MODEL PENDIDIKAN INOVATIF ABAD 21

Sebuah buku yang memberikan perbedaan pandangan tentang model pembelajaran guru, instruktur, atau dosen serta teori-teori belajar dalam proses pembelajaran. 

Tugas Pendidikan Tinggi

Salah satu tugas pendidikan tinggi dewasa ini adalah mengantisipasi perkembangan peradaban masa depan. Upaya antisipasi dan pengendalian itu dilakukan dengan cara mendidik dan mengajar anak bangsa serta menyelenggarakan berbagai kegiatan penelitian yang hasilnya digunakan bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan diabadikan bagi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat. Bidang pengetahuan terapan yang diharapkan semakin memberikan sumbangan bagi perkembangan pendidikan di tanah air ialah bidang teknologi pendidikan.

Pembelajaran dalam suatu definisi dipandang sebagai upaya memegaruhi siswa agar belajar. Secara singkat dapat dikatakan bahwa pembelajaran sebagai upaya membelajarkan siswa. Akibat yang tampak dari tindakan pembelajaran adalah siswa akan belajar sesuatu yang mereka tidak akan pelajari tanpa adanya tindakan pembelajar, atau mempelajari sesuatu dengan cara yang lebih efisien.

Guru, dosen, dan instruktur seringkali menyamakan istilah pengajaran dan pembelajaran. Padahal pengajaran (instructional) lebih mengarah pada pemberian pengetahuan dari guru kepada siswa yang kadang kala berlangsung secara sepihak. Sedangkan pembelajaran (learning) adalah suatu kegiatan yang berupaya membelajarkan siswa secara terintegrasi dengan memperhitungkan faktor lingkungan belajar, karakteristik siswa, karakteristik bidang studi, serta berbagai strategi pembelajaran, baik penyampaian, pengelolaan, maupun pengorganisasian pembelajaran.

Untuk itu, kehadiran buku ini kiranya dapat memberikan gambaran perbedaan pandangan tentang berbagai model pembelajaran dan guru, instruktur, atau dosen dapat mempelajari teori-teori belajar yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran baik di perguruan tinggi maupun tempat pelaksana pendidikan.

(Pengantar Penulis dalam bukunya)

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Bab 1

Pendhuluan

Bab 2

MODEL PEMBELAJARAN (Pengertian Model Pembelajaran, Ciri-Ciri Model Pembelajaran, Tujuan, Manfaat )

Bab 3

MODEL PEMBELAJARAN SOSIAL (Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing), Model Pembelajaran Simulasi Sosial, Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi (Jurisprudential Inquiry))

Bab 4

MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Pengertian Model Pembelajaran Jarak Jauh, Sistem Pendidikan Jarak Jauh, Pendidikan Jarak Jauh Secara Online, Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Web Secara Online, Pendidikan Secara Online Luar Negeri)

Bab 5

MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (POD) (Pengertian Model Pembelajaran Orang Dewasa (POD), Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogi), Pendekatan, Ruang Lingkup, dan Tujuan Pembelajaran Orang Dewasa, Model Pembelajaran Orang Dewasa)

Bab 6

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif, Unsur-Unsur Model Pembelajaran Kooperatif, Karakteristik Pembelajaran Kooperatif, Tujuan Dan Manfaat Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif)

Bab 7

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) (Pengertian Model Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS), Model Pembelajaran Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning), Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL), Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/ PJBL))

Bab 8

PENUTUP (Kesimpulan, Saran)

Spesifikasi Buku

Cetakan I Desember 2019; X + 118 hlm, ukuran 16 x 24 cm, kertas isi HVS 70 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sistem penjualan buku ini adalah print on demand. Buku hanya akan dicetak ketika ada pemesanan. Butuh waktu +- 3 hari setelah pembayaran. Harga belum termasuk ongkos kirim

Rp120.000

Rp91.900

Tentang Penulis

Perawati Bte Abustang, S.Pd., M.Pd.

 lahir di Sabah Malaysia Penulis, memulai pendidikannya dari Sekolah Rendah Kebangsaan (SRK) Kelapa Sawit No. 5 Subis 2 Miri Sarawak, MTs Al-Kafiyah Desa Cabbeng, SMAN 1 Ajangale, D2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar FIP UNM, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar FIP UNM, dan Pascasarjana (S2) Universitas Negeri Makassar Program Studi Pendidikan IPS Ke- SD An mendapatkan predikat cum laude.

Waddi Fatimah, S.Pd., M.P.

lahir di Langnga Kab. Pinrang, menempuh S1 di Universitas Negeri Makassar Fakultas Ilmu Pendidikan pada Program Studi S1 PGSD. Tahun 2012 penulis melanjutkan pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Program Studi Pendidikan IPS- Ke- SD- An lulus tahun 2014. Tahun 2014 menulis memulai karir hingga sekarang sebagai dosen tetap di Universitas Megarezky pada Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah 116 Dasar (PGSD).

Nurhadifah Amaliyah, S.Pd., M.Pd.

lahir di Bantaeng Lulusan di S1 Universitas Muhammadiyah Makassar jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), melanjutkan S2 ke Universitas Negeri Makassar jurusan IPS Ke SD an. Saat ini bekerja di Universitas Swasta yang berada di Makassar yaitu di Universitas Megarezky pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).