STRUCTURAL EQUATION MODELLING KECELAKAAN TRUK OVERDIMENSION AND OVERLOADING (ODOL)

Buku yang membahasan secara mendalam mengenai Ruang lingkup, faktor Kecelakaan Akibat Truk ODOL dan berbagai analisis di dalamnya

Ruang lingkup Kecelakaan Akibat Truk ODOL

Jawa Timur adalah provinsi di Pulau Jawa yang memiliki jumlah penduduk terbanyak dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Wilayah administrasinya terdiri dari 38 kota dan kabupaten. Sayangnya, angka kecelakaan di Indonesia semakin meningkat, dan provinsi ini memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan angka kecelakaan. Masalah keselamatan lalu lintas sangat sering terjadi dan hampir setiap hari terjadi kecelakaan, di mana faktor kendaraan merupakan salah satu faktor yang berperan dalam kecelakaan tersebut faktor jalan, faktor kondisi lingkungan  dan alam, baik kecelakaan ringan maupun kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa .

Kepadatan truk yang melintas di jalan raya mengalami peningkatan yang signifikan dan dampaknya terlihat dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan tersebut. Namun, upaya untuk meminimalkan potensi kecelakaan masih sangat terbatas. Faktor yang memengaruhi kinerja penanganan masalah ini tidak hanya terkait dengan perilaku pengemudi, melainkan juga termasuk beberapa aspek lain seperti kondisi geometri jalan yang buruk, kekurangan penerangan jalan yang memadai, dan kurangnya waktu istirahat bagi pengemudi truk.

Kendaraan truk berkonstribusi besar terhadap terjadinya kecelakaan dikarenakan karakteristiknya seperti: ukuran, berat, dan sistem operasinya. Kecelakaan yang melibatkan truk tidak hanya menimbulkan dampak fisik dan emosional, tetapi juga menimbulkan kerugian ekonomi yang signifikan bagi masyarakat. Salah satu faktor utama yang menyebabkan tingginya angka kematian di Indonesia adalah kecelakaan lalu lintas. Meskipun upaya untuk meningkatkan infrastruktur telah dilakukan untuk mengurangi jumlah kecelakaan dan kerugian yang ditimbulkan, namun seringkali upaya tersebut belum optimal atau tidak sepenuhnya efektif .

Korban jiwa yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas bisa menjadi dampak yang sangat besar. Selain merusak properti, kecelakaan ini juga dapat menimbulkan kematian akibat adanya interaksi
antara kendaraan dengan pengguna jalan. Diperlukan upaya untuk mengurangi kerugian akibat kecelakaan truk yang fatal, dan langkah tersebut bisa dilakukan dengan mengidentifikasi faktor risiko dan dampaknya terhadap kecelakaan yang mematikan. Faktor risiko yang mempengaruhi tingkat keparahan kecelakaan sangat kompleks dan beragam, sehingga sulit untuk mengetahui hubungan antara variabelvariabel tersebut. Contohnya, kondisi permukaan jalan yang basah sering terjadi pada cuaca buruk, dan tikungan tajam serta kemiringan curam sering ditemukan di sepanjang jalan raya. Dalam memperoleh faktor risiko yang relevan dan menangkap interaksi antara variabelvariabel tersebut, diperlukan pemahaman yang komprehensif agar bisa meningkatkan pemahaman tentang mekanisme kecelakaan.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Daftar Isi 3

Spesifikasi Buku

Cetakan I Mei ;  200 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi HVS 75 gram, hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 150.000

Rp 121,600

Tentang Penulis

 Ir. Meriana Wahyu Nugroho, ST., MT

Pendidikan Perguruan Tinggi penulis pada tahun Program Studi Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dengan bidang keahlian Instrumentasi, dan dinyatakan lulus akhir tahun 2006. Selanjutnya penulis pada tahun 2014 menyelesaikan studi pada Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas 17 Agustus Surabaya, dengan bidang keahlian Manajemen Konstruksi. Telah menempuh pendidikan profesi insinyur tahun 2021 Universitas Jember, dan aktif menjadi anggota Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Totok     Yulianto, ST., MT

Menyelesaikan Studi Program Sarjana (S1) di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) pada tahun 2004, Magister Teknik Sipil dari Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya dengan konsentrasi manajemen konstruksi pada tahun 2017. Selain sebagai dosen tetap Prodi Teknik sipil di Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Tebuireng Jombang sejak 2014, juga menjadi praktisi / tenaga ahli di bidang jasa konstruksi sampai sekarang. Hingga buku ini dibuat, penulis masih aktif melakukan penelitian, menulis artikel ilmiah, menerbitkan beberapa judul buku dan menjadi pemakalah bidang ilmu Teknik sipil dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Dr. Ir. Aji Suraji, ST., M.Sc., IPU, ASEAN Eng

menyelesaikan studi Sarjana Teknik (S.T.) Jurusan Teknik Sipil di Universitas Brawijaya lulus tahun 1990, menyelesaikan studi Magister Teknik (M.
Sc.) Program Sistem dan Teknik Jalan Raya kelas internasional di Institut Teknologi Bandung lulus tahun 1993, dan menyelesaikan studi Program Doktor Teknik Sipil (Dr.) dengan minat bidang Rekayasa Transportasi di Universitas Brawijaya lulus tahun 2021, dilanjutkan dengan program Post-Doctoral di Universitas Gajah Mada dengan topik riset bidang keselamatan lalu lintas jalan raya. Kemudian menyelesaikan Program Profesi Insinyur (Ir.) yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya bersama Persatuan Insinyur Indonesia lulus tahun 2021, dan telah mendapatkan sertifikat Insinyur Profesional tingkat Utama (IPU) dan sertifikat Insinyur Profesional di tingkat ASEAN (ASEAN Eng.) Saat ini mengajar di Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang sejak tahun 1990 sampai dengan sekarang. Kegiatan penelitian mencakup minat pada bidang transportasi jalan raya, rekayasa dan manajemen lalu-lintas, serta keselamatan jalan.