PENGANTAR PENDIDIKAN
pendidikan merupakan jalan untuk menuju kemajuan dan pencapaian kesejahteraan sosial dan ekonomi. buku ini sangt membantu dalam perkembangan dunia pendidikan saat ini

Bagaimana pentingnya dunia pendidikan saat ini?
Inovasi adalah suatu ide, hal-hal yang praktis, metode, cara dan barang- barang buatan manusia yang diamati atau dirasakan sebagai suatu yang baru bagi seseorang atau kelompok orang. Sesuatu yang baru itu dapat berupa hasil diskoveri atau invensi yang dimanfaatkan dalam mencapai tujuan tertentu dan untuk memecahkan masalah tertentu khususnya dalam bidang pendidikan. Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya pendidikan maka dapat mencerdaskan kehidupan bangsa, dapat membentuk bangsa yang bermartabat, dan mencetak generasi unggul.
Manusia adalah sebuah “misteri”, Para filosof telah berupaya untuk merenungkan hakikat manusia. Hasil renungan mereka kemudian mewujud dalam hasil-hasil pemikiran filsafat tentang manusia, yang kemudian dikenal dengan filsafat tentang manusia (Ismail Thoib, 2008: 3-4). Pemikiran tentang hakikat manusia, sejak zaman dahulu kala sampai zaman modern sekarang ini belum pernah berakhir dan tak akan pernah berakhir. Aliran-aliran pendidikan telah dimulai sejak awal hidup manusia, karena setiap kelompok manusia selalu dihadapkan dengan generasi muda keturunannya yang memerlukan pendidikan yang lebih baik dari orang tuanya. Di dalam berbagai kepustakaan aliran-aliran pendidikan, pemikiran-pemikiran tentang pendidikan telah dimulai dari zaman Yunani kuno sampai kini. Aliran ini mewakili berbagai variasi pendapat tentang pendidikan, mulai dari yang paling pesimis sampai dengan yang paling optimis.
Aliran progresivisme ini mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah berpusat pada anak dan menjadikan pendidik hanya sebatas sebagai fasilitaor, pembimbing, dan pengarah bagi peserta didik. tujuan pendidikan nasional Indonesia. Rekontruksionisme mengasumsikan manusia makhluk sosial mempunyai orientasi ke masa lalu dan sekarang dengan tujuan pendidikan terhadap pembentukkan masyarakat yang lebih baik dengan kurikulum sebagai rekonstruksi sosial mengutamakan kepentingan sosial di atas kepentingan individu tujuannya tanggung jawab tentang masa depan masyarakat. Lingkungan pendidikan pertama kali yang diperoleh setiap insan yaitu di lingkungan keluarga (Pendidikan Informal), lingkungan sekolah (Pendidikan Formal), dan lingkungan masyarakat (Pendidikan Nonformal). Pendidikan sebagai usaha sadar untuk memanusiakan manusia, dalam proses pendidikan bukanlah menjadi tugas utama bagi sekolah saja, tetapi semua unsur harus memiliki peran yang sama dalam memajukan pendidikan.
Semua unsur harus memiliki andil dan terhubung antar unsur dalam pengembangan lembaga pendidikan atau proses keberlangsungan suatu pendidikan. Pendidikan telah dipandang sebagai suatu investasi dalam pembangunan sumber daya manusia yang amat diperlukan dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Pendidikan makin banyak memerlukan berbagai keahlian profesional dalam manajemennya serta memerlukan berbagai kehlian yang bersifat interdisipliner dalam memecahkan masalahnya.
Manusia adalah makhluk yang tumbuh dan berkembang. Sejak manusia menghendaki kemajuan dalam kehidupan, sejak itulah timbul gagasan untuk mengadakan pengalihan, pelestarian, dan pengembangan kebudayaan melalui pendidikan. Selama manusia berusaha meningkatkan kehidupannya, maka selama itu pula pendidikan akan terus berjalan. Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia yang harus dipenuhi seumur hidup. Tanpa pendidikan mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan aspirasi untuk maju, sejahtera, dan bahagia menurut konsep hidup mereka.
Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Pada hakikatnya pendidikan merupakan suatu hak setiap individu anak bangsa untuk dapat menikmatinya. Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh manusia agar dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 31. Sebagai konsekuensi dari bunyi UU “mencerdaskan kehidupan bangsa”, maka seluruh komponen bangsa baik orang tua,masyarakat maupun pemerintah memiliki tanggung jawab untuk mewujudkannya.
Supervisi pendidikan adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan sangat berkaitan erat dengan keprofesionalan guru dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada didunia pendidikan baik pada masa saat ini atau masa yang akan datang. Berdasarkan hal tersebut pendidikan merupakan faktor yang penting karena pendidikan salah satu penentu mutu SDM (Sumber Daya Manusia), dimana manusia dapat membina kepribadiannya dengan jalan mengembangkan potensi- potensi yang dimiliki sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat.
Dunia pendidikan sangat berkaitan erat dengan pembangunan tidak bisa dipungkiri bahwa sumbangan pendidikan pada pembangunan sangatlah besar. Pendidikan merupakan jalan untuk menuju kemajuan dan pencapaian kesejahteraan sosial dan ekonomi.
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!
DAFTAR ISI




Spesifikasi Buku

Cetakan I Desember 2022; 272 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi HVS 75 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.
Harga Buku
Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.
Rp150.000
Rp141,700
Tentang Penulis

Perawati Bte Abustang, S.Pd., M.Pd;
Pengalaman dalam dunia pekerjaan di mulai sebagai pengajar (guru) di SDN 66 Sijelling Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Memulai karir sebagai tenaga pengajar (dosen) di Universitas Megarezky pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada tahun 2014 sampai saat ini