MANAJEMEN PEMASARAN

Menambah wawasan dan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran dan memunculkan nilai karakter seorang calon manajer bagi para pembaca.

Manajemen Pemasaran (marketing management)

Manajemen pemasaran atau yang sering disebut marketing management merupakan salah satu jenis manajemen yang dibutuhkan untuk semua bisnis. Marketing management ini menyangkut produk atau jasa agar lebih dikenal konsumen. Oleh sebab itu, pihak perusahaan harus mengerti diskursus lengkap terkait management marketing ini.

Manajemen pemasaran (marketing management) harus diperhatikan oleh sebuah organisasi atau perusahaan karena berkontribusi banyak hal untuk kelancaran proses pemasaran produk. Manajemen pemasaran juga bertugas mengukur dan menganalisis strategis proses pemasaran suatu perusahaan maupun organisasi. Manajemen pemasaran bertugas sangat penting dalam perusahaan atau organisasi karena dengan adanya manajemen pemasaran perusahaan bisa meraih target pasar yang diinginkan dan mendapat lebih banyak konsumen.

Manajemen pemasaran (marketing management) berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, serta pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), pengarahan (directing), dan pengawasan (controlling).

Manajemen pemasaran adalah sebuah rangkaian perencanaan, proses pelaksanaan, pengawasan serta kegiatan pengendalian pemasaran suatu produk, agar sebuah perusahaan bisa mencapai target secara efektif dan efisien. Adapun manajemen pemasaran ini dibuat, secara umum dengan tujuan untuk menciptakan sistem, membangun, serta mempertahankan pertukaran, terhadap produsen dan konsumen, agar bisa saling memberikan keuntungan.

Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prisip kepuasan pelanggan.

(dalam buku Manajemen Pemasaran)

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Bab 1

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN (Defenisi dan Peranan Manajemen Pemasaran, Audit Pemasaran, Konsep Inti Manajemen Pemasaran, Prinsif-Prinsif Manajemen Pemasaran, Fungsi Manajemen Pemasaran)

Bab 2

PENERAPAN KONSEP MANAJEMEN PEMASARAN (Penerapan Melalui Perencanaan Strategis, Implementasi Strategi: Mengorganisasi Tindakan, Mengembangkan Program, Anggaran dan Prosedur, Mencapai Sinergi, Bagaimana Strategi Diimplementasikan dan Mengorganisasikan Tindakan?, Penerapan Melalui Membangun Kepuasan Pelanggan, Penerapan Membantu Lingkungan Pemasaran)

Bab 3

PERILAKU KONSUMEN (Jenis Perilaku Konsumen, Proses Pembentukan Perilaku Konsumen, Definisi Perilaku Konsumen, Faktor Individu, Faktor Lingkungan Atau Sosial, Faktor Lingkungan)

Bab 4

KONSEP PEMASARAN (Ruang Lingkup Pemasaran, Pengertian Pemasaran, Sistem Pemasaran, Pemasaran Dan Prospek, Nilai dan Kepuasan)

Bab 5

EVOLUSI PEMASARAN (Konsep Produksi (Production Concept), Konsep Produk (Product Concept), Konsep Penjualan (Selling Concept), Konsep Pemasaran (Marketing Consept), Konsep Pemasaran Masyarakat (Societal Marketing Concept))

Bab 6

PROMOSI (Pengertian Promosi, Tujuan Promosi, Cara Promosi)

Bab 7

HARGA (Pengertian Harga, Pengertian Permintaan, Elastisitas Permintaan, Orientasi Penetapan Harga, Tujuan Penetapan Harga, Metode Penetapan Harga)

Spesifikasi Buku

Cetakan I Juni 2021; x + 130 hlm, ukuran 14,8 x 21 cm, kertas isi HVS 70 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sistem penjualan buku ini adalah print on demand. Buku hanya akan dicetak ketika ada pemesanan. Butuh waktu +- 3 hari setelah pembayaran. Harga belum termasuk ongkos kirim

Rp100.000

Rp77.000

Tentang Penulis

Satriadi, S.AP, M.Sc.

merupakan dosen tetap program studi manajemen di STIE Pembangunan Tanjungpinang yang lahir pada 11 Oktober 1989. Pendidikan terakhir S-2 di Universiti Teknolgi Malaysia jurusan Human Resoirce Development. Ia memiliki ketertarikan penelitian di bidang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemerintahan, dan bisnis. Saat ini menjabat sebagai Direktur Pengembangan Program Studi dan Pasca Sarjana.

Wanawir Abdul Muin

Kuliah di Program Sarjana Strata Satu (S1) FKIP Unila. Diangkat sebagai Dosen PNS dipekerjakan Kopertis Wilayah II (Sekarang L2DIKTI) Palembang Tahun 1987 s.d sekarang. Jabatan Fungsional Lektor Kepala sejak Tahun 2009. Pendidikan Magister Manajemen tamat Tahun 1996 di STIE IPWI Jakarta. Pendidikan S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Tahun 2013 di STKIP PGRI Bandar Lampung . Pernah menjadi Ketua STKIP Muhammadiyah Pringsewu Periode 1992 – 1996 sekarang menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung periode 2019 – 2023.

Eka Hendrayani

Lulus S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Padang. Kemudian melanjutkan Studi S2 Magister Manajemen (Konsentrasi Manajemen Pemasaran) Universitas Negeri Padang. Saat ini merupakan Dosen STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Haji Agus Salim Bukittinggi pada Program Studi Akuntansi. Pernah menjadi Dosen Tetap di AMIK (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer) Kosgoro Solok pada Program Studi Manajemen Informatika pada tahun 2007-2019. Penulis pernah menjabat sebagai Ketua LP2M AMIK Kosgoro Solok. Saat ini penulis aktif sebagai Anggota BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) Kota Solok periode 2017-2022.

Leonita Siwiyanti

Pendidikan jenjang S1-nya diselesaikan di Universitas Djuanda Bogor bidang studi Manajemen Dakwah pada tahun 1999. Tahun 2009 melanjutkan S2 bidang studi Manajemen Sumber Daya Manusia di STIE Tri Dharma Widya Jakarta. Pengalaman jabatan yaitu sebagai Sekretaris Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UMMI. Selain itu, penulis menjadi Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Sukabumi periode 2015-2022. Penulis saat ini mengajar mata kuliah Al-Islam I,II,III,IV semua jurusan di UMMI dimulai sejak tahun 2011, Dasar-Dasar Manajemen di prodi Agribisnis sejak tahun 2014, Pemasaran di Prodi Administrasi Bisnis sejak tahun 2017 dan Kewirausahaan di prodi PG-PAUD, PJKR, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, PGSD dan Keperawatan sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Nursaidah

Lulus S1 Universitas Jember Manajemen, S2 Universitas Jember Manajemen Beliau adalah salahsatu dosen di Universitas Muhammadiyah Jember di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, merekan sekarang mengajar mata kuliah Strategic Business Planning Exploring Business Opportunities Integrated Business Planning Analisa Manajemen Bisnis Integrated Business Plannig Quantitatif Tactical Business Decisio Praktikum Magang Bank Corporate Manajemen Budgeting.