
KOMUNIKASI CSR DAN REPUTASI
Buku ini memberikan kontribusi model komunikasi
CSR yang efektif dalam membantu kesejahteraan hidup masyarakat
BAGAIMANA KOMUNIKASI CSR DAN REPUTASI?
Isu Pembangunan sosial menjadi hal penting dan sering dikaitkan dengan kesejahteraan hidup masyarakat, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun pembangunan sosial perlu kerjasama dan andil dari perusahaan. Pembangunan merupakan upaya memanfaatkan lingkungan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia untuk kesejahteraan masyarakat (Moesa, 2002).
Sebuah perusahaan harus selalu sigap dalam membangun masyarakat untuk tetap berdampingan dengan baik. Sebagaimana kepentingan keberlanjutan perusahaan turut bergantung pada bagaimana hubungan dengan masyarakat. Blowfield dan Frynas (2005) menyatakan bahwa perusahaan perlu mengelola hubungan dengan masayrakat lebih luas, dengan alasan komersial atau untuk nilai tambah terhadap masyarakat (Frynas, 2009). Hubungan ini dapat direpresentasikan oleh seorang Public Relations untuk menjalankan program tanggung jawab sosial guna mendapatkan reputasi positif perusahaan (Nurjanah, 2021).
Bentuk tanggung jawab yang dapat dilakukan oleh perusahaan yakni salah satunya melalui Program Corporate Social
Responsibility (CSR). The World Business Council For Sustainable Development mendefinisikan CSR sebagai komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerja dengan para karyawan perusahaan, keluarga karyawan, komunitas lokal, dan komunitas secara keseluruhan dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan.
CSR sendiri diatur berdasarkan UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, program CSR (corporate social responsibility) telah menjadi kegiatan wajib bagi semua korporasi, artinya perusahaan tidak saja dipandang dari aspek ekonomi semata tetapi juga harus memiliki fungsi sosial yang berorientasi pada peningkata kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan. Komitmen perusahaan terhadap masyarakat dengan memperhatikan aspek finansial, sosial dan lingkungan inilah yang menjadi isu utama dari konsep Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.
Sankat dan Clement (2002) dalam Rudito dan Famiola (2007) mendefinisikan CSR sebagai komitmen usaha untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup dari karyawan dan keluarganya, komunitas lokal, dan komunitas luas. Secara umum, CSR dapat didefinisikan sebagai bentuk kegiatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui peningkatan kemampuan manusia sebagai individu untuk beradaptasi dengan keadaan social yang ada (Rudito & Famiola, 2007).
Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baik dari segi empiris, metodologis, maupun kontribusi model komunikasi CSR yang efektif. Dengan melakukan penyusunan konsep dan model komunikasi CSR, diharapkan hasil kajian dalam buku ini dapat juga diimplementasikan pada perusahaan dan menjadi kajian pembelajaran mata kuliah CSR. Hal ini mengingat CSR lekat dengan isu pembangunan, yang mana Isu Pembangunan sosial menjadi hal penting dan sering dikaitkan dengan kesejahteraan hidup masyarakat, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun pembangunan sosial perlu kerjasama dan andil dari perusahaan. Pembangunan merupakan upaya memanfaatkan lingkungan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia untuk kesejahteraan Masyarakat. Pada buku ini akan membahas secara umum terkait konsep dasar CSR, prinsip CSR, komunikasi CSR, dan bagaimana komunikasi CSR berperan dalam membangun reputasi.
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!


Daftar Isi dan Spesifikasi Buku
Buku ini terdiri dari beberapa bagian pembahasan yang ditulis oleh para penulis dari beragam disiplin ilmu
- Cetakan I, Oktober 2022
- Jumlah Halaman viii + 64
- Ukuran 14 x 20 cm
- Kertas Isi Bookpaper 57,5 gram (Hitam Putih)
- Kertas Cover Ivory 230 Gram (Laminasi Doff)
- Finishing Jilid Lem Panas (Soft Cover) dan Shrink (Bungkus Plastik)
Rp 74,800
Sistem penjualan buku ini adalah print on demand. Buku hanya akan dicetak ketika ada pemesanan. Butuh waktu +- 3 hari setelah pembayaran. Harga belum termasuk ongkos kirim
- Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim
- Klik Tombol Beli Sekarang untuk Melanjutkan Pembelian
Tentang Penulis
