Internasionalisasi Muhammadiyah Sejarah dan Dinamika Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Luar Negeri 2002-2022

Geliat, dinamika perjuangan Muhammadiyah dalam mengemban misi dakwah pencerahan di Luar Negeri

Bagaimana Sejarah dan Dinamika Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah di Luar Negeri 2002-2022 ?

Muhammadiyah setelah era tahun 2000 merintis dan memperluas kehadirannya di ranah global atau dunia internasional. Dimulai pendirian Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) dan Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) di Cairo Mesir sebagai tonggak awal berdirinya perwakilan organisasi Muhammadiyah di luar negeri. Setelah itu PCIM-PCIA terus berkembang ke berbagai negara sehingga sampai tahun 2022 telah terbentuk 27 Cabang Istimewa.
Pola kedua kehadiran Muhammadiyah di tingkat dunia ialah mengembangkan berbagai kerjasama yang dilakukan dengan pihak luar negeri baik dengan pemerintah maupun lembaga-lembaga non-pemerintah atau lembagai internasional lainnya. Termasuk di dalamnya melanjutkan program yang sudah berjalan dari periode ke periode yaitu penyelenggaraan berbagai forum, seminar, dialog, dan muhibah yang menegaskan Muhammadiyah merambah ke ranah global.
Model ketiga, sejak periode 2015-2020 lahir tonggak baru yang penting (mailestone, ma’alimu fi at-thariq) dalam pergerakan Muhammadiyah di dunia internasional. Yaitu perintisan pusat keunggulan berupa amal usaha dan pusat dakwah sebagai bagian dari perluasan kehadiran Muhammadiyah di dunia internasional. Pimpinan Pusat Muhammadiyah sejak tahun 2018 membangun Markaz Dakwah Muhammadiyah di Cairo Mesir setelah Aisyiyah memiliki TK ABA yang sudah lama berdiri. Setelah itu tahun 2021 PP Muhammadiyah memperoleh idzin berdirinyan Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) serta di akhir tahun yang sama mendapatkan idzin berdirinya Muhammadiyah Australia College (MAC) di Melbourne Australia. Tiga tonggak penting program Muhammadiyah di ranah global atau internasional tersebut dicapai setelah perjuangan berat yang dilakukan PP Muhammadiyah bersama PCIM Mesir, PCIM Malaysia, dan PCIM Australia dengan segala dinamika suka-duka yang disertai keikhlasan, kesabaran, kesungguhan, kebersamaan, dan kerjasama di dalam dan dengan berbagai pihak di luar secara maraton berkelanjutan.

Program-program unggulan tersebut merupakan pengejewantahan konkret dan strategis dari “Internasionalisasi Muhammadiyah” yang menjadi amanat Muktamar ke-47 tahun 2015 di Makassar, sekaligus pilihan strategis Pimpinan Pusat Muhammdiyah dalam mewujudkan Islam Berkemajuan di ranah global. Selain itu PP Muhamamdiyah melalui Lazismu juga mendirikan Madrasah atau Sekolah Muhammdiyah di Beirut Libanon untuk anak-anak Palestina, serta Sekolah Indonesia di Rohingnya Myanmar sebagai wujud program kemanusaan melalui pendidikan.

Diharapkan ke depan program-program unggulan lainnya terus dibangun dan dikembangkan ke sejumlah kawasan negara lainnya di Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika Serikat yang tentu saja memerlukan perjuangan tahap demi tahap secara berkelanjutan dari satu periode ke periode gerakan Muhammadiyah. Program amal usaha unggulan di kancah global akan lebih kokoh dan berjangka panjang dalam mewujudkan dan menyebarluaskan Islam Berkemjauan yang berwajah Rahmatan Lil-‘alamin secara nyata dan strategis sebagaimana pepatah “lisan al-hal afsahu min lisan al-maqal”, tindakan nyata jauh lebih dirasakan manfaatnya ketimbang serangkaian teori dan kata-kata!

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
daftar isi 3
Daftar Isi 4

Daftar Isi dan Spesifikasi Buku

Buku ini terdiri dari beberapa bagian pembahasan yang ditulis oleh para penulis dari beragam disiplin ilmu

  • Cetakan I, Mei 2022
  • Jumlah Halaman xxxii + 414
  • Ukuran 15,5 x 23 cm
  • Kertas Isi Bookpaper 57,5 gram (Hitam Putih)
  • Kertas Cover Ivory 230 Gram (Laminasi Doff)
  • Finishing Jilid Lem Panas (Soft Cover) dan Shrink (Bungkus Plastik)

Rp 200.000

Rp 125,000

Harga Khusus di masa Pre- Order. Pesan sekarang juga. Diskon hanya berlaku hingga 31 Juni 2022. Harga belum termasuk ongkos kirim 

  • Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim
  • Klik Tombol Beli Sekarang untuk Melanjutkan Pembelian

Tentang Penulis

Dr. phil. Ridho Al-Hamdi, MA

Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sejak 2012 hingga kini. Konsentrasi ilmuannya adalah partai politik, pemilu, demokrasi, dan Islam-politik. Kini, dia adalah Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan FISIPOL UMY periode 2021-2025. Setamat nyantri di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, dia melanjutkan pendidikan sarjana dan master di UIN Sunan Kalijaga (2003-2007) dan Universitas Gadjah Mada (2008-2011). Jenjang doktor di bidang ilmu politik diselesaikan di Universitas TU Dortmund, Jerman (beasiswa BPPLN Kemenristekdikti RI, 2014-2017). Pada akhir 2021, dia menginisiasi pendirian PUSDEPPOL (Pusat Studi untuk Demokrasi, Pemilu, dan Partai Politik).

Irvan Mawardi,

   Pada tahun 2011-2013 di sela-sela melaksanakan tugas sebagai Hakim di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar, Irvan menyelesaikan studinya di program Magister di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar dengan konsentrasi Hukum Administrasi Negara. Selain PTUN Makassar, Irvan juga pernah bertugas di PTUN Samarinda, PTUN Bandar Lampung dan saat ini bertugas di PTUN Bandung

Neni Nur Hayati

Penulis adalah direktur democracy dan electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia. Aktif menulis di berbagai media masa seperti Republika, detik.com, compas.com, Media Indonesia, koran tempo, pikiran rakyat, kumparan, koran sindo, Geotimes dan media online lainnya. setidaknya telah ada 500 artikel yang terbit mengenai kepemiluan, demokrasi, politik, komunikasi serta isu menyangkut perempuan dan anak. saat ini, penulis melalui DEEP Indonesia aktif mengisi di berbagai diskursi publik da rutin mengadakan KURSI (Kursus Kepemiluan dan Demokrasi) untuk memperkuat literasi dan memberikan pendidikan politik kaum perempuan milenial. selain itu, kesibukan penulis juga sedang melanjutkan studi S3 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. 

Moh. Mudzakkir, S.Sos., M.A., Ph.D

sosiolog yang saat ini menjadi dosen Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (FISH Unesa). Ia menaruh minat pada kajian sosiologi pendidikan, kajian pendidikan tinggi, institusionalisasi, dan transformasi organisasi. Ia melewati pendidikan menengahnya di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dan lulus pada tahun 2001. Kemudian menyelesaikan pendidikan sarjana sosiologi agama di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (2005) dan Magister Sosiologi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (2009). Ia menyelesaikan program doktor dalam bidang sosiologi dari Centre for Policy Research and International Studies (CenPRIS) Universiti Sains Malaysia pada akhir 2021.