MASALAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD Analisis Masalah dan Alternatif Solusi

Buku yang membantu memperbaiki kualitas pembelajaran matematika berikutnya. Selain itu, kemampuan analisis dalam proses pemecahan masalah.

Pembelajaran Matematika

Paradigma pembelajaran matematika terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Pertama kali dikenalkan, penekanan pembelajaran matematika hanya pada penguasaan materi. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran lebih mengutamakan kemampuan menghafal dan berhitung. Orientasi pendidikan di Indonesia pada umumnya mempunyai ciri-ciri cenderung memperlakukan siswa berstatus sebagai obyek, guru berfungsi sebagai pemegang otoritas tertinggi keilmuan dan indoktrinator, materi bersifat subjectoriented, dan manajemen bersifat sentralistis. Pendidikan yang demikian menyebabkan praktik pendidikan kita mengisolir diri dari kehidupan riil yang ada di luar sekolah, kurang relevan antara apa yang diajarkan dengan kebutuhan dalam pekerjaan, terlalu terkonsentrasi pada pengembangan intelektual yang tidak berjalan dengan pengembangan individu sebagai satu kesatuan yang utuh dan berkepribadian (Zamroni dalam Sutarto Hadi, 2000).

Buku ajar ini mencoba menjabarkan beberapa contoh masalah yang muncul pada pembelajaran matematika di SD pada khususnya. Adapun pembahasan masalah berbasis pada analisis kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa SD dalam penyelesaian soal matematika. Hasil analisis kemudian dicarikan alternatif solusi sebagai upaya untuk antisipasi terjadinya kesalahan serupa pada pengerjaan soal. Harapannya, mahasiswa dapat belajar mamahami, menganalisis, dan menindaklanjuti kesalahan siswa tersebut dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran matematika berikutnya. Selain itu, kemampuan analisis dalam proses pemecahan masalah mahasiswa juga dapat terlatih melalui buku ini.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1

Spesifikasi Buku

Cetakan I Juli 2023 ;  102 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper 57,5 gram, hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 100.000

Rp 84,500

Tentang Penulis

Nelly Rhosyida, M. Pd.

seorang pamong di program Studi PGSD Universitas sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Beliau telah menyelesaikan pendidikannya di bidang Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Semarang (S1) dan Universitas negeri Yogyakarta (S2). Ibu tiga anak ini memiliki ketertarikan khusus pada bidang matematika terutama permasalahan yang muncul pada pembelajaran matematika. Beberapa penelitiannya membahas mengenai miskonsepsi pada matematika, analisis kesalahan siswa pada pengerjaan soal matematika, serta pengembangan perangkat pembelajaran matematika SD.

Trisniawati, M. Pd.

pamong di program Studi PGSD Universitas sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Beliau telah menyelesaikan pendidikannya pada program Sarjana Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Program Magister Pendidikan di Universitas Sebelas Maret. Beliau aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah bidang pendidikan. Beberapa penelitiannya membahas mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika serta strategi pembelajaran matematika khususnya di Sekolah Dasar.

Mahmudah Titi Muanifah, M. Pd.

Beliau saat ini bekerja sebagai pamong di program Studi PGSD Universitas sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Beliau telah menyelesaikan pendidikannya di bidang Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta). Beliu juga menjabat sebagai pimpinan redaksi jurnal Taman Cendekia PGSD UST. Beliau aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah bidang pendidikan. Beberapa penelitiannya membahas mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika, PTK, dan pengembangan perangkat pembelajaran matematika SD.