Pengantar Sosiologi Pendidikan

Samudrabiru – Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pergaulan hidup antara seseorang dengan seseorang, perseorangan dengan golongan atau golongan dengan golongan. 

Dengan demikian terdapat dua unsur pokok dalam sosiologi, yaitu manusia dan hubungan sosial (masyarakat). Terdapat berbagai pendapat tentang kedudukan individu dan masyarakat ini. 

Di satu pihak ada yang berpendapat bahwa individu lebih dominan daripada masyarakat, tetapi di pihak lain berpendapat bahwa masyarakat lebih dominan daripada individu. 

Sementara itu terdapat pendapat yang mengambil posisi tengah yang mengatakan bahwa antara individu dan masyarakat terjadi proses saling mempengaruhi. 

Sejumlah kritik diajukan kepada sosiologi, yaitu 1) sosiologi adalah ilmu yang sulit, 2) sosiologi hanya merupakan kumpulan dari berbagai kajian ilmu sosial lainnya, dan 3) tidak ada lapangan yang khusus bagi sosiologi karena objeknya telah banyak digarap oleh ilmu-ilmu sosial lainnya.

Buku ajar ini disusun sebagai salah satu upaya untuk membantu mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah So-siologi Pendidikan, terutama memahami konsep-konsep dasar dan teori-teori yang terkait dengan Sosiologi Pendidikan. Dengan demikian diharapkan selain membaca buku rujukan lain, buku ajar dapat menjadi acuan awal dalam mengembangkan pemahaman tentang Sosiologi Pendidikan. 

Secara garis besar, sistematika penulisan buku ajar ini mencakup tujuh Bab, yaitu: bagian pertama, membahas tentang Konsep dasar dan teori sosiologI. Bagian kedua, menguraikan tentang Hakikat Sosiologi Pendidikan, selanjutnya pada bagian ketiga, mengetengahkan tentang Peranan Sosiologi dalam bidang pendidikan. 

Bagian keempat dari buku bahan ajar ini, akan menganalisis isu pendidikan berdasarkan teori sosiologi. Masyarakat dan pendidikan dalam konteks sosiologi merupakan pokok bahasan yang akan dikaji pada bagian kelima dari buku ajar ini. 

Bagian keenam mengetengahkan tentang Kajian sosiologi terhadap persoalan-persoalan ekonomi-sosial-budaya dalam masyarakat. Buku ini ditutup dengan analisis tentang problematika pendidikan dalam perspektif sosiologi.

Dengan terbitnya buku Sosiologi Pendidikan ini, kami berharap semoga dapat menambah rujukan pengetahuan tentang perencanaan pendidikan. 

Selain itu meskipun buku ajar secara umum diperuntukkan bagi mahasiswa di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo, khususnya Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, namun demikian buku ajar ini tentunya dapat digunakan sebagai salah satu literatur di bidang Sosiologi Pendidikan.

Akhirnya; dengan penuh kerendahan hati, penulis tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang secara moril dan material telah membantu penulis dalam menyusun dan menyelesaikan buku ajar ini.

Mengingat ketidaksempurnaan buku ajar ini, penulis juga akan berterima kasih atas berbagai masukan dan kritikan konstruktif demi kesempurnaan dan pengembangan lebih lanjut dari buku ajar ini di masa datang.

Judul Buku : Pengantar Sosiologi Pendidikan
Penulis : Ikhfan Haris
Penerbit : Samudra Biru
Cetakan : I Maret 2014
Dimensi : viii + 188 hlm, 14 x 21 cm
Harga : Rp