lahir di Jorong Pauh, Kenagarian Pauh Kamang Mudik, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, tanggal 16 Oktober 1984. Jenjang pendidikan dasar ditempuh di SD Negeri 35 Pauh Kecamatan Kamang Magek (lulus tahun 2001) dan di SMP Swasta PSM Kota Bukittinggi (lulus tahun 2003). Kemudian melanjutkan jenjang pendidikan menengah di SMK TI Kota Bukittinggi (lulus tahun 2005). Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di STIT Ahlussunnah Bukittinggi dengan Program Studi PGSD Diploma II (lulus tahun 2007). Setelah lulus Diploma II PGSD, melanjutkan pendidikan strata satu (S1) di STKIP Ahlussunnah Kota Bukittinggi dengan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (lulus tahun 2010). Setelah lulus strata satu (S1) melanjutkan pendidikan ke strata dua (S2) di Universitas Negeri Padang (UNP) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (lulus tahun 2015). Pada tahun yang sama, tahun 2015, melanjutkan pendidikan ke Program Doktoral (S3) di Univertas Negeri Padang (UNP) dengan Program Studi Ilmu Pendidikan (lulus tahun 2019).
Model Evaluasi dalam Pembelajaran Kriya di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Buku ini hadir sebagai upaya untuk menjawab kebutuhan praktisi pendidikan, dosen, guru, mahasiswa, serta pemerhati seni dan kriya terhadap model evaluasi yang relevan, kontekstual, dan sesuai dengan perkembangan zaman
Pembelajaran Kriya di Sekolah
Pembelajaran kriya, baik di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi, tidak hanya menekankan pada penguasaan keterampilan teknis, tetapi juga pada pengembangan kreativitas, sikap estetik, serta kemampuan apresiasi seni. Oleh karena itu, model evaluasi yang diterapkan harus mampu mengakomodasi aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif secara seimbang. Kehadiran Kurikulum Merdeka di Indonesia semakin memperkuat urgensi perlunya evaluasi yang autentik, formatif, dan reflektif untuk mendukung pembelajaran berbasis projek dan pengalaman nyata.
Dalam buku ini, penulis menyajikan konsep, strategi, serta praktik model evaluasi pembelajaran kriya yang dapat diaplikasikan pada berbagai jenjang pendidikan. Materi disusun berdasarkan kajian teoretis, hasil penelitian, serta praktik empiris yang telah diadaptasi dengan kondisi pendidikan di Indonesia. Harapannya, buku ini tidak hanya menjadi referensi akademik, tetapi juga sebagai pedoman praktis bagi pendidik dalam merancang, melaksanakan, dan merefleksikan evaluasi pembelajaran kriya secara komprehensif.
semoga buku ini dapat memberikan manfaat nyata bagi dunia pendidikan, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran kriya di sekolah dan perguruan tinggi, serta turut berkontribusi dalam melahirkan generasi kreatif, adaptif, dan berdaya saing tinggi.
“Seni adalah guru terbaik yang mengajarkan kita cara melihat dunia tidak hanya dengan mata, tetapi juga dengan hati.” (Albert Einstein)
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!
DAFTAR ISI
Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Daftar Isi 3
Daftar Isi 4Spesifikasi Buku
Cetakan I, November 2025; 136 hlm, ukuran 15.5X23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.
Harga Buku
Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.
Rp 120.000
Rp 97,200
Tentang Penulis
Dr. Mulyadi, S.Pd., M.Pd
Ade Putra, S.Hum., M.Pd
lahir di Koto Merapak, Kenagarian Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, tanggal 21 April 1989. Jenjang pendidikan dasar ditempuh di SD Negeri 35 Koto Merapak (lulus tahun 2001) dan di SMP Negeri 1 Linggo Sari Baganti (lulus tahun 2004). Kemudian melanjutkan jenjang pendidikan menengah di SMAN 1 Linggo Sari Baganti (lulus tahun 2007). Setelahnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Universitas Andalas dengan Program Studi S1 Sastra Indonesia (lulus tahun 2012). Setelah lulus strata satu (S1) melanjutkan pendidikan ke strata dua (S2) di
Universitas Negeri Padang (UNP) Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia (lulus tahun 2015).