Landasan Pendidikan Modern: Integrasi Filsafat, Ilmu, dan Nilai Kemanusiaan

Buku ini disusun untuk membantu mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam memahami dasar-dasar filsafat, psikologi, sosiologi, dan ilmu yang menopang teori serta praktik pendidikan modern.

Integrasi Filsafat, Ilmu, dan Nilai Kemanusiaan

Pendidikan adalah proses panjang yang membentuk manusia menjadi makhluk yang berpikir, berperasaan, dan berakhlak. Dalam pandangan penulis, pendidikan tidak hanya berfungsi mentransfer pengetahuan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai spiritual, moral, dan sosial agar manusia dapat hidup bermartabat. Oleh karena itu, buku ini tidak hanya menyajikan konsep-konsep teoretis dari para pemikir besar seperti Dewey, Piaget, Kant, maupun Al-Ghazali, tetapi juga mengaitkannya dengan konteks pendidikan Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan nilai ketuhanan.

ilmu pendidikan bersifat multidisipliner dan terus berkembang mengikuti perubahan zaman. Maka, dalam buku ini setiap bab dirancang agar pembaca dapat memahami keterkaitan antara teori dan realitas, antara idealisme dan praktik. Harapannya, buku ini menjadi panduan inspiratif bagi generasi pendidik dan pembelajar untuk menumbuhkan pemikiran kritis, rasional, dan beretika dalam menghadapi tantangan pendidikan masa depan.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Daftar Isi 3
Previous
Next

Spesifikasi Buku

Cetakan I, November 2025;  356 hlm, ukuran 14×20 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 150.000

Rp 130,100

Tentang Penulis

Prof. Dr. Agus Suradika, MPd

lahir di Jakarta, 21 Agustus 1962, dikukuhkan sebagai Guru Besar pada tahun 2006. Dia adalah Guru Besar tetap bidang Metodologi Penelitian Sosial di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dia memiliki minat khusus di bidang ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pendidikan, Kebijakan Publik dan Multikultural. Meraih gelar sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (1987), Magister Ilmu Pendidikan, di IKIP Jakarta (1992), dan sebagai lulusan terbaik (cumlaude) dalam meraih gelar Doktor di Universitas Negeri Jakarta (2000). Mengajar di FISIP UMJ, Program Pascasarjana (PPS) Universitas Muhammadiyah Jakarta, PPS Universitas Ngurah Rai Bali dan Tim Penguji Program Doktor Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Pakuan, Bogor. Saat ini menjabat sebagai Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan Pengurus Ikatan Cendekiawan Jakarta (2018-2022).

Prof. Dr. Azhari Aziz Samudra, MSi

lahir di Pekanbaru, 05 Mei 1962, mendapat gelar Guru Besar di tahun 2010, dan merupakan Guru Besar FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dia memiliki
minat khusus di bidang ilmu kebijakan, pendidikan, pemerintahan daerah, kearifan lokal, agama, dan astronomi. Meraih gelar sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (1986), Magister Sains di Universitas Indonesia (1991), dan gelar Doktor di Universitas Indonesia (2008). Mengajar di FISIP UI, Program Pascasarjana (PPS) Universitas Muhammadiyah Jakarta, PPS Universitas Ngurah Rai Bali, PPS Universitas Krisnadwipayana; Tim Penguji Program Doktor Universitas Pasundan, Bandung. Diktilitbang SDM Pengurus Pusat Muhammadiyah, Ketua Dewan Pakar Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PWM Jakarta, Ketua Senat Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan Ketua LP4S. Pernah menjabat sebagai Presiden Asia Pacific Society for Public
Affairs (2014-2017), Direktur Local Government Innovation Center (2018-2022), Dekan Fakultas (2014-2020), dan Pengurus Ikatan Cendekiawan Jakarta (2018-2022). Dia telah memimpin banyak kelompok penelitian yang diterbitkan dalam bentuk buku dan artikel

Prof. Dr. Happy Indira Dewi, S.T., M.T.,

lahir di Madiun, 16 April 1971, dikukuhkan sebagai Guru Besar pada tahun 2024. Sebagai Guru Besar Teknologi Pendidikan di Sekolah Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Jakarta, memiliki minat khusus di bidang ilmu Pendidikan, khususnya Teknologi Pendidikan dan bidang ilmu Teknik khususnya Arsitektur. Gelar Sarjana Teknik (S.T.) dari Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur (1994), gelar Magister Teknik (M.T.) dari Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) Institut Teknologi Bandung (2005), dan meraih gelar Doktor (Dr.) dari
Program Doktoral Teknologi Pendidikan Pa casarjana Universitas Negeri Jakarta (2014). Saat ini sebagai dosen tetap di Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan mengajar di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Teknik Informasi, Pendidikan Olah Raga di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Tim Penguji
Program Doktoral Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Tim Penguji Program Doktoral Universitas Negeri Jakarta.
Karya ilmiah, telah menulis 10 buku, melakukan 17 penelitian di bidang Teknologi Pendidikan, dan mempublikasi 40 artikel di berbagai jurnal nasional dan internasional dan memiliki 13 HaKI.