
Samudrabiru – Pertanyaan yang paling mendasar dalam sebuah kajian mengenai bisnis adalah: mengapa sebuah bisnis akhirnya menemui kegagalan, bangkrut, dan akhirnya tutup? Pertanyaan selanjutnya yang terkait dengan hal tersebut adalah: sebaliknya mengapa sebuah bisnis bisa sangat maju, menguntungkan, dan memberikan kebanggaan bagi pemiliknya, bahkan bisa menjadi kebanggaan bangsa dan negara?
Untuk menjawab dua pertanyaan yang bertolak belakang tersebut, ada baiknya kita melihat apa yang terjadi dengan kelompok pertama yang berisi perusahaan-perusahaan seperti Nokia, Kodak, Batavia Air dan Adam Air, serta di sisi lain juga kita harus melihat kelompok kedua yang diisi oleh perusahaan-perusahaan seperti Garuda Indonesia, Samsung, Toyota, dan Nike.
Pertanyaan berikutnya adalah: apa yang membedakan kedua kelompok perusahaan tersebut? jawaban untuk pertanyaan ini terbagi menjadi dua, jawaban pertama adalah jawaban yang singkat karena tidak memerlukan analisis mendalam, dan jawaban kedua adalah jawaban yang dapat menghabiskan banyak energi karena memerlukan analisis strategik dan filosofis mengenai kunci utama bisnis: value. Pembahasan mengenai value akan dipaparkan dalam bagian kedua dari buku ini.
Manajemen bisnis atau rencana dalam berbisnis merupakan poin penting yang sangat berperan dalam kesuksesan untuk para pebisnis. Terlepas dari status apakah pebisnis pemula atau senior, dengan melakukan manajemen bisnis yang rapi, akan membawa bisnis ke arah kesuksesan.
Manajemen bisnis adalah modal penting bagi ketahanan sebuah bisnis dari segala jenis tantangan dan hambatan. Dengan menerapkan manajemen yang baik, pebisnis akan sigap dengan sederet strategi untuk menghadapi situasi apabila bisnis sedang tidak stabil untuk menghadapi risiko terburuk.
Begitulah tahan banting yang dimaksudkan dalam konteks ini; agar sebuah bisnis akan mampu melewati masa terburuk sekalipun dan tetap bertahan. Selain itu, strategi dalam berbisnis perlu juga disusun untuk bisa mengetahui trend di pasaran sehingga bisnis bisa tetap settle menghadapi persaingan pasar yang ketat.
Mengapa sebuah bisnis dengan promosi besar-besaran dan pemasangan iklan di mana-mana ada kalanya menemui kegagalan, bangkrut, dan akhirnya gulung tikar. Sementara, ada sebuah bisnis sederhana seperti rumah makan kecil, lokasinya di sebuah gang sempit, tidak pernah menayangkan iklan di televisi, koran, maupun radio, namun pembelinya antri panjang sekali.
Ada juga kedai kopi di pinggir jalan yang penuh sesak dengan pembeli yang datang membawa beragam mobil mewah, rela mengantri untuk secangkir kopi.
Bagaimana hal tersebut bisa dijelaskan? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah inti kajian dari buku ini, yakni value dan strategi. Simak rahasianya dan selamat membaca tentunya.
Judul Buku : Manajemen Bisnis
Penulis : Agung Wahyu Handaru
Penerbit : Samudra Biru
Cetakan : I April 2018
Dimensi : viii + 145 hlm. ; 16x 24 cm
Harga : Rp