Pengembangan Strategi Bisnis: Menggunakan QSPM dan SWOT pada Keripik Bekicot di PT. X
Membahas strategi bisnis terkait dengan metode SWOT dan QSPM pada produk keripik bekicot.
Konsep Dasar Strategi Bisnis
Secara umum arti dari strategi adalah suatu kegiatan untuk merencakan, melaksanakan ide dan melakukan eksekusi dengan estimasi waktu tertentu. Sedangkan bisnis adalah kegiatan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara melakukan jual beli suatu produk. Produk tersebut berupa jasa maupun barang. Berdasarkan uraian tersebut, strategi bisnis memiliki konsep tentang kegiatan jual beli produk dalam waktu tertentu untuk mendapatkan laba.
Strategi bisnis memiliki konsep, tetapi sebuah proyek tidak harus terpacu pada konsep (Suci, 2017). Melainkan lebih berpikir pada tahap implementasinya. Sehingga tingkat keberhasilan strategi bisnis berasal dari cara implementasi dengan beberapa percobaan yang melibatkan faktor pendukung. Faktor pendukung antara lain sumber daya manusia dan penggunaan fasilitas.
Strategi bisnis adalah cara yang terbaik dalam mencapai target. Selain itu sebagai penentuan tujuan dan sasaran jangka panjang organisasi atau perusahaan. Pada saat perusahaan ingin memenangkan persaingan pada suatu industri satu hal yang harus diputuskan yaitu siasat yang harus diberlakukan. Kaberhasilan suatu siasat tidak lepas dari sumber daya dan kecakapan pendayagunaannya.
Strategi Bisnis
Menurut James Brian Quin (1980) dalam (Suci, 2017), menyatakan “pola atau rencana yang mengintregasikan tujuan-tujuan utama, kebijakan-kebijakan, urutan- urutan aksi ke dalam keseluruhan yang terkait”. Sedangkan menurut William Hence (1985) dalam (Suci, 2017) menyatakan strategi sebagai “konsentrasi dari sumber-sumber pada peluang-peluang bagi keunggulan kompetitif ”.
Bekicot
Di Indonesia sendiri, binatang bekicot mulai menyebar sejak tahun 1922 dengan beberapa spesies. Tahun 1941, negara Jepang membawa spesies baru saat melakukan penjajahan di indonesia. Disetiap wilayah Indonesia, jenis bekicot memiliki penyebutan nama yang berbeda. Bekicot juga memiliki cita rasa kuliner yang khas. Hal ini dibuktikan dengan kuliner yang berada di negara Prancis. Masyarakat prancis, rela berjubel antri di suatu restoran untuk membeli makanan dengan bahan baku bekicot.
Manfaat
Binatang bekicot sering dicari untuk konsumsi dan pengobatan (Rimbakita, 2018). Menurut (Rimbakita, 2018), manfaat pada daging bekicot lebih banyak dari pada bahaya yang ditimbulkan. Bahaya yang ditimbulkan adalah kandungan parasit yang mendatangkan penyakit. Hal ini dapat diberantas, dengan teknik pemeliharaan dan teknik memasak yang benar serta makanan apa saja yang diberikan untuk binatang bekicot.
Untuk menghindari parasit tersebut, langkah budidaya yang tepat adalah melakukan pembibitan sejak ada induk dan pejantan untuk bertelur. Kemudian dilakukan budidaya secara liar di hutan. Hal ini difungsikan sebagai cara agar volume tubuh yang besar. Kemudian yang tidak kalah penting adalah area untuk budidaya tetap dalam kondisi yang bersih dari hama, atau hal yang berpotensi untuk dimakan bekicot tidak berbahaya. Sedangkan, jika budidaya dilakukan diarea yang sempit akan lebih mudah memantau perkembangbiakannya. Tetapi hal ini, tidak akan mendapatkan volume bekicot diatas rata–rata.
Penyebabnya bekicot yang dibudidaya pada area rumahan tidak mendapatkan suasana seperti budidaya di hutan. Manfaat yang ada pada bekicot, pertama pada pemanfaatan lendir bekicot dalam bidang pengobatan sebenarnya belum terverivikasi secara ilmiah meski telah dilakukan penelitian.
(Lolyka Dewi Indrasari, S.T., M.T., dalam bukunya)
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!
DAFTAR ISI
Bab 1
Pendahuluan (Konsep Dasar Strategi Bisnis, Pengertian Strategi Bisnis, Fungsi Strategi Bisnis, Penyusunan Strategi Bisnis, Tujuan Strategi Bisnis, Manfaat Strategi Bisnis, Rangkuman, Evaluasi Mandiri)
Bab 2
Daging Bekicot (Aachatina fulica) (Daging Bekicot, Manfaat Daging Bekicot, Produk Keripik Daging Bekicot, Rangkuman, Evaluasi Mandiri)
Bab 3
SWOT Analysist (Pengertian SWOT, Lingkungan Eksternal, Lingkungan Internal, Bobot Faktor dan Rating untuk Faktor Eksternal, Bobot Faktor dan Rating untuk Faktor Internal, Koordinat SWOT, Matriks SWOT, Ringkasan, Evaluasi Mandiri)
Bab 4
QSPM Analysist (Definisi QSPM Analysist, Tahapan QSPM Analysist, Rangkuman, Evaluasi Mandiri)
Bab 5
Penelitian Terdahulu (Definisi Penelitian Terdahulu, Manfaat Penelitian Terdahulu, Kajian Penelitian Terdahulu)
Bab 6
Development of Business Strategies Using QSPM and SWOT on Snail Chips in PT. X (Abstrak, Latar Belakang, Metode Penelitian, Hasil Penelitian, Kesimpulan )
Spesifikasi Buku
Cetakan I Desember 2020; x + 66 hlm, ukuran 16 x 24 cm, kertas isi Bookpaper 57,5 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.
Harga Buku
Sistem penjualan buku ini adalah print on demand. Buku hanya akan dicetak ketika ada pemesanan. Butuh waktu +- 3 hari setelah pembayaran. Harga belum termasuk ongkos kirim
Rp120.000
Rp74.900
Tentang Penulis
Lolyka Dewi Indrasari, S.T., M.T.
Menempuh Pendidikan Teknik Industri di Institut Teknologi Nasional Malang, akta IV STIT Kidiri, Manajemen Industri di Institut Teknologi Nnasional Malang. Pernah bekerja di