Model-Model Pembelajaran di Sekolah Dasar

Sebuah buku yang membantu dalam memahami pengetahuan keaktifan belajar!

Belajar

Belajar merupakan hal yang kompleks karena melibatkan ranah-ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Kompleksitas belajar tersebut dapat berasal dari dua subjek yaitu guru dan siswa.

Dari segi siswa, belajar dialami sebagai suatu proses, yakni proses mental dalam menghadapi bahan pembelajaran dalam berbagai keadaan. Dari segi guru, proses belajar adalah perilaku belajar tentang suatu hal.

Belajar pada hakikatnya adalah suatu proses yang di  tandai dengan adanya perubahan pada individu baik dari bentuk perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap atau tingkah laku, keterampilan, kecakapan, mental, kemampuan dan aspek–aspek lainnya yang ada pada individu belajar.

Kata belajar Menurut Iskandarwassid dan Sunendar (2011 : 5) adalah “proses perubahan tingkah laku pada peserta didik akibat adanya interaksi antara individu dan lingkungannya melalui pengalaman dan latihan”. Perubahan ini terjadi secara menyeluruh, menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Tujuan Belajar

Tujuan belajar adalah sejumlah hasil belajar yang menunjukkan bahwa siswa telah melakukan tugas belajar, yang umumnya meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap-sikap yang baru, yang diharapkan tercapai oleh siswa. Tujuan belajar adalah suatu deskripsi mengenai tingkah laku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsungnya proses belajar.

Pembelajaran

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.

Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Di sisi lain pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik.

Kreativitas Pengajar

Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar.

Sebuah Pengalaman

Pembelajaran juga menjadi sebuah upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran. Hal ini tentu berbeda dengan pengertian belajar, yang dapat diartikan sebagai sebuah upaya untuk memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman.

Bisa disimpulkan bahwa definisi pembelajaran adalah sebuah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Sedangkan definisi lain menyatakan bahwa pembelajaran merupakan sebuah bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.

 

(Pengantar Penulis di dalam bukunya)

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Bab 1

Belajar (Belajar, Pembelajaran, Ciri-ciri Pembelajaran)

Bab 2

Hasil Belajar Peserta Didik (Hasil belajar, Upaya menigkatkan hasil belajar peserta didik, Unsur-unsur hasil belajar, Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar)

Bab 3

 Model Pembelajaran(Pengertian model pembelajaran, Jenis-jenis model pembelajaran)

Bab 4

Metode Pembelajaran (Pengertian metode pembelajaran, Macam-macam metode pembelajaran, Fungsi metode pembelajaran, Tujuan metode pembelajaran)

Bab 5

Model Creative Problem Solving (Pengertian model pembelajaran creative problem solving, Indikator model pembelajaran creative problem solving)

Bab 6

Model-model Pembelajaran Matematika (Pakemi, CTL, metode collaborative learning, metode quantum learning, metode realistic mathematics education (RME))

Spesifikasi Buku

Cetakan I November 2020; viii + 96 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi hvs 75 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sistem penjualan buku ini adalah print on demand. Buku hanya akan dicetak ketika ada pemesanan. Butuh waktu +- 3 hari setelah pembayaran. Harga belum termasuk ongkos kirim

Rp120.000

Rp95.900

Tentang Penulis

Jusmawati, S.Pd., M.Pd.

Penulis menyelesaikan pendidikan program sarjana pada tahun 2008-2012 di jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiah Universitas Islam Negeri Makassar lulus dengan gelar S.Pd. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan program pascasarjana di Universitas Negeri Makassar Program Studi Pendidikan Matematika kekhususan Pendidikan Matematika Sekolah dengan gelar M.Pd. Penulis memulai karir sebagai dosen pada Program Studi PGSD STKIP Mega Rezky Makassar (Universitas Megarezky).

Satriawati, S.Pd., M.Pd.

Penulis menyelesaikan pendidikan program sarjana pada tahun 2009-2014 di jurusan PGSD Kampus VI Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar lulus dengan gelar S.Pd. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan program pascasarjana di Universitas Negeri Makassar Program Studi Administrasi Pendidikan kekhususan Pendidikan Dasar dengan gelar M.Pd. Penulis memulai karir sebagai dosen pada Program Studi PGSD STKIP Mega Rezky Makassar sejak tahun 2014 sampai sekarang dan sejak 2019 berganti nama menjadi Universitas Megarezky.

Irman R., S.Pd., M.Pd.

Penulis menempuh pendidikan program sarjana di jurusan PGSD Kampus VI Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar lulus dengan gelar S.Pd. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan program pascasarjana di Universitas Negeri Makassar Program Studi Administrasi Pendidikan kekhususan Pendidikan Dasar dengan program bebas tes dan lulus pada tahun 2016 dengan gelar M.Pd. Penulis memulai karir sebagai dosen pada Program Studi PGSD Universitas Megarezky Makassar sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Prof. Dr. Abdul Rahman, M.Pd.

Pernah dipercayakan sebagai kepala Laboratorium Pendidikan Matematika tahun 2001 sampai 2005, ketua Program Studi Pendidikan Matematika tahun 2010 sampai dengan 2011, kemudian tahun 2012 diangkat menjadi wakil Dekan bidang Administrasi dan keuangan FMIPA UNM tahun 2012 sampai 2015 dan diangkat menjadi Dekan FMIPA tahun 2015 sampai dengan 2019. Setelah selesai program doktor aktif meneliti dan tahun 2019 diberi kepercayaan dari DRPM untuk masuk kelompok penelitian WCR (world class research), disamping itu juga aktif melakukan Pengabdian Pada Masayarakat dan aktif menulis buku bersama Tim, antara laian buku yang ditulis Analisis Kompleks, Geometri Analitik Datar, Kalkulus Lanjut dan yang terakhir Dasar-dasar Pemrograman website PHP-MySQL.

Prof. Dr. Nurdin Arsyad, M.Pd.

Penulis memulai karir sebagai dosen pada Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar sejak tahun 1992 hingga sekarang. Di samping itu, penulis pernah mengabdi sebagai Dosen LB pada Program Sarjana dan Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Dosen LB pada Program Sarjana dan Pascasarjana Unismuh Makassar, Dosen LB pada STIMIK Handayani Makassar, Dosen LB pada STIMIK Karisma Makassar, Ketua Unit P3MP Jurusan Matematika FMIPA UNM, Ketua Program studi S1 Pendidikan Matematika FMIPA UNM, Ketua Program studi S2 Pendidikan Matematika PPs UNM, dan Instruktur sertifikasi guru jalur PLPG/PPG, dan Instruktur Program PEKERTI dan Program AA UNM Makassar.