MODEL EXPERIENCE BERBASIS ANGKOLA Teori dan Implementasinya dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar

Buku ini ditulis sebagai referensi bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PPKn.

Inovasi Pembelajasran PPKn di Sekolah Dasar

Kearifan lokal adalah pengetahuan, pemahaman, dan wawasan yang diperoleh secara turun-temurun dari nenek moyang. Kearifan lokal memiliki nilai-nilai luhur yang dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Angkola adalah wilayah yang berada di daerah Tapanuli Selatan, mayoritas
masyarakat yang berada di wilayah tersebut ialah bersuku Batak. Batak merupakan salah satu suku bangsa memiliki kearifan lokal yang kaya dan beragam di Angkola. Kearifan lokal suku Batak di Angkola dapat dijumpai dalam berbagai aspek kehidupan, seperti adat istiadat, budaya, dan kepercayaan.

Kebudayaan poda na lima adalah salah satu kearifan lokal di Angkola. Poda Na Lima adalah budaya dalam menjaga dan melestarikan hidup bersih yang terdiri dari lima aktivitas (paias pamatangmu), membersihkan pakaian (paias parabitonmu), membersihkan rumah (paias bagasmu), dan membersihkan pekarangan (paias pakaranganmu).

Experience diyakini mampu menimbulkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran ini menekankan pada pengalaman belajar yang bermakna dan relevan dengan kehidupan siswa. Keyakinan ini dibuktikan dengan pernyataan Azizan dkk. (2022), bahwa melalui model Experience berbasis kultur Angkola, diyakini mampu membawa mahasiswa untuk mengalami proses belajar mulai dari i can’t do it, i want to do it, how do i do it, will try to do it, i can do it, i will do it, and finally i managed to do it.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2

Spesifikasi Buku

Cetakan I, Mei 2024;  160 hlm, ukuran 14 x 20 cm, kertas isi HVS hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 100.000

Rp 84,200

Tentang Penulis

Maulana Arafat Lubis

2010), S-1 PGMI FITK IAIN Sumatra Utara Medan (2010-2014), S-2 Pendidikan Dasar UNIMED konsentrasi PKn (2014-2016), S-3 Pendidikan Dasar UNIMED (2020-sekarang). Pengalaman kerja, yaitu pernah sebagai Guru MIN 6 Medan (2014-2016), sekarang menjadi Dosen tetap dengan jabatan
fungsional Lektor di Prodi PGMI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan (2016-sekarang), Tutor PGSD masukan sarjana di UPBJJ Universitas Terbuka Medan (2019-sekarang), Editor JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia (Sinta (2020-sekarang), Editor Jurnal Atfaluna Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa (2022-sekarang), Editor Tazkir: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman UIN SYAHADA Padangsidimpuan (Sinta 4) (2023-sekarang). Reviewer Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin (Sinta 3) (2020-sekarang), Reviewer AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam UIN Alauddin Makassar (Sinta 3) (2022-sekarang), Reviewer Jurnal Kajian Gender dan Anak UIN SYAHADA Padangsidimpuan (Sinta 5) (2022-sekarang), Reviewer Jurnal Talitakum IAKN Tarutung (2022-sekarang), Reviewer Jurnal Edu Aksara (2022-sekarang), Reviewer Journal of Integrated
Elementary Education (2023-sekarang), Reviewer Smart: Journal of Multidiciplinary Educational (2023-sekarang), Reviewer Jurnal Mudarrisa UIN Salatiga (Sinta 2) (2024-sekarang), dan Korektor PGSD UPBJJ Universitas Terbuka Medan (2021-2022). Menulis buku ber-ISBN sebanyak 35 judul lingkup sekolah dasar dan 85 artikel ilmiah di jurnal maupun prosiding. Penulis juga pernah menjadi narasumber dan presenter di lingkup nasional sebanyak 27 kali serta internasional sebanyak 7 kali. Penulis juga pernah mendapatkan hibah penelitian Litapdimas Kementerian
Agama Republik Indonesia pada tahun 2018, 2020, 2022, 2023 dan 2024. Penulis pernah menerima penghargaan sebagai Dosen Favorit (2017), Dosen Favorit (2023), Dosen Penulis Buku Terbanyak (2023), Dosen Terproduktif dalam Hibah Penelitian peringkat 1 PTKIN (2023) dan Dosen dengan Sitasi Terbanyak peringkat harapan 1 PTKIN (2023). Penulis telah memiliki Hak Kekayaan Intelektual sebanyak 11 sertifikat. Saat ini penulis aktif sebagai Sekretaris Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah di asosiasi Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia (2023-2027).

Dr. Deny Setiawan, M.Si

S-1 FPIPS IKIP Bandung pada Jurusan PMP-Kn (1992), S-2 pada Program Studi Ketahanan Nasional Universitas Gajah Mada (1998), S-3 pada Program Studi Pendidikan IPS dengan Konsentrasi Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Pendidikan Indonesia. Riwayat organisasi maupun pekerjaan yaitu: Ketua AP3KnI Sumatra Utara (2021-sekarang), Dosen Jurusan PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (1994-sekarang), Tutor Universitas Terbuka (UT) Medan (2002-2021), Korektor UT (2002-sekarang), Ketua Penyunting Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (2009-sekarang), Asesor BAN-PT (2014-sekarang), Evaluator SIAGA (Sistem Informasi Kelembagaan Dikti) (2018-sekarang), Asesor Sertifikasi Dosen (2018-sekarang), Asesor Beban Kerja Dosen (2020-sekarang), Staf Ahli LLDikti (2021-sekarang), Wakil Dekan FIS UNIMED (2016-
2020), Asesor LAMDIK (2022-sekarang), Wakil Direktur I Pascasarjana UNIMED (2022-sekarang).

Dr. Reh Bungana Beru Perangin-angin, S.H., M. Hum

Aktif sebagai dosen di Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial UNIMED sejak tahun 2008, peneliti pada
Pusat Studi Hak Asasi Manusia (Pusham) UNIMED sejak 2019, Asesor Beban Kerja Dosen (BKD), dan anggota SENAT UNIMED. Menyelesaikan pendidikan strata-1 (S1) pada Fakultas Hukum Universitas Sumatra Utara pada tahun 2002. Setahun kemudian melanjutkan studi strata dua (S2) pada Program Magister Hukum Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) dan selesai pada tahun 2005. Menyelesaikan pendidikan strata tiga (S3) pada Program Doktor Ilmu Hukum UGM tahun 2014. Penulis buku maupun artikel ilmiah jurnal, melakukan penelitian, dan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan ilmiah.