Samudrabiru –Pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada pada manusia. Melalui pendidikan, manusia dapat memperbaiki kualitas diri untuk pengembangan kehidupan yang lebih baik. Kebutuhan dan tuntutan zaman terhadap kompetensi yang dimiliki manusia terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan peradaban.
Peningkatan kualitas diri dapat ditempuh melalui berbagai cara, antara lain peningkatan bekal awal mahasiswa, peningkatan kompetensi pendidik (dosen), peningkatan isi kurikulum, pe-ningkatan kualitas pembelajaran dan penilaian hasil belajar mahasiswa, penyediaan bahan ajar dan sarana belajar yang memadai.
Dari seluruh cara di atas, peningkatan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kualitas pendidik, mendu-duki posisi yang sangat strategis dan akan berdampak positif dalam pembelajaran.
Dosen sebagai pendidik, memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk mengoptimalkan kemampuan mahasiswa agar memiliki kesiapan menghadapi tuntutan dan kebutuhan zaman yang terus berkembang.
Setiap pendidik (dosen) harus mampu mengoptimalkan kompetensi-kompetensi yang dimiliki mahasiswa agar mereka siap dalam melakukan proses interaksi dan adaptasi dalam kehidupan nyata dengan cara membuka suatu unit usaha.
Berdasarkan data analisis kebutuhan yang dilakukan, dari 13 karakteristik kewirausahaan, terdapat 3 kriteria yaitu kriteria sangat baik terdiri dari 2 item (penuh semangat, ambisius), kriteria baik, terdiri dari 4 item (bertindak, pantang menyerah, berbisnis dengan standar etika dan mandiri), dan kriteria cukup terdiri dari 7 item (tidak takut gagal, kreatif dan inovatif, harus optimis, sabar ulet dan tekun, jujur, peduli lingkungan, peka terhadap pasar).
Buku ini bertujuan memberikan gambaran yang terkait dengan model pembelajaran kewi-rausahaan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme, sebagai dasar filosofi konsep pembelajaran.
Pendekatan kontruktivisme da-lam proses pembelajaran adalah pengetahuan merupakan konstruksi yang dibangun oleh mahasiswa yang didasarkan pada pengetahuan awal yang dimiliki, dan dipadukan dengan dimilikinya.
Penulis berharap buku “Model Pembelajaran Kewirausahaan” ini dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam mewujudkan kemandirian berwirausaha dengan menciptakan berbagai je-nis usaha. Besar harapan penulis semoga buku ini bermanfaat.
Judul Buku : Model Pembelajaran Kewirausahaan
Penulis : Yeni Erita
Penerbit : Samudra Biru
Cetakan : I November 2015
Dimensi : viii + 76 hlm, 15 x 23 cm
Harga : Rp