DINAMIKA KOMUNIKASI POLITIK
Telusuri bagaimana komunikasi membentuk kekuasaan dan demokrasi dalam buku ini, yang mengupas secara tajam interaksi antara media, politik, dan masyarakat di era disrupsi informasi.

Strategi Komunikasi Politik
Buku ini mengupas tiga studi kasus yang menarik dan relevan, memperlihatkan bagaimana komunikasi politik menjadi instrumen penting dalam membentuk persepsi publik, membangun kepercayaan, serta memenangkan hati pemilih di tengah tantangan sosial dan kultural yang beragam.
Buku ini terdiri dari tiga bab yang masing-masing membahas komunikasi politik dalam konteks yang berbeda. Pada Bab pertama membahas pidato Madam Halimah Yacob, presiden perempuan, muslim, Singapura. Sekalipun ia sadar memimpin sebuah negara dengan mayoritas penduduk etnis China sedangkan ia sendiri seorang muslim merupakan hal yang tidak mudah, namun bukan menjadi halangan baginya untuk tampil prima dalam masyarakat yang plural yang sedang ditimpa pandemi.
Madam Halimah Yacob memaksimalkan suara, bahasa penampilan fisik, mimik muka untuk mewujudkan tanggung jawabnya sebagai seorang presiden sebuah negara yang sedang dilanda krisis pandemi. Keberhasilan dia menyatukan semua unsur diatas dalam pidato-pidatonya menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Penurunan Covid-19 di Singapura merupakan salah satu puncak keberhasilan Madam Halimah dalam menerapkan strategi komunikasi publiknya.
Bab kedua merupakan kajian strategi komunikasi politik perempuan Jawa di Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Dengan menerapkan strategi komunikasi khusus, Sri Mulyani berhasil memenangkan Pilkada di Klaten. Strategi pertama dikemas dalam istilah Matur Ibu yang membuat masyarakat merasa terpanggil untuk mengadukan persoalan mereka kepada ibu Sri Mulyani. Strategi kedua dikemas dalam istilah Sambang Warga. Strategi kedua ini membuka pintu semakin lebar bagi Sri Mulyani untuk mendekati warganya. Kombinasi dua strategi inilah yang mengantar Sri Mulyani memenangkan Pilkada.
Bab ketiga merupakan mengenai strategi pemasaran politik
yang diterapkan oleh kandidat yang merupakan kelompok minoritas dalam pemilihan umum di Indonesia. Selain itu, kajian ini juga diinisiasi untuk menelaah bagaimana penerapan strategi pemasaran politik oleh kelompok minoritas dapat menghasilkan respons pemilih yang kuat dan signifikan.
Buku ini sangat penting untuk pengamat komunikasi politik karena membahas beberapa studi kasus yang berbeda sehingga lebih bermanfaat dari segi perbandingan daerahnya. Secara khusus ini juga sekaligus menjadi kajian peran politik perempuan di Indonesia maupun Singapura.
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!
DAFTAR ISI


Spesifikasi Buku

Cetakan I, Mei 2025; 84 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.
Harga Buku
Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.
Rp 100.000
Rp 77,900
Tentang Penulis

Dr. Nur Sofyan, S.I.Kom., M.I.Kom.
alumni Program Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2012) dan Program Magister Komunikasi Strategis Universitas Diponegoro (2016). Ia menyelesaikan Program Doktor Ilmu Sosial, bidang studi Doktor Ilmu Politik, di Universitas Diponegoro pada tahun 2024 dengan judul disertasi Model Komunikasi Pemasaran Politik.
Penulis merupakan dosen pada Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sejak tahun 2017, dengan mata kuliah yang diampu antara lain Komunikasi Politik, Pengantar Public Relations, dan Komunikasi Massa. Ia pernah menulis artikel jurnal berjudul Strategi Komunikasi Politik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Temanggung dalam Pilkada Jateng 2013 yang dimuat dalam Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 3 (2020). Selain itu, ia menjadi salah satu penulis dalam artikel The Role of Local Balinese Culture amongst Sustainable Communities in Preservation Effort of Ayung River yang dimuat dalam International Journal of Sustainable Society Volume 2 (2020). Sebagai penulis pertama, ia menerbitkan artikel Political Marketing of Muslim Minority Candidates in the Bali Legislative Election dalam Proceedings of The International Conference on Business and Technology (ICBT 2021). Pada tahun 2023, ia kembali menjadi penulis pertama dalam jurnal Social Sciences MDPI dengan artikel berjudul Language and Power: How Democracy and Pluralism Shape Patterns of Minority Political Representation in Bali.
Pada tahun 2024, ia menulis artikel Communication Strategy of Wonogiri General Election Commission Based on Local Wisdom (A Case Study of the Efforts to Increase Public Awareness of the Importance of Participating in Elections Through Cultural Events in 2023) yang dipresentasikan dalam International Conference Manama Bahrain ICBDT. Ia juga menjadi penulis kedua dalam artikel Personal Branding of Ahmad Syauqi Soeratno in the General Election of DPD RI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) in 2024, yang disampaikan pada International Conference Eidenberg ICBTE 2025.
Sebagai penulis pertama, ia menerbitkan buku berjudul Komunikasi Publik (Pendekatan Pemerintah dalam Reklamasi Pantai), serta turut menjadi salah satu penulis dalam buku Pilkada Orang Kuat (Kajian Mahasiswa Doktor Ilmu Sosial FISIP UNDIP 2020). Saat ini, penulis juga mengemban amanah sebagai Ketua Bidang Komunikasi dan Transformasi Digital (Periode 2023-2027) pada Ikatan Pemuda Cendekiawan Muslim Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (ICMI DIY).

Abi Pranaya Tyaswara, S.I.Kom.
Merupakan alumni Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, lulus pada tahun 2020. Pada tahun 2025, penulis sedang menempuh pendidikan Magister pada Program Studi Manajemen Komunikasi di Universitas Gadjah Mada.
Saat ini, penulis bekerja sebagai asisten riset di salah satu universitas di Yogyakarta. Selama masa studi sarjana, penulis aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan, salah satunya melalui Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMAKOM) UMY. Penulis memiliki minat dalam bidang komunikasi krisis dan kini tengah menyusun tesis dengan judul “Manajemen Krisis PT Kereta Api Indonesia.” Selain itu, penulis juga memiliki ketertarikan terhadap kajian dalam bidang komunikasi politik.