Pemasaran Digital Ekonomi Kreatif Usaha Ibu Rumah Tangga

Kekhasan buku ini terletak pada Pengembangan Wawasan Literasi Digital guna mengembangkan usaha kreatif ibu rumh tangga

Bagaimana Produktivitas Ibu Rumah Tangga?

Kita sudah sering membaca bahwa sejarah digital telah meningkat drastis. Teknologi telah tertanam kuat dalam cara kita menjalani kehidupan sehari-hari, tidak hanya memengaruhi cara kita menjalani hidup, tetapi juga cara kita menjalankan pekerjaan. Perbincangan Economist Intelligence Unit sangat menarik karena teknologi telah mengubah cara bisnis dan organisasi beroperasi. Topik teknologi telah menjadi topik hangat dalam banyak diskusi di hampir semua industri. 

Dalam buku ini, penulis secara singkat membahas tiga teknologi utama dan dampaknya terhadap bisnis. Ada juga beberapa indikasi mengapa penting bagi masyarakat umum untuk terus menggunakan teknologi ini di masa mendatang. Penggunaan teknologi mobile telah menjalankan bisnis dengan lebih baik, transformasi bisnis telah diubah oleh teknologi seluler menjadi lebih sukses (Dash et al., 2021). Demikian dengan Astuti et al., (2020); dan C. Smith et al., (2018) menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi mobile dapat membantu industri meningkatkan kesetiaan, kegembiraan, produktifitas, serta kreatifitas staf. Pegawai yang berpendapat industri mereka sebagai pioner dalam teknologi mobile ada jenjang produktifitas yang lebih mulia 16%, kreatifitas lebih mulia 18%, kegembiraan 23% serta ketaatan 21%, dibandingkan staf yang merasa kongsi mereka kurang dalam mengenakan teknologi mobile. Berarti untuk professional buat menggunakan pemanfaatan teknologi mobile buat menarik lebih banyak talenta. Komunikasi menjadi praktis bisa dengan mudah digeluti mengenakan teknologi mobile (Abima et al., 2021; Lestari & Saifuddin, 2020; Polizzi, 2020). Dengan memberikan respon dan feedback secara real-time kepada kandidat, mereka akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik dan dapat meningkatkan employer branding perusahaan. 

Selanjutnya hasil penelitian Ivanov & Dolgui, (2021); Natakusumah dkk., (2022) ; K. T. Smith, (2019) menyatakan bahwa teknologi mobile mendorong seseorang untuk proses pengembangan diri, dimana bisa menjadi inti dari bisnis digital yang memang sedang ditekuni pada saat ini. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini, bisa dikatakan teknologi informasi telah memasuki segala bidang, salah satunya di bidang bisnis (Geissinger et al., 2020; Vieira et al., 2019). Tidak hanya digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan berkomunikasi namun teknologi mobile ini telah menjadi salah satu platform pendukung bisnis, kecepatan dari akses dan berbagi informasi sehingga dapat membuat bisnis semakin berkembang dengan cepat. 

Teknologi mobile sangat memberi pengaruh besar bagi pebisnis karena dengan fitur yang telah diberikan para pebisnis jauh lebih mudah menjangkau target pasar dalam dunia bisnis yang sedang digelutinya saat ini (Ira Promasanti Rachmadewi et al., 2021; Salvador et al., 2019). Dengan contoh dari pelaku bisnis retail, dimana tidak perlu lagi mendatangi supplier secara langsung untuk melihat produk melainkan dengan adanya penerapan teknologi mobile di dunia bisnis bisa menjadikan semuanya lebih mudah secara real-time Banyak pemilik bisnis menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan operasi perusahaan mereka dan menuai keuntungan finansial yang diinginkan. Selaras dengan hal tersebut, penelitian dari Adeola et al., (2019); dan Sopiyan, (2022) menyatakan bahwa beberapa orang akan terinspirasi untuk mengembangkan beberapa model dan filosofi bisnis karena kemajuan teknologi dan informasi. 

Kemajuan teknologi dan informasi dapat membantu perusahaan menekan biaya produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan mengurangi pengeluaran dan mengurangi oprasional produksi sehingga perusahaan dapat menambah jumlah (Nisa & Pramesti, 2020; Redjeki & Affandi, 2021; Sari, 2022). Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa kemajuan teknologi informasi dapat memberikan berbagai manfaat dan kemudahan penggunaan bagi pengguna dalam menjalankan aktivitas bisnis, kemajuan teknologi informasi saat ini tidak dapat dipisahkan dari dunia perdagangan. Namun demikian, teknologi informasi tidak hanya berguna dalam bisnis; selain itu, ini dapat digunakan dalam situasi yang kurang menguntungkan. Karena itu, harus digunakan dengan cara yang aman dan tepat.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2

Spesifikasi Buku

Cetakan I Maret 2023;  120 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi HVS 75 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 150.000

Rp 91.200

Tentang Penulis

Dr. Ludi Wishnu Wardana, ST., SE., SPd., MM.,

di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang Jurusan Teknik Elektro (1998); Sarjana Ekonomi penulis diperoleh di Fakultas Ekonomi STIE AL-ANWAR Mojokerto Jurusan Manajemen (2003); Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris ditempuh di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya (2003). Studi pascasarjana (S2) diawali dengan Program Magister Manajemen Pemasaran STIE Artha Bodhi Iswara Surabaya dan jenjang S3 di Program Doktor Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang (2005). Walaupun seorang akademisi penulis sempat mengenyam profesi sebagai seorang Electrical Designer sebuah perusahaan ternama di Jawa Timur PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, Tbk Sidoarjo (1999-2006). 

Sejak 2006 penulis berkonsentrasi penuh dengan profesi sebagai pengajar di beberapa universitas baik Negeri maupun swasta antara lain sebagai Lektor Kepala di bidang Pendidikan Kewirausahaan Institusional Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Saat ini penulis juga berpartisipasi aktif dalam peningkatan kualitas pendidikan di Trowulan Mojokerto dengan mendirikan Pendidikan Non Formal Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) “Bina Insani Firaas” yang bergerak di bidang Pendidikan Kesetaraan A, B, C; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK); mendirikan Pendidikan Formal Madrasah Unggulan Tsanawiyah & Aliyah “Al-Kautsar” di Kabupaten Mojokerto dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Thumbs Kids School di Kota Mojokerto dan Golden Kids School di Kab. Mojokerto, Wakil Ketua LP Maarif NU Kab. Mojokerto, Dewan Pendidikan Kab. Mojokerto, Wakil Ketua Komite SMKN Soooko. Asesor Penilaian Potensi Kepemimpinan (PPK) Calon Kepala Sekolah – Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia, Koordinator bidang Pendidikan di Forum PUSPA (Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak), Koordinator Hukum dan Humas Pokja Bunda PAUD Kab. Mojokerto, IASPRO, WIRAPINDO, Asesor Beban Kinerja Dosen (BKD) FEB UM, Asesor BNSP, Asesor LAMDIK, Reviwer Jurnal Nasional dan Internasional berepustasi SCOPUS.

Dr. Ahmad, S.Pd., M.Pd

tahun 2005 melanjutkan studi di STKIP Bima Jurusan Pendidikan Ekonomi hingga menyelesaikan studi tahun 2009. Ditahun yang sama, melanjutkan kuliah pada program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta hingga selesai tahun 2011. Kemudian tahun 2012 melanjutkan kuliah pada strata tiga (S3) Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Putra ke 8 dari 10 bersaudara ini menjadi Dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M

S1 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Program Studi Statistika lulus tahun 1993. Jenjang S2 ditempuh di Universitas Brawijaya Program Studi Manajemen Pemasaran lulus tahun 1999 dan Gelar Doktor diraih di Universitas Negeri Malang Program Studi Pendidikan Ekonomi dan lulus tahun 2009. Sebelum menjadi dosen penulis sempat bekerja sebagai karyawan Citibank Surabaya (tahun 1992-1995). Memutuskan menjadi dosen sejak 1995 di STIE Malang Kuceswara kemudian di Universitas Merdeka Malang, Universitas Kanjuruhan dan STIE Indonesia sampai akhirnya di tahun 2003 menjadi dosen tetap di Universitas Negeri Malang sampe sekarang. Mata kuliah yg diampu selama menjadi dosen adalah Matematika Bisnis, Statistika, dan beberapa matakuliah di Prodi S2 Pend Bisnis dan Manajemen. Sejak menjadi dosen penulis aktif melakukan kegiatan pengajaran, pengabdian masyarakat, penelitian maupun publikasi jurnal nasional maupun internasional, dan berkesempatan publikasi di jurnal international terindex Scopus Q1 

Dr. Farij Ibadil Maula.,S.Pd., M.Pd

Kuliah di Universitas Negeri Malang pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga, Pendidikan S1 diselesaikan secara tepat waktu 4 tahun, tepatnya di tahun 2018. Kemudian tahun 2018 melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Negeri Malang dengan Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen, diselesaikan dengan waktu 1.5 tahun tepatnya tahun 2019 akhir, dengan predikat “cumlaude”, dan Alhamdulillah menjadi wisudahan terbaik se Fakultas priode 102. 

Karena kecintaanya dengan dunia Pendidikan Farij Ibadil Maula mempunyai motivasi dan keinginan langsung melanjutkan Pendidikan yang lebih tinggi di tahun 2020 mendaftar menjadi mahasiswa doctoral S3 Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Malang. Dikarenakan kebutuhan pekerjaan di homebase perguruan tinggi membutuhkan ilmu manajemen murni, maka Farij Ibadil Maula mendapatkan beasiwa dari perguruan tinggi STIE ABI Surabaya untuk melanjutkan Pendidikan S2 Magister Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Artha Bodhi Iswara Surabaya pada tahun 2021. Farij Ibadil Maula, menekuni aktivitas sehari-hari menjadi akademisi dan praktisi Business. 

Beberapa akademisi yang dilakukan Farij Ibadil Maula adalah menjadi Dosen tetap non PNS di STIE ABI Surabaya sejak tahun 2020. Pada tahun 2022 Farij Ibadil Maula berkesempatan diangkat menjadi Sekertaris Prodi Magister Manajemen STIE ABI Surabaya, sekaligus menjadi Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) STIE ABI Surabaya. Selain mengabdikan ilmunya di STIE ABI Surabaya Farij Ibadil Maula juga menjadi dosen tidak tetap di STIE Indo Cakti Malang sejak tahun 2021, kemudian tahun 2022 Farij Ibadil Maula berksempatan bergabung di STIE Indonesia Malang menjadi dosen tamu sekaligus membantu di sector penelitian. Selama menjadi mahasiswa di Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas  Negeri Malang Farij Ibadil Maula sering aktif mengikuti beberapa kegiatan dosen salah satunya mengerjakan projek-projek penelitian dan pengebdian.

Adelia Rahma, S.Pd., M.Pd

Memulai karir sebagai guru di SMK Sinar Husni Medan sejak tahun 2019. Saat ini menjadi dosen di STIE Indonesia Malang dan sedang melanjutkan pendidikan S3 Program Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Negeri Malang.

A‘isy Fiklil Nafisah, S.Tr A.k

Saat ini tengah melanjutkan pedidikan S2 Program Magister Akuntansi di Universitas Negeri Malang.