ETIKA BISNIS ISLAM

 Buku ini  memberikan gambaran singkat dan komprehensif tentang konsep dasar etika, isu etika dan kapitalisme, etika bisnis Islam, pengawasan dan tantangan etika di masa depan.

KAPITALISME DALAM BISNIS

Kapitalisme dalam bisnis hanya berorientasi kepada profit tanpa mementingkan etika, moral, kemanusiaan dan faktor agama. Etika dalam kapitalisme diabaikan,, kapitalisme merupakan ideologi yang telah mengakar dan mengglobal.

Kapitalisme telah berdampak kepada masalah ekonomi seperti meningkatnya kesenjangan antara kaya dan miskin, dominasi kelompok yang kurang beruntung, ketidakadilan distribusi pendapatan, krisis keuangan global. Permasalahan lain yaitu eksplotasi lingkungan yang tidak bertanggung jawab menyebabkan kerusakan lingkungan dan pemanasan global. Prektek bisnis kapitalisme yang tidak jujur, hanya memikirkan profit semata dan merugikan pihak lain. Perilaku amoral ini akan membawa korporasi yang termasuk kategori besar pun akan jatuh dan hancur.

Perkembangan dan pertumbuhan dunia bisnis saat ini menimbulkan persaingan ketat antar pelaku usaha. Dalam mempertahankan eksistensi dan memenangkan kompetisi pasar, tak khayal banyak perusahaan melakukan beragam cara diantaranya dengan melanggar etika dan menerapkan kapitalisme. Contohnya memalsukan isi laporan keuangan, manipulasi komposisi produk dan eksploitasi tenaga kerja, semua cara tersebut merupakan bagian dari penerapan kapitalisme yang tidak bermoral dan beretika yang hanya bertujuan untuk mendapatkan investor baru dan meningkatkan keuantungan semata.

Praktik pelanggaran etika bisnis perlu dihilangkan dengan memasukkan unsur Islam. Karena Etika bisnis Islam berfokus tidak hanya profit, tetapi juga keberkahan dan cara – cara etis yang diperintahkan oleh Allah SWT melalui penjabaran dalam Al-Qur’an dan Sunnah Hadist. Semoga buku ini dapat memberikan gambaran singkat dan komprehensif tentang konsep dasar etika, isu etika dan kapitalisme, etika bisnis Islam, pengawasan dan tantangan etika di masa depan.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Daftar Isi 3

Spesifikasi Buku

Cetakan I, Februari 2024;  98 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp100.000

Rp 92,700

Tentang Penulis

Sunarmo, S.E., M.Si.,

Penulis melanjutkan pendidikan tinggi dan memperoleh gelar S.E. pada jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (Unila) dengan IPK 3,92 dengan predikat cum laude dan merupakan lulusan terbaik di wisuda Unila tahun 2015. Tahun berikutnya ia berhasil memperoleh beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) program Afirmasi Berprestasi untuk studi S2 Kajian Timur Tengah dan Islam Peminatan Ekonomi dan Keuangan Syariah Universitas Indonesia dan lulus tahun 2019 dengan IPK 3.93 berpredikat Cum laude.

Selama menempuh pendidikan S1 dan S2, ia juga terlibat aktif pada organisasi non-akademik seperti Radio Kampus Unila (Rakanila), Rohani Islam (Rois), LPDP UI, Mata Garuda Islamic Finance Forum, Mata Garuda Lampung, Mata Garuda, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta. Ia juga memiliki prestasi – prestasi seperti juara lomba debat politik, debat mahasiswa, finalis olimpiade ekonomi Islam Nasional, juara 1 olimpiade ekonomi Islam se-Sumbagsel, juara 3 karya ilmiah ekonomi Islam se-Sumbagsel, finalis 3 besar peneliti muda bidang Pasar Modal pada Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) OJK, dan juara 1 lomba Essay tentang Fintech & Digital Era yang diselenggarakan FEB UGM.

Penulis saat ini adalah dosen tetap pada prodi Manajemen Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI). Mata kuliah yang diampu diantaranya yaitu Ekonomi Mikro, Perilaku Organisasi, Etika Bisnis Islam, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Beberapa artikel ilmiah yang berhasil dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional bereputasi diantaranya Market Structure and Competition of Islamic Banking in Indonesia (BEMP, 2018), Halal Supplement: A Perspective of Muslim Millenial Generation (ICSGS, 2018), Pandangan Muslim Terhadap Sektor Fitness and Mind Body: Literature Study Approach Model (Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2021), Concentration and Competition in the Pharmaceutical Sector in an Era of Challenges (Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2023), Sosialisasi dan Pelatihan Pemasaran Digital pada pelaku UMKM di Desa Karet Kecamatan Sepatan Tangerang (Jurnal Pengabdian Masyarakat BERNAS, 2023).