Rancang Bangun Pendidikan Nasional (Catatan Pendidikan untuk Indonesia Berkemajuan)

Samudrabiru РMembincang pendidikan sama dengan membicarakan kehidupan. Ia tak akan lekang zaman. Senantisa ada perbincangan guna memperbaiki dan menumbuhkan semangat kebaruan dalam dunia pendidikan. 

Seiring perbincangan itu, dunia pendidikan juga tak lepas dari masalah. Masalah itu tidak hanya berasal dari pelaku pendidikan, dalam hal ini adalah guru/dosen, siswa, dan pejabat pendidikan. Namun, juga melibatkan komponen yang lebih luas yaitu pola kehidupan masyarakat.

Masyarakat senantiasa berubah dan bergerak menuju keabadan. Pendidikan sebagai komponen dalam masyarakat pun selayaknya mampu melakukan perubahan agar ia tidak tertinggal. Namun, proses penyesuaian diri ini tidak boleh dengan serta merta asal comot atau ambil. Perlu permenungan dan pemahaman secara memadai, agar pendidikan tidak semakin memperkeruh persoalan masyarakat.

Oleh karena itu, formulasi pendidikan yang mampu untuk meneguhkan semangat kebangsaan perlu untuk disuguhkan. Pendidikan tidak hanya seperangkat alat. Namun, ia adalah sekumpulan nilai yang membumi. Nilai-nilai itulah yang tertanam dalam benak siswa dan menjadi semangat hidup dalam bermasyarakat. Oleh karenya, spirit menghidupkan nilai pendidikan menjadi hal utama.

Buku ini mencoba berikhtiar untuk menghidupan spirit dan nilai pendidikan. Nilai pendidikan menjadi modal bangsa untuk bangkit. Pendidikan merupakan motor perubahan sosial. Melalui kerja-kerja inilah masyarakat menuju proses peradaban utama. Dimana masyarakat hidup dalam nauangan cinta kasih, kedamaian, dan kehidupan yang saling menyapa. Menyapa bukan hanya dalam perbincangan tanpa makna. Namun, menyatu dalam niatan, ucapan, dan tindakan.

Kehadiran buku ini juga untuk menggugah semangat bahwa pendidikan masih sangat diperlukan. Pendidikan bukanlah mainan politik (kekuasaan). Namun, ia adalah ruh bangsa. Oleh karenanya, pemerintah perlu menata dan memberi warna serta arah mau dibawa ke mana pendidikan ini. Saat pendidikan tak tentu arah, maka bangsa juga akan limbung.

Lebih lanjut, catatan-catatan sederhana ini dirancang sedemikian rupa guna merespon beberapa kejadian yang muncul. Namun, catatan-catatan ini tidak berpretensi dapat mengurai seluruh masalah kebangsaan. Catatan-catatan ini setidaknya menjadi jejak sejarah, bahwa pendidikan masih ada dan diperlukan oleh bangsa dan negara.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada banyak pihak yang telah membantu dalam proses penerbitan buku ini. Semoga amal baik ini bisa menjadi pendulum perubahan sosial dan berguna bagi bangsa dan negara.

Judul Buku : Rancang Bangun Pendidikan Nasional (Catatan Pendidikan untuk Indonesia Berkemajuan)
Penulis :Budiharjo & Benni Setiawan
Penerbit : Samudra Biru
Cetakan : I April 2015
Dimensi : vi + 150 hlm, 16 x 24 cm
Harga : Rp