
Model-Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar
Sebuah Buku yang Membahas tentang Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar
Pembelajaran di Sekolah Dasar
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar.
Pembelajaran yang berkualitas dapat dicapai dengan mengimplementasikan pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction). Pembelajaran inovatif mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik. Pembelajaran inovatif biasanya berlandaskan paradigma konstruktivistik membantu siswa untuk menginternalisasi, membentuk kembali, atau mentransformasi informasi baru.
Dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar, guru sangat ditekankan untuk dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif. Guru yang professional adalah ia yang mengerti cara memberikan pelajaran SD dengan baik. Mereka dapat menyampaikan materi secara maksimal kepada siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut memang bukan hal yang mudah. Hal ini mengingat bahwa anak sekolah dasar masih berada tahap yang masih kecil sekali.
Model pembelajaran pada SD juga bisa dikatakan sebagai desain yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan siswa untuk bisa berinteraksi dengan aktif yang akan membuat mereka mengalami pengembangan diri.
Buku ini berisikan model-model pembelajaran inovatif yang baik diterapkan di sekolah dasar, yang disusun guna membantu memahami pengetahuan keaktifan belajar. Semoga buku ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!


Daftar Isi dan Spesifikasi Buku
Buku ini terdiri dari VIII bab yang ditulis oleh pakar di bidangnya
- Cetakan, I Oktober 2021
- Jumlah Halaman viii + 104
- Ukuran 15,5 x 23 cm
- Kertas Isi HVS 70 gram (Hitam Putih)
- Kertas Cover Ivory 230 Gram (Laminasi Doff)
- Finishing Jilid Lem Panas (Soft Cover) dan Shrink (Bungkus Plastik)
Rp 100.000
Rp 89,100
Sistem penjualan buku ini adalah print on demand. Buku hanya akan dicetak ketika ada pemesanan. Butuh waktu +- 3 hari setelah pembayaran.Â
- Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim
- Klik Tombol Beli Sekarang untuk Melanjutkan Pembelian
Tentang Penulis

Jusmawati, S.Pd., M.Pd.
Jusmawati, S.Pd., M.Pd., lahir di Tanete Harapan, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, pada 03 April 1990. sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Buah hati dari pasangan Mashudi dan Muliati. Penulis menyelesaikan pendidikan program sarjana pada tahun 2008-2012 di jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiah Universitas Islam Negeri Makassar lulus dengan gelar S. Pd. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan program pascasarjana di Universitas Negeri Makassar Program Studi Pendidikan Matematika kekhususan Pendidikan Matematika Sekolah dengan gelar M.Pd. Penulis memulai karir sebagai dosen pada Program Studi PGSD STKIP Mega Rezky Makassar (Universitas Megarezky).

Satriawati, S.Pd., M.Pd.
Satriawati, S.Pd., M.Pd., lahir di Tanete Harapan, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, pada 01 Oktober 1991. sebagai anak ketiga dari tiga bersaudara. Penulis menyelesaikan pendidikan program sarjana pada tahun 2009-2014 di jurusan PGSD Kampus VI Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar lulus dengan gelar S.Pd. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan PGSD, diberi tugas untuk mengajar di program S1 PGSD STKIP Megarezky Makassar pada tahun 2014 kemudian melanjutkan pendidikan program pascasarjana di Universitas Negeri Makassar Program Studi Administrasi Pendidikan kekhususan Pendidikan Dasar dengan gelar M.Pd. dan diangkat menjadi Dosen Tetap pada tahun 2016. Penulis memulai karir sebagai dosen pada Program Studi PGSD STKIP Mega Rezky Makassar sejak tahun 2014 sampai sekarang dan sejak 2019 STKIP Megarezky Makassar berganti nama menjadi Universitas Megarezky.

Irman R., S.Pd., M.Pd.
Irman R., S.Pd., M.Pd., lahir di Watang Ponre, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, pada 28 Desember 1988. Penulis menempuh pendidikan program sarjana di jurusan PGSD Kampus VI Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar lulus dengan gelar S.Pd. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan program pascasarjana di Universitas Negeri Makassar Program Studi Administrasi Pendidikan kekhususan Pendidikan Dasar dengan program bebas tes dan lulus pada tahun 2016 dengan gelar M.Pd. Penulis memulai karir sebagai dosen pada Program Studi PGSD STKIP Mega Rezky Makassar sejak tahun 2014 sampai sekarang dan sejak 2019 berganti nama menjadi Universitas Megarezky.

Prof. Dr. Abdul Rahman, M.Pd.
Prof. Dr. Abdul Rahman, M.Pd., lahir tanggal 17 April 1962 di Lisu Desa Lompo Tengah Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Anak ke 3 dari 7 bersaudara dari pasangan Ayah La. Malalla dan Ibu tahun 1986 menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Matematika FPMIPA IKIP Ujungpandang. Setelah menyelesaikan pendidikan di S1 Jurusan Matematika, diberi tugas untuk mengajar di program S1 dan D3 Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Ujungpandang pada tahun 1986. Pada tahun 1993 melanjutkan pendidikan pada Program Magister Pendidikan Matematika IKIP Surabaya selesai tahun 1997 dan pada tahun 2005 melajutkan program doktor pendidikan Matematika di UNESA Surabaya dan selesai tahun 2010. Dan mencapai gelar Professor tahun 2014. Setelah selesai program doktor aktif meneliti dan tahun 2019 diberi kepercaan dari DRPM untuk masuk kelompok penelitian WCR (world class research), disamping itu juga aktif melakukan pengabdian pada masyarakat dan aktif menulis buku.

Prof. Dr. Nurdin Arsyad, M.Pd.
Prof. Dr. Nurdin Arsyad, M.Pd., lahir di Kecamatan Sape Kabupaten Bima, anak keenam dari tujuh bersaudara dari pasangan Ayah bernama Arsyad (Almarhum) dan Ibu bernama Siti Aminah (Almarhumah). Setamat SMA, penulis berhasil diterima pada Program Studi D3 Pendidikan Matematika IKIP Ujungpandang. pada tahun 1994 penulis mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan S2 di IKIP Surabaya dan berhasil tamat pada tahun 1997. Pada tahun 2001 penulis mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan S3 di Unesa Surabaya dan tamat pada tahun 2007. Akhirnya pada tahun 2009, penulis mendapat kepercayaan dari pemerintah RI menyandang jabatan fungsional Guru Besar Bidang Pendidikan Matematika. Penulis memulai karir sebagai dosen pada Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar sejak tahun 1992 hingga sekarang.