INOVASI DALAM PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Teori, Praktik, dan Teknologi Terkini

Buku ini membahas berbagai pendekatan yang dapat digunakan oleh pendidik dan praktisi dalam mengembangkan program pendidikan jasmani dan olahraga yang tidak hanya bermanfaat secara fisik, tetapi juga mendalam secara intelektual. Teori-teori yang diangkat dalam buku ini memberikan landasan ilmiah yang kuat dalam praktik pendidikan jasmani yang lebih efektif. Pendekatan-pendekatan tersebut diharapkan dapat membawa peserta didik pada pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya olahraga bagi kehidupan mereka.

Inovasi Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Physical Education Teacher Education (PETE)

PETE merupakan persiapan profesional individu untuk menjadi guru pendidikan jasmani di sekolah. Program PETE bertujuan untuk membekali calon pendidik jasmani dengan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan untuk mempromosikan aktivitas fisik, pengembangan keterampilan motorik, dan kebiasaan gaya hidup (promote physical activity, motor skills development, and healthy
lifestyle habits) sehat di kalangan siswa. Program-program ini memadukan pengetahuan konten dalam olahraga dan aktivitas fisik dengan metode pedagogis dan teori pendidikan, yang disesuaikan dengan pengajaran di berbagai lingkungan sekolah. PETE perlu di desain ulang untuk mengurangi marjinalisasi dalam pendidikan jasmani dan memfokuskanpada pembelajaran pendidikan jasmani yang berpusat pada siswa. PETE yang efektif perlu mencakup kurikulum yang terintegrasi, kemitraan dengan universitas dan sekoah. Selain itu peran guru sangat dibutuhkan dalam mendukung perubahan PETE ini (Richardson, 2011).

SHAPE America memiliki standar dan komponen dalam PETE yang dirancang untuk mempersiapkan kandidat Pre-Service/Pra-jabatan guru pendidikan jasmani yang profesional dengan kompetensi dan kecakapan dalam mendemonstrasikan konten dan pengetahuan dasar dalam Pendidikan Jasmani, keterampilan, dan kebugaran yang erat kaitannya dengan kesehatan. Selain itu, PETE mengembangkan kemampuan calon guru pendidikan jasmani untuk melakukan perencanaan, implementasi pembelajaran, penyampaian dan manajemen instruksional pembelajaran, penilaian pembelajaran siswa, serta tanggung jawab profesional. Berikut beberapa standar PETE yang dimiliki oleh SHAPE America:

Standard 1: Content and Foundational Knowledge/ Konten dan Pengetahuan Dasar
Kandidat calon guru pendidikan jasmani menunjukkan pemahaman tentang konten umum dan khusus, serta dasar-dasar ilmiah dan teoretis untuk penyampaian program pendidikan jasmani pra-K-12 yang efektif. Pra-K-12 ini merupakan pengkelasan pendidikan jasmani siswa di America yang merujuk kepada Early Childhood (PreK-Kindergarten), Kindergarten, Elementary School (Grades 1-5), Middle School (Grades 6-8), dan High School (Grades 9-12).

Standard 2: Skillfulness and Health-Related Fitness/Keahlian dan Kebugaran Terkait Kesehatan
Kandidat calon guru pendidikan jasmani adalah individu yang melek fisik yang dapat menunjukkan kemampuan yang terampil dalam bidang konten pendidikan jasmani dan tingkat kebugaran yang meningkatkan kesehatan.

Standard 3: Planning and Implementation/Perencanaan dan Implementasi
Kandidat pendidikan jasmani menerapkan konten dan pengetahuan dasar untuk merencanakan dan mengimplementasikan pengalaman belajar yang sesuai dengan perkembangan anak yang selaras dengan Standar Nasional SHAPE melalui penggunaan sumber daya yang efektif, akomodasi, dan/atau modifikasi, teknologi, dan strategi metakognitif untuk memenuhi kebutuhan yang beragam dari semua siswa.

Standard 4: Instructional Delivery and Management/ Penyampaian dan Pengelolaan Instruksional
Kandidat guru pendidikan jasmani melibatkan siswa dalam pengalaman belajar yang bermakna melalui penggunaan keterampilan pedagogis yang efektif. Mereka menggunakan komunikasi, umpan balik, teknologi, dan keterampilan instruksional dan manajerial untuk meningkatkan pembelajaran siswa.

Standard 5: Assessment of Student Learning/ Penilaian Pembelajaran Siswa
Kandidat guru pendidikan jasmani memilih dan menerapkan penilaian yang tepat untuk memantau kemajuan siswa dan memandu pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran.

Standard 6: Professional Responsibility/ Tanggung Jawab Profesional
Kandidat guru pendidikan jasmani menunjukkan perilaku yang profesional. Mereka menunjukkan etika profesional dan praktik-praktik yang kompeten secara budaya; mencari peluang untuk pengembangan profesional yang berkelanjutan; dan menunjukkan pengetahuan tentang strategi promosi/advokasi untuk pendidikan jasmani dan kesempatan aktivitas fisik yang diperluas yang mendukung pengembangan individu yang melek fisik.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2

Spesifikasi Buku

Cetakan I, Desember 2024;  206 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 150.000

Rp 123,100

Tentang Penulis

Hilda Ilmawati, dkk