TEORI DAN PRAKTIK PSIKOLOGI POSITIF ISLAMI

buku ini dapat memperkaya literatur akademik, memperluas wawasan keilmuan, serta menjadi dasar pengembangan penelitian lanjutan dalam bidang psikologi positif Islami.

Munculnya Psikologi Positif

Psikologi positif merupakan salah satu arus utama dalam kajian psikologi kontemporer yang menekankan pada kekuatan, kebahagiaan, dan potensi manusia. Meskipun demikian, perkembangan literatur yang ada masih sangat didominasi oleh perspektif Barat. Di sisi lain, Islam sebagai agama dengan khazanah spiritual, etika, dan praktik kehidupan yang kaya, menawarkan fondasi yang sangat relevan bagi penguatan konsep-konsep psikologi positif. Oleh karena itu, buku ini hadir sebagai upaya integrasi ilmu psikologi positif dengan nilai-nilai Islam, agar dapat menjadi rujukan akademik yang komprehensif, sekaligus sesuai dengan konteks keilmuan dan kebutuhan masyarakat muslim.

Sebagai buku referensi, karya ini disusun secara sistematis dan berbasis kajian teoretis serta praktis. Bab pertama menempatkan pembaca pada pemahaman mendasar tentang konsep psikologi positif, latar belakang kemunculannya, serta diskursus dalam perspektif Islam.

Bab kedua menguraikan teori dan model resiliensi, meliputi dasar biologis, psikologis, serta landasan ayat-ayat Al-Qur’an yang memperkuat pembentukan daya tahan. Bab ketiga mengkaji forgiveness atau kemaafan, baik dari perspektif literatur Barat maupun Islam, serta implikasinya terhadap kesehatan mental. Bab keempat membahas kebersyukuran sebagai salah satu kekuatan karakter yang memiliki nilai teologis dan psikologis, lengkap dengan praktik aplikatifnya. Bab kelima menyoroti kesabaran, bukan hanya sebagai sikap moral, tetapi juga sebagai mekanisme regulasi diri yang mendukung kesejahteraan hidup.

Penulis beberapa tahun terakhir telah dan masih concent melakukan penelitian yang terkait dengan tema-tema psikologi positif yang dikaji, dibahas dan dianalisis dengan perspektif Islam. Penelitian-penelitian pengembangan yang memberikan intervensi psikologi positif dengan perspektif islam. Perjalanan penelitian itu kemudian diramu untuk dapat dimanfaatkan secara lebih luas dalam buku referensi ini. Sehingga, buku ini ditujukan untuk mahasiswa, dosen, peneliti, praktisi psikologi khususnya di bidang Psikologi Pendidikan dan Psikologi Islami, serta seluruh pembaca tanpa batas, sebagai rujukan teoritis maupun praktis. Dengan memadukan pendekatan ilmiah dan perspektif Islam, diharapkan buku ini dapat memperkaya literatur akademik, memperluas wawasan keilmuan, serta menjadi dasar pengembangan penelitian lanjutan dalam bidang psikologi positif Islami.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Previous
Next

Spesifikasi Buku

Cetakan I, September 2025;  140 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 100.000

Rp 98,700

Tentang Penulis

Dr. Fitriah M. Suud, M.Ag

dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan bidang kepakaran pada Psikologi Pendidikan Islam, khususnya pada kajian resiliensi, kesejahteraan psikologis (well-being), serta intervensi pendidikan berbasis nlai agama, budaya, dan kearifan lokal. Lahir di Meunasah Tuha, Aceh Besar. beliau menyelesaikan
pendidikan sarjana dan magister di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, kemudian melanjutkan studi doktoral pada bidang Psikologi Pendidikan Islam di
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam kiprah akademiknya, Dr. Fitriah aktif melakukan penelitian dan publikasi pada tingkat nasional maupun internasional. Beberapa karya ilmiahnya membahas tema resiliensi anak, identitas sosial, kepemimpinan pendidikan, kesejahteraan santri, serta integrasi nilai Islam dalam intervensi psikologis. Publikasi tersebut terbit di berbagai jurnal bereputasi yang terindeks Scopus, Web of Science, maupun Sinta, di
antaranya Journal of Poetry Therapy, International Journal of Adolescence and Youth, serta berbagai jurnal nasional terakreditasi. Rekam jejak publikasi ini menunjukkan konsistensi beliau dalam mengembangkan keilmuan yang menghubungkan psikologi, pendidikan, agama, dan budaya.
Selain sebagai peneliti, Dr. Fitriah juga aktif dalam berbagai organisasi profesi, seperti Islamic Educational Psychology Scholars Association
(IEPSA), Association of Southeast Asian Studies (ASEAS UK), Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), serta Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (FORSILADI). Keterlibatannya dalam forum ilmiah, baik sebagai anggota, narasumber, maupun kontributor, memperkuat kiprahnya dalam membangun jejaring akademik lintas disiplin dan lintas negara.
Dengan pengalaman akademik, publikasi, dan keterlibatan profesional tersebut, Dr. Fitriah M. Suud terus berkomitmen mengembangkan gagasan dan praktik pendidikan yang menekankan penguatan resiliensi, kesejahteraan psikologis, serta pengintegrasian nilai Islam dalam pembelajaran. Pemikiran dan karyanya menjadi kontribusi penting bagi pengembangan psikologi pendidikan di Indonesia, khususnya dalam menghadirkan pendekatan yang kontekstual, humanis, dan berbasis nilai spiritual.