Analisis Kebijakan Pendidikan
Buku ini membahas tentang kebijakan pendidikan, mulai dari teori bagaimana merumuskan kebijakan, legalitas, regulasi, pihak-pihak yang terlibat, teori-teori dan pendekatan kebijakan, serta implementasi dan contoh kasus kebijakan pendidikan.

KONSEP DASAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN
Pendidikan merupakan kegiatan yang sangat kompleks. Hampir seluruh dimensi kehidupan manusia terlibat dalam proses pendidikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam proses pendidikan, ada unsur politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya, kesehatan, psikologis, sosiologis, bahkan agama. Bagaimanapun penanganan pendidikan harus memperptimbangkan dimensi-dimensi
tersebut agar strategi dan kebijakan yang ditempuh benar-benar mengantarkan Indonesia pada tujuan yang dicita-citakan.
Begitu penting dan urgen pendidikan bagi manusia, maka kebutuhan akan pendidikan bermutu selain harapan semua orang, juga merupakan sarana utama untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu memaksimalkan potensi diri yang dimiliki serta mampu mengelola sumberdaya alam secara bijaksana. Hal ini sejalan dengan visi pendidikan nasional yaitu terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia Indonesia yang berkualitas, sehingga mampu dan proaktif menjawab
tantangan zaman yang selalu berubah.
Mutu pendidikan tentu merupakan cita-cita semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan tersebut.
Setidaknya ada dua alas an penting mengapa mutu pendidikan menjadi sangat penting. Pertama, aspek persaingan. Persaingan terjadi baik antar lembaga pendidikan maupun dengan dunia kerja. Saat ini setiap calon tenaga kekrja harus dibekali dengan pendidikan yang bermutu untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Kedua, munculnya kebebasan dan otonomi bagi institusi pendidikan yang mengharuskan penntingnya mutu di setiap jenis, jalur, dan jenjang pendidikan.
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!
DAFTAR ISI


Spesifikasi Buku

Cetakan I, November 2018; 188 hlm, ukuran 15 x 23 cm, kertas isi HVS hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.
Harga Buku
Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.
Rp 150.000
Rp 115,700
Tentang Penulis

Dr. Abd. Madjid
Pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta periode 1992-1995 dan 1999-2003. Menjadi Ketua Program Studi Magister Studi Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2003-2011. Saat ini menjadi Ketua Program Studi Psikologi Pendidikan Islam Program Doktor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Beberapa penelitian dan tulisan yang sudah diterbitkan;
1) Manusia dalam Tafsir Al-Maraghi, Implikasinya pada Konsep Pendidikan, 2) Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja, 3) Dinamika Konflik dan Integrasi antara Etnis Dayak dan Etnis Madura (Studi Kasus di Yogyakarta, Malang dan Sampit), 4)
Analisis Kualitas Jasa Perguruan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta, 5) Sertifikasi Kompetensi Profesi: Representasi Penjaminan Mutu Profesionalisme Guru, 6) Menyikapi Masuknya Perguruan Tinggi Asing di Indonesia, dan 7) Guru: Pahlawan Tanpa Gaji Cukup, 8) Model Pengembangan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah, 9) Full Day School Policy for Children’s Character Development: Lessons from
Indonesian Islamic Education, 10) The Integration of Spritual based Holistic and Holistic Health Towards Holistic Health Education (HHE): Islamic Psychology Perspective, 11) Gratitude Empirical Findings and Theoritical Perspective, 12) Towards Better Management of Private Education in Indonesia: Lessons Learned From Muhammadiyah Schools.