BUKU AJAR PENDIDIKAN IPS SD

Buku ini disusun dengan memperhatikan kurikulum yang berlaku, serta kebutuhan dan karakteristik siswa SD. Di dalamnya, dibahas berbagai topik yang mencakup geografi, sejarah, ekonomi, serta aspek sosial dan budaya yang dihadapi masyarakat Indonesia. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan berbagai contoh soal, latihan, dan aktivitas yang dapat memfasilitasi pemahaman siswa.

MENGAPA EKOLOGI ADMINISTRASI?

Pengajaran IPS bersumber dari masyarakat yang meliputi pertumbuhan, perkembangan,dan kemajuan kehidupan termasuk segala aspek dengan permasalahannya. Dengan demikian, pengajaran IPS tidak akan kehabisan materi untuk dibahas dan dipermasalahkan. Materi tersebut bukan hanya apa yang terjadi hari ini, melainkan juga yang telah terjadi pada masa lampau, dan lebih jauh pada masa yang akan datang. Ditinjau dari lingkup wilayahnya, meliputi apa yang terjadi setempat secara lokal, nasional, regional sampai ke tingkat global. Hal tersebut jadi perhatian dan lahan garapan pengajaran IPS. Ilmu pengetahuan sosial (IPS) dianggap sebagai Ilmu yang mempelajari tentang manusia serta untuk mempolakan sejauh mana manusia itu berhubungan dengan orang lain dalam suatu kelompok. Pada abad ke- 20 ditandai dengan terjadinya perkembangan pesat pada berbagai bidang kehidupan, seperti timbulnya ledakan penduduk, ledakan ilmu pengetahuan, dan ledakan teknologi. Hal menimbulkan
berbagai masalah di dalam masyarakat seperti permasalahan yang menyangkut pengorganisasian antara lain di bidang pemerintahan perundang-undangan, Pendidikan, penyediaan keperluan hidup,
Kesehatan dan kesejahteraan. Ketegangan – ketegangan di dalam masyarakat baik dalam arti psikis maupun fisik (misalnya keseimbangan lingkungan, polusi, dan masalah lalu lintas). 

Masalah pertentangan dan kekaburan nilai akibat dari hal-hal tersebut terjadi gejala kehilangan pandangan menyeluruh, timbulnya spesialisasi yang makin intensif dibidang ilmu pengetahuan Misalnya mengakibatkan ketidakpastian diri terampas rasa identitas individu kehilangan nilai-nilai sosial dan tujuan etis mata pelajaran IPS diperlukan sebagai pengalaman hidup masa lampau dengan situasi sosialnya yang labil memerlukan masa depan yang mantap yang utuh sebagai suatu bangsa yang bulat laju perkembangan kehidupan teknologi dan budaya Indonesia memerlukan kebijakan pendidikan yang seirama dengan laju itu agar output persekolahan benar-benar lebih cocok dan sesuai serta bermanfaat setiap orang akan dan harus terjun ke dalam kancah kehidupan masyarakat sebab itu perlu disiapkan ilmu khusus yaitu IPS dilihat dari pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di mana dunia pendidikan masa lalu tertinggal dibandingkan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat maka IPS diperlukan sebagai wadah ilmu pengetahuan yang mengharmonisasikan laju perkembangan ilmu dan kehidupan dalam dunia pengajaran.

Pandangan seperti itulah yang diharapkan tertanam dalam mentalitas seorang guru di satu sisi ia memiliki idealisme yang kuat untuk pelajar sebagai sosok guru cerdas mampu mencahayai kegelapan
kegelapan wawasan peserta didiknya dan di sisi lain ia adalah sebagai makhluk yang memiliki kepedulian dan dedikasi serta pengabdian yang kuat untuk mengubah kondisi sosial menuju perbaikan mungkin benar kata John dalam karyanya education and power ia tidak sekedar sosok yang memiliki kekuasaan intelektual transformatif dalam pendidikan mengacu pada upaya-upaya kulturasi dan reproduksi formatif yang menganggap belajar dan mengajar sebagai aktivitas politik yang menggugah kesadaran anak didik agar mampu menyingkap penindasan yang ketimpangan yang asimetris antara harapan dan realitas sosial oleh karena itu pendidikan harus meretas batas-batas persekolahan
Sebab IPS mampu melakukan lompatan-lompatan ilmu secara konvensional untuk kepentingan praktis kehidupan yang baru sesuai dengan perkembangan zaman IPS oleh karena oleh para pendirinya
secara sengaja diciptakan dan dibina ke arah menuntun generasi muda mampu hidup dalam alam nya zaman dan lingkungannya dengan bekal pengetahuan yang baru.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1

Spesifikasi Buku

Cetakan I, Desember 2024;  204 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 150.000

Rp 122,400

Tentang Penulis

Dr. Nur Afni, S.Pd.,M.Pd

Penulis menyelesaikan pendidikan di TK Pattola Palallo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone pada tahun 1996; di SD N0. 40 Macope Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone pada tahun 2002; di MTsN 400 Watampone pada tahun 2005; Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, Kecamatan Dua Boccoe, di Kabupaten Bone pada tahun 2008; Strata Satu (S1) DI UNM FIP dengan Program Studi PGSD pada tahun 2012, dan melanjutkan pendidikan di pascasarjana Universitas Negeri Makassar pada Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Kekhususan IPS Ke-SD-an dengan program Magister (S2) pada tahun 2013- 2015; dan menyelesaikan Program Doktor dalam bidang Ilmu Pendidikan di Pascasarjana Universitas Negeri Makassar tahun 2022. Pengalaman mengajar pada tahun 2012 di SD Inpres 5/81 Mallari, Kabupaten Bone, dan pada tahun 2022 mengajar sebagai Dosen Luar Biasa (DLB) PoliteknikIlmu Pelayaran (PIP) Makassar. Penulis merupakan Dosen tetap di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan dan Sastra Universitas Islam Makassar dari tahun 2015 hingga sekarang. Penulis tinggal di PERDOS UNHAS Antang, Jl. Arsitektur 1 Blok D No.53 RT 004 RW 010, Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan

Syarifah Nur Fajrin, S.Pd., M.Pd

Menyelesaikan pendidikan S1 jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Kekhususan Guru Sekolah Dasar di Universitas Negeri Makassar. Tinggal di Jalan Veteran Bakung, Kompleks Bakung Regency Blok E/5 Makassar.

Dr. Abrina Maulidnawati Jumrah, S.Pd.,M.Pd.

Penulis menyelesaikan pendidikan pada tahun 2012, Strata Satu (S1) di Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan program studi PGSD, dan melanjutkan pendidikan di pascasarjana Universitas Negeri Makassar pada Program Magister (S2) Pada tahun 2015. Pada tahun 2021 penulis melanjutkan pendidikan program Doktor di pascasarjana Universitas Negeri Alauddin Makassar program studi Dirasah Islamiyah Konsentrasi Pendidikan dan Keguruan. Penulis merupakan Dosen tetap di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar dari tahun 2015 hingga sekarang. Penulis tinggal di Kabupaten Gowa, Perumahan Amalia Residence Blok A2 No. 7 Provinsi Sulawesi Selatan

Sri Hastati, S.E., M.Pd

menamatkan S1 Ekonomi Akuntansi di Universitas Hasanuddin, kemudian S2 Pendidikan Dasar di Universitas Negeri Yogyakarta.