PERILAKU SOSIAL EKSPRESIF SISWA Prevalensi, Diagnosa, dan Teknik Intervensi

Buku ini sangat bermanfaat dalam membangkitkan semangat pembinaan perilaku sosial siswa melalui analisis faktor-faktor dari berpikir, gaya mengajar, dan kecerdasan emosi guru PAI.

PROBLEMATIKA SOSIAL SISWA

Buku yang ada di hadapan Anda saat ini merupakan hasil elaborasi penulis atas fenomena perilaku sosial ekspresif siswa yang kian hari semakin menunjukkan tanda degradasi. Secara substantif keilmuan, buku ini sangat bermanfaat dalam membangkitkan semangat pembinaan perilaku sosial siswa melalui analisis faktor-faktor dari berpikir, gaya mengajar, dan kecerdasan emosi guru PAI. Hal ini sangat penting sebagai modal untuk membangun konsep perilaku sosial siswa. Kabar baiknya, para pendidik semakin jernih dalam mendalami fenomena dan mempunyai cara atau upaya untuk mengatasi problem perilaku pada siswa. The Liang Gie pernah mengungkapkan, “Berdisiplin dalam belajar dan berperilaku selain akan membuat seorang siswa memiliki kecakapan mengenai cara belajar yang baik, juga merupakan suatu proses ke arah pembentukan watak yang baik. Watak yang baik dalam diri seseorang akan menciptakan suatu pribadi yang luhur. Para siswa yang merupakan harapan bangsa semestinya memiliki watak yang baik dan pribadi yang luhur.”

Dalam kontek yang lebih luas dan realistis, buku ini menawarkan konsep perubahan perilaku berbasis madrasah melalui peran guru sebagai figur otoritas dan fasilitator belajar. Model dan konstruk ide
yang ditawarkan buku ini diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemerintah dalam menumbuhkan rasa kepedulian di tengah-tengah masyarakat akan pentingnya pembinaan perilaku
sosial siswa untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Pembinaan perilaku sosial siswa semakin urgen untuk mengantisipasi ekses negatif dari kehidupan global.

Dalam pembahasan dan pemaparan fenomena, buku ini banyak menyajikan fenomena perilaku ekspresif siswa MA. Namun demikian, gagasan, ide, dan rekomendasi yang ditawarkan buku ini
dapat diterapkan sebagai lesson learn yang bersifat umum, di berbagai jenjang pendidikan. Sudah tentu, kontribusi ini baru terbatas pada telaah perilaku sosial ekspresif peserta didik melalui proses analisis berpikir, gaya mengajar, dan kecerdasan emosi guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Akhirnya, penulis berharap semoga buku ini memberikan manfaat sehingga dapat menjadi referensi pengambilan kebijakan dalam upaya pembinaan perilaku ekspresif siswa. Tentu, buku ini tidak sempurna. Oleh karena itu, saran konstruktif dari pembaca sangat dinantikan.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Daftar Isi 3

Spesifikasi Buku

Cetakan I, Desember 2023;  222 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp150.000

Rp 129,000

Tentang Penulis

Dr. H. Rasyidi, M.Pd.I,

pendidikan yang ditempuh IAIN Bukittinggi (Tar/PAI), Sumatera Barat. Ex. 2004., S2 : UIN Suska Riau (PI/MPI), Ex. 2011. S3 : UIN Suska Riau (PI/PAI, Beasiswa Menteri Agama), Ex. 2018.

Pekerjaan penulis: Dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAI Tafaqquhfiddin Dumai, Direktur Pendidikan Yayasan Inabatul Qur’an Kota Dumai

Organisasi : Sekretaris Masjid Muslimin Dumai, Pengurus Persatuan Muballigh Dumai (PMD), Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dumai, Pengurus ICMI Kota Dumai, Sekretaris Perti-Tarbiyah Kota Dumai

Karya Tulis : Filsafat Pendidikan Islam, Diagnosis Kesulitan Belajar, Analisis Penelitian Kuantitaif, Perilaku Sosial Ekpresif d an tulisan dijurnalTadzakkur dan website putrabakauaceh.com.