BUKU AJAR KONSEP DASAR IPS SD
Buku ini bisa menjadi referensi bagi dosen, mahasiswa, peneliti dan masyarakat yang tertarik pada isu-isu demokrasi khususnya mengenai politik dinasti di Indonesia.

Perkembangan Pendidikan IPS
Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diperkenalkan sejak Sekolah Dasar dengan tujuan membantu siswa memahami kehidupan sosial di sekitarnya. IPS
mempelajari manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya, baik lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat yang lebih luas. Dengan mempelajari IPS, siswa diajak untuk mengenali berbagai
fenomena sosial, budaya, ekonomi, dan sejarah secara sederhana sehingga mereka mampu memahami bagaimana manusia hidup bersama, bekerja sama, dan saling memengaruhi dalam kehidupan sehari-hari.
Pada tingkat Sekolah Dasar, IPS bukan sekadar teori, tetapi lebih ditekankan pada pengalaman nyata siswa. Siswa belajar melalui pengamatan lingkungan sekitar, pengalaman langsung, serta interaksi
dengan teman, keluarga, dan masyarakat. Misalnya, siswa dapat mempelajari profesi orang tua, kegiatan di pasar atau sekolah, adat istiadat setempat, serta tokoh-tokoh penting dari lingkungan mereka.
Pembelajaran IPS di SD bersifat interdisipliner karena menggabungkan beberapa cabang ilmu sosial, seperti geografi yang mempelajari bumi dan lingkungan, sejarah yang menelusuri peristiwa masa lalu, ekonomi yang mengenalkan kegiatan produksi dan konsumsi, serta sosiologi dan antropologi yang mempelajari interaksi sosial dan budaya masyarakat.
Tujuan utama dari pengajaran IPS di SD adalah menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa terhadap fenomena sosial, sekaligus membentuk sikap sosial yang baik, seperti toleransi, gotong
royong, dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan demikian, IPS tidak hanya membantu siswa memahami dunia di sekitarnya, tetapi juga membekali mereka menjadi warga masyarakat yang cerdas,
peduli, dan mampu berinteraksi dengan baik dalam kehidupan sosial.
Pendekatan pembelajaran IPS di SD menekankan pengalaman langsung, pengamatan, dan kegiatan kontekstual. Siswa diajak belajar dari lingkungan nyata mereka, baik di sekolah, rumah, maupun
masyarakat. Selain itu, pendekatan tematik dan berbasis proyek juga sering digunakan agar siswa dapat menghubungkan ilmu yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari secara menyenangkan dan bermakna. Dengan cara ini, IPS menjadi lebih dari sekadar mata pelajaran; ia menjadi sarana bagi siswa untuk memahami dan menghargai kehidupan sosial serta budaya di sekitarnya.
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!
DAFTAR ISI


Spesifikasi Buku

Cetakan I, September 2025; 142 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.
Harga Buku
Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.
Rp 120.000
Rp 99,500

Tentang Penulis

Dr. Nurhadifah Amaliyah, S. Pd., M.Pd, dkk.
Strata Satu (S1) di Universitas Muhammadiyah Makassar jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), melanjutkan S2 ke Universitas Negeri Makassar pada Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Kekhususan IPS Ke SD an dengan program Magister (S2) pada tahun 2014. Melanjutkan S3 ke Universitas Negeri Makassar pada Program Studi Ilmu Pendidikan dengan program Doktoral (S3) selesai pada tahun 2023. Pengalaman mengajar pada tahun 2009 di SD Muhammadiyah Perumnas Kota Makassar dan sebagai pengajar serta pengelola Lembaga Pendidikan Homeschooling Smart di Kota Makassar pada tahun 2012-sekarang. Saat ini bekerja di Universitas Swasta yang berada di Kota Makassar yaitu di Universitas Megarezky pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky Makassar dari tahun 2014-sekarang.