SUPERVISI ‘INQUIRY’ PENDIDIKAN NON FORMAL Ikhtiar Meningkatkan Kualitas dan Profesionalisme Pendidik

Buku bertema supervisi pendidikan non formal ini ditulis untuk memberikan gambaran utuh mengenai metode inquiry dalam supervisi pendidikan non formal. Dalam praktiknya, supervisi pendidikan non formal memiliki keunikan yang khas.

Bagaimana Sejarah Pendidikan Non Formal di Indonesia?

Dalam babak sejarah pendidikan di Indonesia bahkan di dunia, pendidikan non formal merupakan embrio dari pendidikan formal. Hanya saja, dalam perkembangannya pendidikan non formal memiliki banyak hambatan yang komplek dan saling tumpeng tindih. Dalam sejarah manusia, pendidikan non formal muncul sejak manusia hidup dan saling bersosialisasi. Secara alamiah, pendidikan non formal eksis sebagai wujud dari upaya sinergi antar manusia. Dengan demikian, pendidikan non formal adalah sistem penyelamat manusia untuk dapat adaptif dalam berbagai situasi.

Seiring berjalannya waktu, proses transfer pengetahuan dan keterampilan tidak hanya berjalan secara alamiah. Maka, didesainlah program pendidikan untuk menjadi katalisator dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdidik dan terlatih. Dalam perkembangannya, hal ini memunculkan revolusi pendidikan yang awalnya hanya diselenggarakan secara alamiah dan impromptu (serta merta) menjadi terpogram, terencana, dan memiliki prinsip dan tujuan yang jelas. Namun demikian, ternyata pendidikan formal tidak bisa mengakomodir individu dengan situasi khusus.

Dalam Pendidikan Non Formal (PNF) seluruh kegiatan belajar yang dilakukan dari rumah menjadi tantangan tersendiri bagi penilik. Dalam pelaksanaan pengendalian mutu, supervisi untuk peningkatan kompetensi dan sikap profesional sangatlah penting. Oleh karena itu, supervisi perlu didorong melalui pembinaan dan bimbingan bagi para tutor. Hal ini dilakukan dengan sabar dan penuh perhatian agar tutor atau pendidik dapat secara optimal menjalan tugas pokok dan fungsinya.

Buku bertema supervisi pendidikan non formal ini ditulis untuk memberikan gambaran utuh mengenai metode inquiry dalam supervisi pendidikan non formal. Dalam praktiknya, supervisi pendidikan non formal memiliki keunikan yang khas. Keunikan ini vi akan sulit ditemukan pada pendidikan formal. Penulis berharap buku ini akan memperkaya literasi pendidikan non formal sehingga dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas dan layanan pendidikan non formal.

Akhirnya, seiring dengan selesainya penulisan buku ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik yang konstruktif demi kebaikan di masa selanjutnya sangat dinanti dengan tangan terbuka. Penulis berharap kiranya buku sederhana ini dapat dapat memberikan manfaat maupun inspirasi terhadap pembaca. Selamat membaca!

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2

Spesifikasi Buku

Cetakan I Maret 2023;  98 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi HVS 75 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 100.000

Rp 83,100

Tentang Penulis

Umi Nadhirah, S.Pd., M.Si

merupakan Penilik Madya Pembina Utama Muda. IVC yang telah mengabdi dalam bidang pendidikan selama 34 tahun. Penulis yang lahir di Kediri pada tanggal 16 Mei 1969 ini mengabdi dan bekerja di Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Selatan di Jalan Prapanca Raya 9, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.