KABAR DARI TANAH SUCI Catatan 76 Hari Perjalanan Layani Jemaah Haji di Sektor Bir Ali dan Terminal Hijrah 1444 H/2023 Wujudkan Haji Berkeadilan & Ramah Lansia

Buku ini mengeksplorasi kerja sama bilateral Indonesia Thailand dalam dua dekade terakhir dan menganalisis dampaknya pada kedua negara serta pengaruhnya pada stabilitas regional.

Penyelenggaraan ibadah haji

Penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional yang bertujuan memberikan pembinaan, pelayanan dan pelindungan kepada Jemaah haji sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Pemerintah bertekad dan terus berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan haji agar Jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan tertib, aman dan nyaman serta memperoleh predikat haji mabrur yang pada gilirannya berdampak pada tata kehidupan sosial yang baik dan berakhlak mulia.
Untuk mewujudkan hal tersebut, Kementerian Agama RI dalam setiap operasional haji membentuk Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang bertugas memberikan layanan kepada Jemaah haji di seluruh kota-kota perhajian yang meliputi Daerah Kerja Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah dan Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah, Daerah Kerja Madinah, Daerah Kerja Makkah dan Armina.

Salah satu lokus pelayanan Jemaah haji di Daerah Kerja Madinah adalah layanan Jemaah di sektor Bir Ali dan terminal Hijrah. Bir Ali adalah merupakan sebuah tempat miqat bagi Jemaah yang akan melaksanakan ibadah haji maupun umrah dari arah Madinah. Seluruh Jemaah pada gelombang I akan mengambil miqat pada tempat ini Ketika berangkat menuju Makkah setelah menyelesaikan seluruh
rangkaian ibadah selama di Madinah. Sedangkan terminal Hijrah adalah sebuah tempat yang difungsikan sebagai check point bagi Jemaah gelombang II yang datang dari Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah selama berada di Madinah.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Daftar Isi 3
Daftar Isi 4
Daftar Isi 5
Daftar Isi 6
Daftar Isi 7
Daftar Isi 8

Spesifikasi Buku

Cetakan I Agustus 2023 ;  378 hlm, ukuran 14 x 20 cm, kertas isi Bookpaper 57,5 gram, hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 150.000

Rp 135,200

Tentang Penulis

dr. H. Tejo Katon, S.Si, MBA, MM.

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY. Pengalaman tentang perhajian sudah lama beliau tekuni. Mulai sebagai Petugas Kesehatan Haji, menjadi Ketua Regu (Karu) jemaah haji, pernah sebagai Ketua kloter (TPHI) dan terakhir sebagai petugas PPIH Arab saudi.

Banyak organisasi beliau ikuti sampai sekarang, mulai menjabat sebagai Ketua Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia Wilayah (FKAPHI) DIY, Wakil Ketua Umum Bidang Kesehatan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) DIY, Ketua Biro Kesehatan, Sosial, Wanita dan Pembinaan Muallaf Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wilayah DIY, Ketua Badan Pengawas RSU Mitra Paramedika Sleman, Ketua Dewan Pengawas RSIA Samudera Husada Magetan, Pembina Takmir Masjid Al-Fath Seturan Sleman, PERDOKHI, AKHI, Ketua Mitra Husada Sleman, dan masih banyak lagi keaktifan di organisasi. Di luar jam aktif di Kanwil Kementerian Agama DIY pada hari Sabtu.

aktif di kegiatan sosial dengan membina anak-anak yatim-piatu dan dhuafa. Dan membuat inovasi KUYAPADU (KUmpul YAtim PiAtu dan DhUafa), ada sekitar 500 an anak yatim piatu dan dhuafa binaan. Beliau juga penggagas program TEJO (Tetap Edukasi Jalur Online) yang beliau terapkan saat pandemi Covid-19 sampai sekarang sehingga masyarakat dapat mengikuti tipstips sehat melalui media youtube tanpa harus tatap muka. Ia juga aktif menulis buku dan menulis di media cetak.