Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar (SD)

Buku yang dapat dijadikan referensi baik untuk mahasiswa, guru, dosen, kepala sekolah dan yang mempunyai minat terhadap Manajemen Pendidikan di Sekolah Dasar (SD)

Tentang Manajemen Pendidikan

Pendidikan dipercaya sebagai alat strategis meningkatkan taraf hidup manusia. Melalui pendidikan manusia menjadi cerdas, memiliki skill, sikap hidup yang baik, sehingga dapat bergaul dengan baik pula di masyarakat dan dapat menolong dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat. Pendidikan menjadi investasi yang memberi keuntungan sosial dan pribadi yang menjadikan bangsa bermartabat dan menjadikan individunya memiliki derajat.

Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 1 dan 3 ‘Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, dan akhlak mulia, serta keterampilan yang
diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara’.

Ki Hajar Dewantara (1889-1959) menjelaskan tentang pengertian pendidikan, yakni umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti (karakter, kekuatan batin) pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya (Armin Naway, 2017).

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, seperti di kutip (Armin Naway, 2017) pendidikan berasal dari kata dasar ‘didik’ (mendidik), yaitu memelihara dan memberi latihan (ajaran pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Pendidikan secara etimologi berasal dari kata ‘paedagogie’ dari Bahasa Yunani, terdiri dari kata ‘pais’ artinya anak dan ‘again’ artinya membimbing. Jadi paedagogie artinya bimbingan yang diberikan kepada anak. 

Dalam Bahasa romawi Pendidikan berasal dari kata ‘educate’ yang berarti mengeluarkan sesuatu yang berada dari dalam (Shilochah, 2018) dalam (Suhelayanti et al., 2020). Secara etimologis, istilah ‘Pendidikan’ berasal dari kata latin ‘educare’, ‘educere’ dan ‘educatum’. ‘educare’ berarti untuk bangkit atau memunculkan atau menyuburkan. 

Ini menunjukkan bahwa anak harus dibesarkan atau diberi tempat dengan menjaga tujuan dan cita-cita tertentu. Istilah ‘educere’ menunjukkan untuk memimpin atau menarik keluar. Dalam hal ini, Pendidikan. Melalui prosesnya menarik keluar apa yang terbaik dalam diri anak. ‘educatum’ menunjukkantindakan mengajar atau melatih. Itu berarti mendidik anak atau memberikan pelatihan sebagai fasilitas bagi anak untuk perkembangannya. 

Istilah ‘educare’ atau ‘educere’ terutama menunjukkan perkembangan kemampuan laten anak. Tetapi
anak tidak tahu kemungkinan-kemungkinan ini (Nikunja, 2015) dalam (Mustadi, 2020). Pendidikan dalam Bahasa arab ‘tarbiyah’ kata kerja ‘rabba’. Kata rabba berarti ‘mendidik’ sudah digunakan sejak zaman
nabi Muhammad Saw, seperti terlihat dalam al-Quran dan Sunnah. Dalam kata rabba digunakan juga untuk ‘Tuhan’, mungkin karena Tuhan yang bersifat mendidik (Daradjat et al., 2005) dalam (Anwar, 2016). 

Pendidikan berasal dari kata pedagogi (paedagogie, Bahasa Latin) yang berarti pendidikan dan kata pedagogia (paedagogik) yang berarti ilmu pendidikan yang berasal dari bahasa Yunani. Pedagogia terdiri dari dua kata yaitu Paedosâ (anak) dan Agogeâ yang berarti saya membimbing, memimpin anak. Sedangkan paedagogos ialah seorang pelayan atau bujang (pemuda) pada zaman Yunani Kuno yang pekerjaannya mengantar dan menjemput anak-anak (siswa) ke dan dari sekolah. 

Perkataan paedagogos yang semula berkonotasi rendah (pelayan, pembantu) ini, kemudian sekarang dipakai untuk nama pekerjaan yang mulia yakni paedagoog (pendidik atau ahli didik atau guru). Dari sudut pandang ini pendidikan dapat diartikan sebagai kegiatan seseorang dalam membimbing dan memimpin anak menuju ke pertumbuhan dan perkembangan secara optimal agar dapat berdiri sendiri dan bertanggung jawab (Armin Naway, 2017).

Buku ini sebagai referensi pendamping pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar serta bentuk dedikasi penulis dalam upaya meningkatkan minat para calon guru sekolah dasar terhadap Implementasi Manajemen Pendidikan di Sekolah Dasar.

Buku referensi pendamping ini terdiri dari 11 Bab, meliputi; konsep dasar manajemen dalam Pendidikan, hubungan manajemen Pendidikan dengan ilmu lain, konsep manajemen Pendidikan di Sekolah Dasar, manajemen sekolah Dasar yang efektif, kepemimpinan dalam Pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, manajemen tenaga pendidikkependidikan dan peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen pembiayaan dan sarana prasarana, manajemen komunikasi dalam Pendidikan, teknologi informasi dalam komunikasi, manajemen sistem informasi dan pengambilan keputusan, manajemen pengawasan dan supervisi Pendidikan, manajemen mutu sekolah, manajemen berbasis sekolah/madrasah, manajemen mutu terpadu Pendidikan, hambatan implementasi dan filosofi baru TQM dilembaga Pendidikan.

Terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah berkontribusi, mulai dari perencanaan, proses, sampai dengan penerbitan. Masukan dan saran untuk buku ini menjadi lebih baik sangat penulis harapkan. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi yang berkepentingan sama. Semoga segala lelah akan menjadi lillah…aamiin yaa rabb.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Daftar Isi 3
Daftar Isi 4

Spesifikasi Buku

Cetakan I Maret 2023;  466 hlm, ukuran 14 x 20 cm, kertas isi HVS 75 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 175.000

Rp 155.800

Tentang Penulis

Yayah Huliatunisa dan & Dr. Ina Magdalena, M. Pd

Yayah Huliatunisa, Dr., M. Pd Lahir di Serang, Tanggal 12 Januari 1976. Penulis menyelesaikan pendidikan (S2) Administrasi Pendidikan UHAMKA di tahun 2014, dan Administrasi Pendidikan (S3) UPI di tahun 2023 dengan pembiayaan Kementerian Keuangan RI-Program Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI-DN) tahun 2019. Penulis merupakan Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Muhammadiyah Tangerang, serta Pegawai Tetap pada Lembaga Ventura Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Beberapa buku ber-ISBN yang telah diterbitkan, seperti; Manajemen Pendidikan, Gerakan Literasi Sekolah, Evaluasi Pembelajaran SD, Pengembangan Kurikulum SD, Dasar Pengembangan Kurikulum SD, Kumpulan Materi Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD.