Dinamika Usaha Kecil dan Menengah

Samudrabiru – Perpaduan ilmu pemasaran dan kewirausahaan telah berkembang dengan signifikan di beberapa penelitian dan literatur pada dekade terakhir. Area perpaduan antara pemasaran dan entrepreneurship mencakup 3 hal utama yaitu, fokus terhadap perubahan, peluang, dan inovasi (Collinson dan Shaw, 2001). 

Perkembangan studi dalam perpaduan ini membuat peneliti berkesempatan melakukan studi dan penelitian bukan hanya di bagian teoritis namun juga di area aplikasi praktik dan implikasinya terhadap kewirausahaan itu sendiri. Perpaduan pun telah berkembang luas mencakup kreativitas, networking, strategi, bahkan pendidikan (Collinson dan Shaw, 2001). 

Penelitian terkait perpaduan pemasaran dan kewirausahaan sering dibahas dalam konteks perusahaan baru atau usaha kecil, ataupun perusahaan yang mengaplikasikan pendekatan entrepreneurial berapapun besarnya usaha, dengan kata lain pemasaran mempengaruhi keberhasilan perusahaan entrepreneurial, dan pendekatan entrepreneurial mempengaruhi keberhasilan
pemasaran, sehingga penting bagi pemasaran memahami kewirausahaan.
(Morris dan Lewis, 1995).

Industri kecil mempunyai peranan yang sangat penting atau vital dalam kehidupan ekonomi atau pembangunan ekonomi Indonesia. Dalam hal permodalan bagi industri kecil ini pemerintah memberikan perhatiannya. Agar langkah permodalan dan pengembangan mencapai hasil, maka pemerintah membuat UU tentang usaha kecil mendapatkan biaya baik sebagai modal dasar juga dalam langkah-langkah pengembangan usaha.

Peningkatan daya saing industri secara berkelanjutan membentuk landasan ekonomi yang kuat berupa stabilitas ekonomi makro, iklim usaha dan investasi yang sehat. Pada masa depan, tumbuh majunya industri nasional akan dibarengi dengan pemberian manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran seluruh rakyat Indonesia, tanpa merongrong kedaulatan bangsa serta mengorbankan kepentingan nasional, dan tetap melestarikan nilai-nilai budaya bangsa yang dicerminkan oleh terbangunnya kerja sama ekonomi secara setara dengan negara-negara lain. 

Pembangunan industri merupakan bagian dari pembangunan nasional, sehingga derap pembangunan industri harus mampu memberiksn dumbsngsn ysng berarti terhadap pembangunan ekonomi, budaya maupun sosial politik.

Oleh karenanya, dalam penentuan tujuan pembangunan sektor industri jangka panjang, bukan hanya ditujukan untuk mengatasi permasalahan dan kelemahan di sektor industri saja, tetapi sekaligus juga harus mampu turut mengatasi permasalahan nasional. 

Masalah nasional yang sedang mengemuka di antaranya : tingginya angka pengangguran dan kemiskinan, rendahnya pertumbuhan ekonomi, melambatnya perkembangan ekspor Indonesia, lemahnya sektor infrastruktur, dan tertinggalnya kemampuan nasional di bidang penguasaan teknologi.

Judul Buku : Dinamika Usaha Kecil dan Menengah
Penulis : Saparuddin M dan Rifelly Dewi Astuti
Penerbit : Samudra Biru
Cetakan : I Desember 2017
Dimensi : viii + 142 hlm. ; 16 x 24 cm
Harga : Rp