ENGLISH SPEAKING FOR TOUR GUIDES Culture-Based Materials Integrated with a Learning Management System (LMS)

this book help cultivate confident voices, strengthen intercultural
understanding, and promote sustainable, communitycentred
tourism from Banyuwangi to the world.

Tourism in Banyuwangi

Tourism in Banyuwangi continues to grow alongside the responsibility to protect local wisdom, ecological integrity, and community dignity. This textbook was designed to support those aims by preparing students to speak English as professional, ethical, and culturally sensitive tour guides. Rooted in Banyuwangi’s living heritage, Osing traditions, rituals and festivals, crafts, culinary practices, and mountain ecologies, this book positions English not merely as a language of information, but as a medium of interpretation, care, and service.

The approach is culturebased and digitally supported. Each unit blends practical speaking tasks with content knowledge about place, and is delivered through a Learning Management System (LMS) to
cultivate microlearning habits, reflective practice, and constructive peer feedback. Phrase banks, vocabulary lists, and scenariobased simulations help learners move from memorising words to
performing competent, realworld guiding, from opening a tour and giving safety briefings to handling complaints and communicating sustainability messages.

We are grateful to local communities, guides, artisans, rangers, faculty colleagues, and students whose insights shaped these pages. May this book help cultivate confident voices, strengthen intercultural
understanding, and promote sustainable, communitycentred tourism from Banyuwangi to the world

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Daftar Isi 3
Daftar Isi 4
Daftar Isi 5
Daftar Isi 6
Previous
Next

Spesifikasi Buku

Cetakan I, Desember 2025;  154 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi HVS hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 110.000

Rp 103,900

Tentang Penulis

Saiful Anwar, M.Pd

seorang akademisi dan praktisi pada bidang Pendidikan bahasa Inggris. Dia telah menyelesaikan jenjang S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Jember tahun 2013 dan S2 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Islam Malang 2016. Sejak 2017 dia mengabdikan dirinya sebagai dosen di Untag Banyuwangi dan telah mengajar pada fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan pada program studi Pendidikan bahasa inggris. Mata kuliah yang sering diampu adalah bidang Speaking. Ketekunan dalam mengajar menyebabkan dia lebih penasaran untuk meneliti bagaimana mahasiswa belajar bahasa inggris dan berinovasi untuk menemukan metode yang sesuai dengan materi dan expektasi mahasiswa. Penelitian terbaru tahun 2024 berjudul Utilizing Self-Assessment in Improving Students’ Speaking Skill at spoken English for Survival English Class. Dalam penelitian tersebut dia memberikan keleluasaan dalam menilai diri sendiri dari apa yang telah mereka kerjakan didalam kelas. Selain itu, sesuai dengan tugas dosen, dia melaksanakan pengabdian di berbagai sekolah seperti memberi pelatihan-pelatihan untuk kemajuan dan berdampak pada kuliatas guru.

Rizki Nurfida Pambayun, M.Pd.,

seorang pendidik dan akademisi muda yang produktif di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia memiliki ketertarikan yang kuat pada bahasa dan dunia pendidikan, yang kemudian membawanya menempuh studi di Program Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Jember. Tidak berhenti di situ, ia melanjutkan pendidikan magister di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, dengan fokus penelitian pada penggunaan media boneka (puppet) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa berdasarkan motivasi belajar mereka. Kedua pengalaman studinya membentuk keahliannya di bidang pengajaran bahasa Inggris, khususnya keterampilan menulis (writing), penilaian bahasa, dan pengembangan materi pembelajaran. Sejak 2019, ia mengabdikan diri sebagai dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, mengampu beragam mata kuliah mulai dari Writing Clinics hingga Curriculum and Material Development. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala UPT Pelatihan Pengembangan Profesi (2017–2024), serta aktif menjadi pembimbing akademik, pembimbing lapangan program PPL, dan fasilitator Kampus Mengajar. Dalam bidang penelitian, karyanya meliputi kajian linguistik, sosiolinguistik, pendidikan bahasa, hingga budaya lokal. Beberapa penelitiannya membahas persepsi siswa terhadap tutor bahasa Inggris non-penutur asli, penggunaan simbol dan diksi dalam puisi remaja, hingga makna budaya dalam tradisi dan karya sastra daerah. Karya-karyanya dipublikasikan di berbagai jurnal nasional dan internasional, Di luar kelas, Rizki aktif dalam pengabdian masyarakat. Ia terlibat dalam pelatihan literasi, pendampingan UMKM, pengembangan desain kependudukan daerah, serta pembinaan keterampilan bahasa Inggris untuk komunitas dan pelaku usaha.

Dian Arief Pradana

seorang akademisi dan praktisi pendidikan dengan bidang keilmuan Teknologi Pembelajaran. Pendidikan Sarjana pada proram studi Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Malang lulus tahun 2012. Pendidikan Magister diselesaikan di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Program Studi Teknologi Pembelajaran dan lulus tahun 2014, serta pendidikan doktoral di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang pada Program Studi Teknologi Pembelajaran (TEP) lulus pada tahun 2023. Dengan latar belakang pendidikan dan pengembangan pembelajaran dalam bidang pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan telah membantu mengimplementasikan teknologi dalam pendidikan ke berbagai sektor baik pendidikan formal, informal, sosial, ekonomi, dan pemerintahan daerah.

Imro‘atul Husna Afriani

seorang akademisi di bidang Pendidikan, khususnya pendidikan bahasa inggris, di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Lahir pada tanggal 23 September 1985 di Jember, anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan H. Marhan, S.Sos dan Hj. Zubaidah, S.H., M. Hum yang bertempat di Banyuwangi kota. Menempuh Pendidikan Sarjana pada jurusan Sastra Inggris Di Universitas Jember (UNEJ) dan lulus pada tahun 2009. Kemudian Menyelesaikan Pendidikan Magister di Program Pascasarjana Universitas Islam Malang (UNISMA) pada Program Studi Pendidikan bahasa inggris dan lulus pada tahun 2012. Pengalaman kerja dimulai pada tahun 2012 –hingga sekarang ini dengan menjadi Dosen Di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. pada tahun 2016-2018 diberikan tugas tambahan sebaga KaProdi Pendidikan Bahasa Inggris, Fkip Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Diprodi Pendidikan Bahasa Inggris Imro’atul Husna Afriani juga aktif mengajar sebagai dosen, melakukan penelitian dan pengabdian di bidang pendidikan.

St. Shabibatul Rohmah

Menempuh Pendidikan Sarjana pada jurusan Sastra Inggris di Universitas Jember (UNEJ) dan lulus pada tahun 2009. Menyelesaikan Pendidikan Magister di Program Pascasarjana Universitas Islam Malang (UNISMA) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan lulus pada tahun 2013. Pengalaman kerja dimulai pada tahun 2008 dengan menjadi guru tidak tetap (GTT) di SMK YAPENI Jember dengan menjadi guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan diakhiri pada tahun 2015. Pengalaman kerja selanjutnya adalah menjadi pengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi hingga sekarang. Pada tahun 2021 diberikan tugas tambahan sebagai KaProdi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi sampai dengan sekarang. Di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, ada beberapa mata kuliah yang diampu diantaranya Critical Discourse Analysis, Social Psychology of Language, Academic Reading dan Language Classroom Management. Selain itu, juga mengampu mata kuliah English for Spesific Purpose di luar Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Abd. Rahman

seorang dosen dan praktisi Pendidikan yang menyelesaikan pendidikan Sarjana pada tahun 2009 di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas 17 Agustus
1945 Banyuwangi kemudian melanjutkan studi Magister di bidang yang sama di Universitas Islam Malang dan lulus pada tahun 2012.

Devi Novitasari

seorang dosen dan praktisi pendidikan pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Program sarjana jurusan pendidikan Bahasa Inggris lulus 2009 di Universitas Muhammdiyah Jember. Program magister jurusan pendidikan Bahasa Inggris lulus 2012 di Universitas Islam Malang. Bidang penelitian dan pengabdian nya meliputi Bahasa Inggris untuk anak-anak, teori pemerolehan bahasa, pengembangan bahan ajar untuk anak-anak, kosa kata bahasa Inggris dan Korpora serta Tata Bahasa Inggris Tulis dan Lisan.