Buku Ajar Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Digital Marketing 5.0

Buku ini mengintegrasikan pendekatan pemasaran tradisional dengan
konsep Marketing 5.0 serta personalisasi pembelajaran berbasis
Learning Management System (LMS).

Manajemen Pemasaran Jasa

Pemasaran merupakan elemen vital dalam dunia bisnis, yang tidak hanya fokus pada penjualan produk tetapi juga bagaimana menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan. Dalam konteks jasa, pemasaran jasa memiliki tantangan tersendiri karena jasa memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan barang, yaitu tidak berwujud, tidak dapat dipisahkan, bervariasi, dan mudah musnah serta tidak terdapat persediaan. Oleh karena itu, strategi pemasaran jasa menuntut pendekatan yang berbeda dan lebih inovatif.


Berbeda dari pemasaran barang berwujud, pemasaran jasa berfokus pada penawaran yang tidak berwujud dan pada kualitas interaksi yang menciptakan nilai saat layanan diberikan. Barang dapat dilihat, disentuh, dan disimpan sebelum dikonsumsi; jasa umumnya diproduksi dan dikonsumsi secara simultan, sehingga pengalaman layanan menjadi “produk” utama yang dinilai pelanggan. Konsekuensinya, keputusan pembelian barang banyak bergantung pada spesifikasi dan kualitas fisik, sedangkan keputusan pada jasa lebih dipengaruhi reputasi, bukti sosial, dan pengalaman sebelumnya.


Buku ajar ini disusun sebagai panduan pembelajaran dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa, yang diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan pemahaman teoritis dan praktis dalam memasarkan jasa di era digital saat ini. Buku ini mengintegrasikan pendekatan pemasaran tradisional dengan konsep Marketing 5.0 serta personalisasi pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS).

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Daftar Isi 3
Daftar Isi 4
Daftar Isi 5
Daftar Isi 6
Daftar Isi 7
Previous
Next

Spesifikasi Buku

Cetakan I, November 2025;  168 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 150.000

Rp 109,100

Tentang Penulis

Agus Riyanto, dkk