PENDIDIKAN HOLISTIK Konsep dan Implementasinya dalam Menghadapi Abad ke-21

Buku ini memperkaya referensi berkaitan dengan Pendidikan Holistik. menciptakan tantangan dan peluang yang sangat signifikan.

Konsep Pendidikan Holistik

The Partnership for 21st Century Skills membuat kategorisasi keterampilan abad 21 menjadi tiga jenis, yaitu; 1) k eterampilan pembelajaran (kreativitas dan inovasi; berpikir kritis dan pemecahan masalah; komunikasi dan kolaborasi), 2) keterampilan literasi (literasi informasi; literasi media; literasi TIK), dan 3) keterampilan hidup (fleksibilitas dan adaptabilitas; inisiatif dan arah diri; keterampilan sosial dan lintas budaya; produktivitas dan tanggung jawab; kepemimpinan dan tanggung jawab). Dalam konteks pendidikan, fokus utama adalah pada pengembangan keterampilan abad 21 yang bertujuan mempersiapkan peserta didik untuk mengatasi transformasi dalam aspek sosial, ekonomi, dan teknologi yang terjadi dalam era informasi. Oleh karena itu, sangat penting mempersiapkan peserta didik untuk beradaptasi dengan setiap perubahan.

Abad-21 dengan berbagai kondisinya telah mengubah pola hidup, pola pikir, pola kerja dan pola perilaku hubungan antara satu dengan yang lain. Selain itu, terjadi juga perubahan pada tata cara kehidupan manusia dengan perubahan teknologi digital, kecerdasan buatan, otomatisasi, dan konektivitas yang tinggi. Dalam konteks pendidikan, perubahan ini menciptakan tantangan dan peluang yang sangat signifikan. Pendidikan tidak lagi terbatas pada pemberian pengetahuan teoritis, melainkan juga mencakup pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah, kreativitas, kritisitas, kerja tim, dan literasi digital.

Menghadapi situasi dan kondisi tersebut, buku ini hadir sebagai salah satu upaya ikut berkontribusi memperkaya referensi berkaitan dengan Pendidikan Holistik. Buku dengan judul “ Pendidikan Holistik; Konsep dan Implementasinya Menghadapi Abad 21 ini membahas tentang; 1) Teori dan prinsip pendidikan holistik, 2) Kurikulum pendidikan holistik, 3) Strategi pembelajaran dalam pendidikan holistik, 4) Peran guru dalam pendidikan holistik, 5) Pengembangan lingkungan belajar holistik, 6) Psikologi dan pendidikan holistik, 7) Pendidikan karakter dalam pendidikan holistik, 8) Penerapan teknologi dalam pendidikan holistik, dan 9) Evaluasi dan penilaian dalam pendidikan holistik.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Dafatar Isi 2
Daftar Isi 3

Spesifikasi Buku

Cetakan I, Januari 2025;  212 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 150.000

Rp 125,400

Tentang Penulis

Prof. Dr. Abd. Madjid

Pendidikan Sarjana diselesaikan dari Fakultas Tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga pada tahun 1988 dan Magister dari PerguruanTinggi yang sama selesai tahun 1998. Setelah itu melanjutkan S3 jurusan Administrasi Pendidikan, konsentrasi Kebijakan Pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta periode 1992-1995 dan 1999-2003. Menjadi Ketua Program Studi Magister Studi Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2003-2011. Terakhir, menjadi Ketua Program Studi Psikologi Pendidikan Islam Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.