ASAS-ASAS MANAJEMEN
Buku ini materi asas-asas manajemen dipaparkan secara jelas dengan bahasa yang sederhana dan terstruktur agar pembaca dapat memahami materi secara baik.
KONSEP DASAR MANAJEMEN
Istilah manajemen diartikan oleh berbagai pihak dengan perspektif yang berbeda, misalnya pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan, ketatapengurusan, administrasi dan sebagainya. Konsep dasar manajemen mutlak harus dipelajari dan dipahami mahasiswa karena memberikan dasar pengetahuan terhadap dasar manajemen. Penyajian materi ajar pada konsep dasar manajemen disajikan secara menarik, sehingga pembaca tidak bosan dalam memahami dan menanggapi materi ajar pada web pembelajaran tertentu. Masing-masing pihak diwarnai dengan latar belakang yang berbeda menurut pekerjaan mereka dalam mendefinisikan istilah manajemen. Sebagai bahan perbandingan berikut akan dibahas lebih jauh tentang konsep dasar manajemen.
Apakah kegiatan yang dilakukan oleh para manajer seperti Fransiscus Welirang (Indofood), Mauritz Lalisang (Unilever), Rinaldi Firmansyah (Telkom), dan Aburizat Bakrie (Bakrie Brothers) memiliki kesamaan? Jawabannya, ya! Mereka mencapai apa yang ingin dicapai oleh perusahaan dengan memanfaatkan organisasi perusahaan mereka. Para manajer tersebut menggunakan keahlian manajerial (managerial skill) yang mereka miliki untuk mengelola berbagai sumber daya organisasi (organizational resources) sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
Salah satu aspek kunci dalam manajemen adalah bagaimana manajer dapat mengenali peran dan pentingnya para pihak yang akan menunjang pencapaian tujuan perusahaan. Para manajer harus mengakui bahwa mereka tidak akan dapat mencapai tujuan perusahaan seorang diri, melainkan melalui kerja sama dengan orang lain. Dalam kaitan ini, salah seorang pemikir manajemen mazhab perilaku yakni Mary Parker Follet (Daft dan Marcic, 2007) menegaskan bahwa pada dasarnya manajemen adalah, “the art of getting things done through people” (seni menyelesaikan suatu pekerjaan melalui orang lain).
Seorang ahli teori manajemen lainnya, Peter Drucker (1974) menambahkan bahwa tugas penting manajer adalah menetapkan arah tujuan perusahaan, memberikan kepemimpinan untuk mencapai tujuan tersebut serta membuat keputusan mengenai bagaimana menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan
yang telah ditetapkan.
Pada pertengahan tahun 1950-an Koontz memopulerkan konsep fungsi-fungsi manajemen (management functions) dengan mengelompokkan tugas-tugas yang dilakukan oleh manajemen ke dalam lima fungsi manajemen, yang mencakup:
1. Perencanaan (planning)
2. Pengorganisasian (organizing)
3. Pengisian staf (staffing)
4. Kepemimpinan (leading)
5. Pengendalian (controlling)
Pengembangan model fungsi manajemen di atas mengacu kepada pembagian fungsi manajemen yang dirumuskan oleh Henry Fayol tahun 1916. Fayol membagi fungsi manajemen ke dalam lima fungsi, yakni: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), commanding (pemberian komando), coordinating (pengkoordinasian), dan controlling (pengendalian). Koontz (Koontz, O’Donnel dan Weihrich, 1984) menyatakan bahwa fungsi adalah sekumpulan pekerjaan yang bisa dibedakan secara nyata dari kumpulan pekerjaan lainnya. Sebagai contoh, fungsi yang dimiliki mata sebagai bagian dari sistem tubuh adalah untuk melihat sedangkan fungsi telinga adalah untuk mendengar. Mata melakukan sekumpulan pekerjaan yang dapat dibedakan secara nyata dengan pekerjaan yang dilakukan oleh telinga.
Analogi di atas dapat digunakan untuk menjelaskan fungsi manajemen. Fungsi perencanaan tentunya memiliki kumpulan pekerjaan yang berbeda secara nyata dengan kumpulan pekerjaan yang dilakukan pada fungsi pengorganisasian. Hal ini berlaku pula bila konsep fungsi yang dirumuskan oleh Koontz diterapkan untuk menjelaskan fungsi organisasi. Sebagai contoh, di dalam sebuah organisasi perusahaan akan terdapat fungsi pemasaran yang melakukan tugas-tugas berbeda dengan rangkaian pekerjaan yang dilakukan oleh fungsi keuangan.
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!
DAFTAR ISI
Spesifikasi Buku
Cetakan I, Januari 2025; 214 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.
Harga Buku
Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.
Rp 150.000
Rp 126,100
Tentang Penulis
Dr. Siti Osa Kosassy, S.Sos., M.Si.,
Dosen tetap Program Studi Administrasi Publik STIA (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi) LPPN Padang. Lulusan Program Doktor (S3) Ilmu Pendidikan orientasi Manajemen Pendidikan PPs Universitas Negeri Padang (UNP) dan kini sedang proses menyelesaikan doktor kedua di Program Doktor Administrasi Publik UNPAS Bandung. Selain aktif mengajar, juga aktif menulis jurnal dan buku ajar.
Naufal Raid, M.Pd.,
Menamatkan S1 di Jurusan Pendidikan Sosiologi-Antropologi Universitas Negeri Padang (2012), S2 di Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Universitas Negeri Padang (2015). Dosen tetap Program Studi Administrasi Bisnis STIA LPPN Padang.
Dian Oldisan, S.Sos., M.Si.
Menamatkan S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) LPPN Padang (1998), S2 di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yapann (2010). Dosen tetap Program Studi Administrasi Bisnis STIA LPPN Padang.
Seven Putra, S.Sos., M.Si.,
Menamatkan S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LPPN (2014), S2 di Universitas Islam Riau (2021). Dosen tetap Program Studi Administrasi Bisnis STIA LPPN
Padang.