Pendidikan dan Profesi Keguruan dalam Membangun Sumber Daya Manusia (SDM)

Menambah wawasan dan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran dan memunculkan nilai karakter seorang calon manajer bagi para pembaca.

Guru dan Pembangunan SDM

Diyakini bahwa pendidikan itu ada sejak manusia pertama diciptakan. Nabi Adam AS adalah manuasia pertama yang diciptakan Allah SWT, diantaranya mendapat pendidikan untuk taat kepada aturan dan ketentuan-Nya serta mendapat pengetahuan tentang nama-nama benda yang ada di lingkungan sekitarnya. Hal tersebut (pendidikan) berjalan terus secara turun temurun dan berkembang semakin maju serta semakin kompleks dari satu generasi ke generasi lain, pada anak cucunya hingga sampai kepada generasi sekarang di abad modern dalam segala aspek pertumbuhan dan perkembangan kehidupan manusia yang semakin kompleks.

Tidak ada manusia yang terlepas dari proses pendidikan, sejak ia dalam kandungan ibunya, lalu dalam buaian setelah dilahirkan, menyusu, meraban, bergerak, merangkak, berdiri, berjalan, berlari dan seterusnya hingga tumbuh dan berkembang, baik jasmani maupun rohaninya yang merupakan sebuah proses perjalanan individu dalam mencapai kedewasaan.

Pendidikan merupakan suatu sistem yang sangat penting dan strategis untuk membangun sumber daya manusia (SDM), menata dan mengembangkan peradaban bangsa, meningkatkan kesejahteraan hidup manusia, membangun negara dan mempertahankan eksistensi kemanusiaan. Membangun SDM merupakan amanat konstitusi untuk mewujudkan kemajuan dan kemandirian bangsa. Indonesia harus diisi oleh warga negara yang terdidik dengan baik dan memiliki keunggulan dalam berbagai bidang. 

Di era global, kualitas SDM menjadi penentu bagi suatu bangsa untuk memperoleh kemenangan dalam persaingan kehidupan yang semakin kompleks dan cepat berubah. Oleh karena itu kebijakan dalam sektor pendidikan harus mampu mengarahkan pada pemenuhan kebutuhan SDM jangka panjang, yaitu SDM pembelajar, kreatif, inovatif, dan memiliki daya adaptabilitas tinggi terhadap berbagai perubahan.

Banyak sumber belajar (learning resources) yang dapat dijadikan bahan kajian dalam pelaksanaan pembelajaran, baik yang berupa cetakan (hard copy) maupun bukan cetakan (soft copy) yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun keduanya saling melengkapi. Untuk memperkaya bahan bacaan atau referensi dalam pembelajaran, penulis sajikan sebuah buku dengan judul Pendidikan dan Profesi Keguruan dalam Membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan dan guru ibarat dua sisi koin yang satu sama lain saling membutuhkan dan tidak dapat dipisahkan.

Buku ini merupakan ungkapan pikiran, perasaan, pengalaman, pengetahuan, dan niat penulis untuk berbagi kepada para pembaca, khususnya yang berstatus sebagai mahasiswa di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) atau yang sejenis, para guru, dan praktisi pendidikan yang merupakan bagian dari unsur yang berkontribusi besar terhadap pendidikan dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai modal (human capital) besar Bangsa Indonesia.

Bagi para mahasiswa, buku ini dapat dijadikan salah satu referensi mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan dan mata kuliah Profesi Keguruan atau mata kuliah lain yang relevan. Semoga bermanfaat untuk keunggulan pendidikan dalam membangun SDM Indonesia yang unggul.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Bab 1

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN (Peran Penting Pendidikan dalam Membangun Sumber Daya Manusia [SDM]; Pengertian, Definisi, dan Tujuan Pendidikan; Asas Pendidikan; Hak Setiap Warga Negara terhadap Pendidikan; Jalur, Jenjang, dan Jenis Pendidikan; Menumbuhkan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Sejak Dini)

Bab 2

PROFESIONALITAS GURU (Makna Profesi; Profesi Guru;  Kualifikasi Akademik Guru; Kompetensi Guru; Sertifikasi Guru; Guru Pendidikan Khusus; Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Guru; Pengaruh Guru terhadap Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa; Manfaat Guru Profesional; Motivasi Guru; Etika dan Etiket Guru; Menghilangkan Budaya “Superioritas” di Kelas; Membangun Komunikasi yang Santun)

Bab 3

GURU DALAM MUTU PENDIDIKAN (Konsep Mutu Pendidikan; Esensi Mutu Pendidikan; Perpustakaan untuk Mutu Pendidikan)

Bab 4

KESEJAHTERAAN; PENGHARGAAN DAN PERLINDUNGAN (Kesejahteraan Guru, Penghargaan Bagi Guru; Perlindungan Bagi Guru)

Bab 5

TANTANGAN ABAD 21 (Sumber Daya Manusia [SDM] Unggul; Tantangan Guru Abad 21;  Literasi)

Spesifikasi Buku

Cetakan I Agustus 2021; viii + 244 hlm, ukuran 15,5 x 22 cm, kertas isi HVS 70 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sistem penjualan buku ini adalah print on demand. Buku hanya akan dicetak ketika ada pemesanan. Butuh waktu +- 3 hari setelah pembayaran. Harga belum termasuk ongkos kirim

Rp120.000

Rp106.000

Tentang Penulis

E. Nurzaman AM

E. Nurzaman AM, lahir di Kabupaten Subang. Anak dari pasangan (Alm) H. Abdul Manan dan (Almh) Hj. Siti Kuraesin. Menikah dengan Dra. Ihat M. Afiah,
pada tahun 1985, dikaruniai dua orang anak, yaitu Lugina Aulya Zaman (Gina) ST, MM, dan Muhammad Nugraha Aulya Zaman (Angga) SE. Dari kedua putranya masing-masing dikaruniai 2 orang cucu, hingga telah memiliki 4 cucu yang masih balita. S-1 Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIPIKIP (UPI) Bandung, lulus th 1982. S-2 Magister Manajemen (MM) bidang SDM dari Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Jakarta lulus th 2000. S-2 Magister Sains (MSi) bidang Kebijakan Publik dari Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta lulus th 2001 dengan dana beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menempuh program S-3 bidang Manajemen Pendidikan pada Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sampai seminar proposal disertasi th 2010. Pada th 2012, seiring dengan promosi jabatan dan pindah tugas dari Jakarta ke Bandung, melalui transfer akademik/konversi Sks yang diperoleh di UNJ ke program S-3 bidang Manajemen Pendidikan pada Program Pascasarjana (S 3) Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung, lulus tahun 2014.