PARADIGMA ZAHRATUL AL-‘ILM Integrasi Ilmu, Adab, dan Keadilan Gender dalam Pendidikan Islam

Buku ini mengajak Anda menyelami Taiwan melalui kisah nyata yang hangat, jujur, dan menginspirasi—buku yang membuat Anda jatuh cinta pada sebuah negeri, sekaligus pada perjalanan hidup itu sendiri.

Kerangka Keilmuan Integratif dalam Paradigma Zahratul Al-‘Ilm

Paradigma Zahratul Al-‘Ilm dibangun sebagai sebuah kerangka keilmuan yang menempatkan adab sebagai fondasi metafisik ilmu, sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, wawasan kebangsaan, dan etika sosial dalam satu kesatuan yang utuh. Pada ranah filsafat pendidikan, paradigma ini menegaskan bahwa ilmu tidak dapat dipahami secara terpisah dari nilai, akhlak, dan tanggung jawab moral manusia sebagai subjek pencari pengetahuan. Dengan demikian, proses berilmu bukan hanya aktivitas intelektual, tetapi juga perjalanan pembentukan karakter.

Selain adab, buku ini menempatkan keadilan dan responsivitas gender sebagai elemen penting dalam pengembangan pendidikan Islam. Paradigma ini memandang bahwa relasi laki-laki dan perempuan harus berjalan secara setara, adil, dan saling melengkapi pada ranah akademik maupun sosial, sehingga pendidikan dapat menjadi ruang yang aman, inklusif, dan bebas bias struktural. Integrasi perspektif gender di sini bukan agenda terpisah, tetapi bagian inheren dari etika keilmuan Islam.

Paradigma Zahratul Al-‘Ilm juga menggabungkan keilmuan umum dan konteks kebangsaan, termasuk peradaban sosial, profesionalitas, serta tuntutan globalisasi. Ilmu pengetahuan ditempatkan dalam relasi interkoneksi dan interkorelasi, sehingga semua cabang ilmu—agama, sosial, maupun sains modern—harus saling berkelindan dalam membentuk manusia yang utuh dan visioner. Termasuk di dalamnya kearifan lokal yang menjadi keunggulan khas sebagai sumber nilai dan kreativitas.

Kerangka ini kemudian diterapkan secara menyeluruh dalam Tridharma Perguruan Tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Implementasinya dilakukan melalui dialog akademik, kolaborasi institusional, dan penyelesaian persoalan keilmuan secara integratif. Buku ini menekankan bahwa paradigma keilmuan tidak boleh berhenti pada konsep, tetapi harus hadir dalam perencanaan strategis, pelaksanaan pembelajaran, serta model penelitian yang berorientasi pada kemaslahatan publik. Secara keseluruhan, buku ini menjadi kontribusi penting dalam pengembangan pemikiran pendidikan Islam kontemporer. Paradigma Zahratul Al-‘Ilm diharapkan menjadi embrio bagi lahirnya model keilmuan yang integratif, interkonektif, beradab, dan responsif gender, sehingga mampu menjawab tantangan zaman tanpa kehilangan akar nilai keislaman Inilah tawaran pembaruan paradigma yang menyatukan tradisi keilmuan Islam dengan dinamika modern secara proporsional dan berkeadilan.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Previous
Next

Spesifikasi Buku

Cetakan I, Desember 2025;  146 hlm, ukuran 15,5×23 cm, kertas isi HVS hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 120.000

Rp 100,900

Tentang Penulis

Prof. Dr. H. Zulkarnain Dali, M.Pd

Pendidikan Terakhir S3 Universitas Negeri Jakarta. Saat ini sebagai Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu periode 2021-2025 dan Ketua MUI Provinsi Bengkulu periode 2025-2030 serta sebelumnya Ketua PWNU Bengkulu 2019-2024. Penelitian dan publikasi yaitu Pendidikan Islam di Pondok Pesantren tahun 2016, Manajemen Mutu Madrasah tahun 2017, Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam: Manajemen Berorientasi Link And Match tahun 2018, Manajemen Mutu Pondok Pesantren terbit 2019, The Construction of Religious Moderation Values in Islamic Boarding Schools Efforts to Prevent Radicalism in Indonesia terbit 2020, Implementation of Comunity-Based Education Management: A Case study of Islamic Boarding Schools in Bengkulu City Indonesia terbit 2021, Tipologi Integrasi Keilmuan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu: Paradigma Ilmu Keislaman Perspektif Gender tahun 2022, Menuju Integrasi Keilmuan Zahratul al-‘Ilmi: Coaching Individual untuk Penguatan Worldview Keislaman dan Capacity Building Konsep Responsif Gender bagi Dosen UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu tahun 2023, syaraful anam: history, character, educational value, and ethnoscience of anam syarafal in the lembak tribe of bengkulu city & sungai choh malaysia tahun 2024.

 

Ahmad Abas Musofa M. Ag

Saat ini sebagai dosen tetap pada Program Studi Sejarah Peradaban Islam UIN Fatmawati Sukarnno Bengkulu. Pendidikan berawal dari SD, SLTP dan MAN di Bengkulu serta Pondok Pesantren Ashidiqiyah Jakarta Barat. S1 Prodi Sejarah Peradaban Islam dan S2 Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung lulus tahun 2011. S3 dalam proses pada Prodi Sejarah Peradaban Islam UNUSIA (Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia) Jakarta. Pengalaman organisasi yaitu PMII, GP Ansor, NU, FKPT, TP2GD, MSI (Masyarakat Sejarawan Indonesia), WHA (World History Association), ADIA (Asosiasi Dosen Ilmu Adab), ISIH (International Society for Intellectual History), PPSI (Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia), Konsorsium Rumah Jurnal PTKIN se-Indonesia, dan APSII (Asosiasi Program Studi Sejarah Islam se-Indonesia) sebagai Ketua Umum tahun 2024-2026. Pengalaman pekerjaan sebagai staf prodi SPI dan BSA tahun 2013-2018, Redaktur Jurnal Tsaqofah & Tarikh tahun 2016-skrg, Ketua KPJI (Konsorsium Pengelolaan Jurnal Ilmiah) tahun 2018-2022 dan Sekretaris Jurusan Adab tahun 2022 sampai sekarang. Matakuliah yang diampu yaitu Sejarah Intelektual Islam di Indonesia, Sejarah Islam Bengkulu, Sejarah Para Nabi, Teori & Metodelogi Sejarah dan Metode Penelitian Sejarah. Publikasi ilmiah yaitu Sejarah Islam di Bengkulu Abad ke XX M tahun 2016, Nabi Adam As dalam Historiografi Bengkulu (Kajian Naskah Ulu atau Ka_Ga_Nga Asal MuloJabarail Menempo Adam) tahun 2017, Bengkulu dalam Jaringan Pelayaran Pantai Barat Sumatra Abad XVIII-XIX M dan Local wisdom of Malay Moslem Community in Bengkulu tahun 2018, Konsistensi Pemikiran dan Kiprah H. Nawawi dalam Berdakwah di Kota Bengkulu Tahun 1942-1990 (2019), Melacak Geneologi Keilmuan Masyarakat Jalur Sanad Intelektual Muslim Bengkulu Tahun 1985-2020 (2020), Undang-undang Simbur Cahaya Bangkahulu: Sejarah, Kearifan Lokal dan Sumber Hukum Nasional tahun 2021 dan Hazairin dan Ibrahim Hosen: Intelektual Muslim Bengkulu Abad 20 tahun 2023. Penelitian yaitu Undang-Undang Simbur Cahaya Bangkahulu: Sejarah, Kearifan Lokal dan Sumber Hukum Nasional tahun 2021, Tipologi Integrasi Keilmuan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu: Paradigma Ilmu Keislaman Perspektif Gender tahun 2022, Menuju Integrasi Keilmuan zahratul al-‘ilmi: Coaching Individual untuk Penguatan Worldview Keislaman dan Capacity Building Konsep Responsif Gender bagi Dosen UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu tahun 2023, Peran Media Televisi dan Online dalam Pemberitaan tentang Pemilihan Umum 2024 terhadap Partisipasi Mahasiswa dalam Pengawasan Pemilu dan Sejarahnya di Indonesia, Moderasi Beragama dalam Penerapan Hukum Ta’zir Berdasarkan Kitab Simbur Cahaya: Kajian Sosio-Historis dan Hukum di Masyarakat Bengkulu tahun 2025.

Andriadi, MA

Pendidikan S1 STAIN Bengkulu, S2 UGM Yogyakarta dan proses S3 d UNIB Bengkulu. Saat ini sebagai dosen tetap pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris UIN Fatmawati Sukarnno Bengkulu. Pengalaman Penelitian dan publikasi yaitu tahun 2025 berjudul Maskulinitas Baru dalam Film-Genre Islami: Prototipe Masa Depan Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender, Does 7E Cycle Model Improve Learning Environment? Evidence from Popular Fiction Classes pada Journal of English Education and Teaching (JEET); tahun 2024 berjudul Vitality of Lembak Language Bengkulu City in the Dynamics of Contemporary Society pada Jurnal Arbitrer, Needs Analysis on English Professional Skills for Students of Islamic Banking Department Jo-ELT (Journal of English Language Teaching); tahun 2023 berjudul Opresi Terhadap Perempuan Di Ranah Domestik Dalam Novel The Girls of Riyadh Karya Raja Al Sanea di Titian: Jurnal Ilmu Humaniora 7 (1), 122-140, Rhetorical Convention and Artful Persuasions in RAD:A Comparative Study between Applied Linguistics and Literature, tahun 2022 berjudul Tipologi Integrasi Keilmuan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu: Paradigma Ilmu Keislaman Perspektif Gender; tahun 2023 berjudul Menuju Integrasi Keilmuan zahratul al-‘ilmi: Coaching Individual untuk Penguatan Worldview Keislaman dan Capacity Building Konsep Responsif Gender bagi Dosen UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Tahun 2020 berjudul Gender Issues in Populer Children’s Fairy Tales; Tahun 2019 berjudul Homoseks Ketemu Tuhan”: Resistensi Kaum Gay dan Pertahanan Relasi Homoseksualitas dalam Fiksi Populer Indonesia.