
Samudrabiru – Buku ini merupakan sajian laporan penelitiandengan judul Pengemban- gan Instrumen Indeks Kinerja Sekolah (IKS) untuk Meningkatkan Sinergitas Kemandirian Mutu dan Inovasi Pengelolaan Sekolah dan merupakan penelitian yang penulis lakukan di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melalui pembiayaan Dana Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) /Badan layanan Umum (BLU) – Lembaga Penelitan (Lemlit) UNG Tahun Anggaran 2015 pada skim Penelitian Berorientasi Pengemba-ngan Produk (PBPP).
Secara umum, penelitian ini dilakukan untuk menyusun dan mengembangkan instrumen Indeks Kinerja Sekolah (IKS) / School Performance Index (SPI) yang akan digunakan untukmenilai pencapaian kinerja sekolah.
Dengan pengembangan dan implementasi instrumen Indeks Kinerja Sekolah diharapkan mampu meningkatkan sinergitas kemandirian mutu dan inovasi pengelolaan sekolah.
Terdapat empat perspektif utama yang tercakup dalam penelitian ini, yaitu: pertama, mendeskripsikan dan memetakan mekanisme penilaian kinerja sekolah yang dilakukan di sekolah. Kedua, mendesain konsep dan mengembangkan Indeks Kinerja Sekolah sebagai instrumen untuk mengukur kinerja sekolah secara menyeluruh.
Ketiga, merumuskan dan implementasi instrumen baik pada sekolah uji coba maupun sekolah lainnya. Perspektif keempatyang akan dicapaidalam penelitian ini adalah menganalisis kemanfaatan in- strumen khususnya dalam pengembangan sekolah.
Laporan penelitian dalam bentuk buku ini secara khusus mendeskripsikan hasil penelitian tentang draft awal instrumen penilaian kinerja sekolahyang telah dikembangkan oleh peneliti. Pengembangan Instrumen Indeks KinerjaSekolah (IKS) ini dilakukan melalui kajian pustaka/literatur dan hasil observasi, wawancara dengan dua sekolah sampel.
Hasil penelitian ini masih berupa draft awal yang perlu dikembangkan lebih lanjut berdasarkan hasil temuan lapangan selama pelaksanaan penelitian.
Penelitian ini telah menghasilkan draft awal Instrumen Indeks Kinerja Sekolah (IKS) melalui penyesuaian terhadap instrumen yang selama ini digunakan oleh sekolah dalam menilai kinerja mereka ditambah dengan beberapa instrumen kinerja: Draft awal IKS ini memuat sebanyak dengan jumlah item pertanyaan sebanyak 193 item pertanyaan mencakup9 aspek dan 31 indikator indeks kinerja sekolah.
Semoga buku yang merangkum hasil penelitian ini dapat memberi kontribusi bagi pengembangan dunia pendidikan, khsusunya peningkatan mutu dan inovasi sekolah melalui penilaiankinerja dengan menggunakan kerangka kerja (framework) Indeks Kinerja Sekolah(IKS) yang telah dikembangkan melalui penelitian ini. (Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc, dalam pengantar bukunya)
Judul Buku : Indeks Kinerja Sekolah Konsep dan Aplikasi Pengukuran Kemandirian Mutu dan Inovasi Pengelolaan Sekolah
Penulis : Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc
Penerbit : Samudra Biru
Cetakan : I November 2016
Dimensi : xviii + 174 hlm, 14 x 21 cm
Harga : Rp