samudrabiru – Pemahaman tentang konsep kepemimpinan menggambarkan asumsi bahwa kepemimpinan dihubungkan dengan proses mempengaruhi orang baik individu maupun masyarakat. Proses tersebut terjadi dalam suatu komunitas atau dalam satu organisasi. Kepemimpinan selalu menggambarkan pula hubungan antara orang yang memimpin dan yang dipimpin. Hubungan tersebut terjadi dalam beberapa hal misalnya dalam komunikasi, penyelesaian masalah atau konflik yang disebabkan oleh adanya gaya kepemimpinan.

Definisi kepemimpinan sebenarnya muncul sejak abad 18, berikut beberapa definisi tentang kepemimpian:

·         Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu (Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961, 24).

·          Kepemimpinan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957: 7)

·         Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (Rauch & Behling, 1984: 46).

·         Kepemimpinan adalah kemampuan seni atau tehnik untuk membuat sebuah kelompok atau orang mengikuti dan menaati segala keinginannya.

·         Kepemimpinan adalah suatu proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) pada kerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan (Jacobs & Jacques, 1990: 281).

·         Kepemimpinan adalah proses sekaligus atribut. Sebagai sebuah proses, kepemimpinan adalah penggunaan pengaruh tanpa paksaan untuk membentuk tujuan- tujuan kelompok atau organisasi, memotivasi perilaku kearah pencapaian tujuan dan membantu  mendefinisikan  kultur  kelompok  atau  organisasi. Sebagai atribut, kepemimpinan adalah sekelompok karakteristik yang dimiliki oleh individu yang dipandang sebagai pemimpin.(Griffin, Management, 2002: 68)

·         Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kelompok menuju tercapainya sasaran (Robbins,2005: 177)

·         Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang lain untuk memahami dan menyetujui apa yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas dan bagaimana melakukan tugas itu serta proses untuk memfasilitasi upaya individu dan kolektif guna mencapai tujuan bersama. (Yukl, 2010: 9)

·         Leadership is “a person’s capacity to be effective in … setting direction, creating alignment, and maintaining commitment in groups of people who share common work” (Morse & Buss, 2009)

Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama (Panji Anoraga, Page 23). Pemimpin atau leader juga dimaknai seseorang yang mempunyai cukup kekuatan, kekuasaan, atau karisma untuk memerintah orang lain. (Rivai ,2009:3). Oleh karena itu pemimpin punya peran besar dalam mengarahkan roda organisasi. Keberhasilan dalam pencapaian target, memberikan motivasi, dan menggerakkan tidak lepas dari kepiawaian seaorang pemimpin dalam menjaga harmoniasasi tim dalam organisasi.

Perbedaan konsep kepemimpinan merupakan hal yang wajar  karena sangat dipengarui oleh kepakaran masing-masing individu. Perkembangan konsep kepemimpinan secara dinamis berlangsung dengan penekanan dan tema – tema yang berbeda. Berdasarkan pada pengertian atau definisi dari kepemimpinan di atas dapat dipahami bahwa kepemimpinan adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang dalam mempengaruhi individu atau kelompok untuk mencapai suatu tujuan. Kepemimpinan memberikan pengertian ada yang di pimpin dan ada yang memimipin. Orang yang mendapatkan tugas memimpin disebut Pemimpin sementara yang di pimpin biasa disebut sebagai anggota atau pengikut. Definisi yang berbe-beda tersebut dapat ditarik benang merahnya (setidaknya sampai dengan era1980-an) yaitu semua konsep memberikan penekanan kepemimpinan sebagi proses transformasional yaitu proses mempengaruhi orang lain.

Buku Pengantar Kepemimpinan dan Manajemen Lembaga Pendidikan adalah salah satu materi dasar wawasan perkuliahan Manajemen Lembaga Pendidikan. Tiga hal penting yang dibahas dalam buku ini adalah Kepemimpinan, Manajemen dan Manajemen Perubahan.

Uraian pada bab I membahas tentang Kepempinan meliputi : konsep kepemimpinan, kekuasaan dan fungsi kepemimpinan, perbedaan manajer dan pemimpin, sifat tipe dan gaya kepemimpinan, dan nilai-nilai kepemimpinan Muhammadiyah. Bab II berisi tentang konsep manajemen, fungsi manajemen, prinsip-prinsip manajemen, dan nilainilai Islami manajemen. Sedangkan bab III membahas tentang konsep manajemen perubahan, ruang lingkup perubahan, strategi mengelola perubahan, dan teknik mengelola perubahan.

Buku ini dilengkapi dengan studi kasus untuk memudahkan pemahaman dan bahan diskusi. Sehingga diharapkan para mahasiswa dapat menjadikan studi kasus sebagai bagian dari pengalaman tidak langsung. Evaluasi berupa pertanyaan disertakan pada setiap bab untuk mengukur pemahaman mahasiswa atas materi yang telah dipelajari.

Judul : Pengantar Kepemimpinan & Manajemen Lembaga Pendidikan

Penulis : Muh. Samsudin

Penerbit : Samudra Biru (Anggota IKAPI), Cetakan I, Januari 2019

Dimensi : viii + 155 hlm. ; 17,5 x 25 cm.

Harga : Rp