PENDIDIKAN ISLAM HUMANISTIK DI ERA REVOLUSI 5.0

Buku ini mengungkap jejak dahsyat tsunami prasejarah dan modern di pesisir Aceh melalui lensa sains geokimia mutakhir, menawarkan wawasan baru yang penting bagi mitigasi bencana di masa depan.

Landasan Filosofis dan Teologis Pendidikan Islam Humanistik

Buku Pendidikan Islam Humanistik di Era 5.0 hadir sebagai upaya untuk merenungkan kembali esensi pendidikan Islam di tengah derasnya arus revolusi teknologi. Di era di mana interaksi manusia semakin didominasi oleh kecerdasan buatan, kita dihadapkan pada tantangan untuk tidak kehilangan sentuhan kemanusiaan. Buku ini mengajak kita untuk menjelajahi bagaimana nilai-nilai Islam yang humanistik—seperti kasih sayang, keadilan, dan empati—dapat menjadi kompas moral dalam membentuk generasi Muslim yang cerdas secara digital, namun tetap luhur budi pekertinya.
Paradigma pendidikan Islam humanistik memandang setiap individu sebagai subjek yang memiliki potensi unik, bukan sekadar objek yang harus diisi dengan materi pelajaran. Dalam konteks era 5.0, di mana teknologi seperti kecerdasan buatan (AI ) dan big data menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan, pendidikan harus mampu membekali peserta didik dengan keterampilan abad ke-21 tanpa mengorbankan dimensi spiritual dan etika. Buku ini mengulas bagaimana kurikulum dan metode pembelajaran dapat diintegrasikan dengan teknologi canggih, sambil tetap memupuk karakter yang kuat, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, yang semuanya berlandaskan pada akhlak karimah.
Buku ini juga menyoroti peran strategis pendidik sebagai fasilitator yang menginspirasi, bukan hanya sebagai penyampai informasi. Di era 5.0, informasi dapat diakses dengan sangat mudah. Oleh karena itu, tugas guru bergeser dari sekadar mentransfer pengetahuan menjadi membimbing peserta didik untuk memahami, menginternalisasi, dan menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pendidikan Islam humanistik tidak hanya berfokus pada kecerdasan kognitif, tetapi juga pada kecerdasan emosional, sosial, dan spiritual, yang akan menjadi bekal berharga di masa depan yang serba cepat dan tidak terduga.
Penyusunan buku ini merupakan hasil dari proses perenungan, kajian literatur, dan diskusi mendalam mengenai relevansi pendidikan Islam di era 5.0. Kami menyadari bahwa tantangan yang dihadapi sangat kompleks, namun kami percaya bahwa dengan pendekatan yang tepat, pendidikan Islam akan terus relevan dan mampu mencetak individu-individu yang tidak hanya sukses di dunia, tetapi juga memiliki bekal untuk kebahagiaan di akhirat. Buku ini kami persembahkan bagi para pendidik, praktisi pendidikan, akademisi, mahasiswa, dan semua pihak yang peduli terhadap masa depan pendidikan Islam.

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

Daftar Isi 1
Daftar Isi 2
Previous
Next

Spesifikasi Buku

Cetakan I, September 2025;  156 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi Bookpaper hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.

Rp 150.000

Rp 104,600

Tentang Penulis

Prof. Dr. Arief Sukino, M.Ag

Penulis menamatkan pendidikan dasar dari MIN Beung Cala Kuta Baro, SMPN Bueng Cala Kuta Baro Aceh Besar dan STM Negeri 1 Banda Aceh. Penulis
menempuh pendidikan tinggi Sarjana (S1) Fisika di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Syiah Kuala, pasca sarjana (S2) Optoelektroteknika dan Aplikasi Laser Universitas Indonesia, dan doktor (S3) Fiber Amenity Technology di Universitas Fukui, Jepang. Penulis bekerja sebagai peneliti pascadoktor dari Japan Society for
Promotion of Science (JSPS) di Universitas Fukui, Jepang selama 2 tahun (2005-2007) dan peneliti pascadoktor melalui program training and research in Italian laboratory (TRIL) di Pusat Riset Frascati, Roma milik Italian National Agency for New Technologies, Energy and Sustainable Economic Development (ENEA) (2008-2009). Penulis menjadi Sekretaris Jurusan (2011-2015) dan Ketua Jurusan (2015-2019) Fisika FMIPA Universitas Syiah Kuala. Sampai saat ini, penulis telah mempublikasi lebih 100 karya ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi dan prosiding konferensi internasional terindeks global dalam topik utama spektroskopi
plasma laser (laser induced breakdown spectroscopy, LIBS). Selain itu, hasil-hasil penelitian yang diperoleh telah dipresentasikan dalam berbagai konferensi dan seminar ilmiah baik pada lingkup nasional maupun internasional. Penulis telah memulai sejak 2016 dan telah menjadi pioneer penggunaan LIBS untuk analisis sedimen tsunami

Dewi Evi Anita

Menyelesaikan S1 di Fakultas Tarbiyah (1999), melanjutkan S2 (2004), Perguruan Tinggi keduanya di tempat yang sama IAIN Walisongo Semarang, dan tahun 2015 menyelesaikan S3 di UIN Walisongo Semarang. Saat ini menjadi dosen di Universitas Wahid Hasyim Semarang. Karya ilmiah yang pernah ditulis diantaranya, saat jenjang S1 menulis Skripsi dengan judul Pengaruh Etos Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Santri di MAKN Surakarta Tahun 1998/1999. Sedangkan saat S2, menulis Tesis dengan judul Kepribadian Santri (Studi Kasus di Pesantren APIK Kaliwungu Kendal). S3 menulis Desertasi tentang Implementasi Wajar Dikdas Di Pondok Pesantren Salafiyah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Salafiyah Apik Kaliwungu Dan Darul Falah Kudus). Tahun 2006 mendapatkan bantuan penelitian individu dari UNISMA Malang dan DIKTIS Depag tentang “Persepsi Keluarga Muslim Terhadap Tayangan TV Dikaitkan dengan Pembentukan Kepribadian Anak”. Tahun 2013, mendapat bantuan penelitian individu dari DIPA Kopertais Wil X Jateng tentang “Studi Kasus Peran Perempuan Pada Sektor Domestik dalam Keluarga Miskin di Desa Ketro Karangrayung Grobogan”. Selain itu pernah menulis makalah dalam Jurnal Istiwa SETIA Walisembilan Semarang tentang Studi Islam dengan Pendekatan Psikologi (2007), dan tentang Eksistensi Pesantren: Format Pendidikan Islam Ideal (2010). Tahun 2014, menulis tentang Walisongo Mengislamkan Tanah Jawa dalam jurnal Wahana Kopertais Wilayah X. Tahun 2023 menulis bersama Konsep Dan Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tahun 2024 menulis Implementasi Ekstrakurikuler Berbasis Agama dalam buku Ujung Tombak Pendidikan Islam dalam Menyiapkan Indonesia Emas 2024. Tahun 2025 menulis tentang Budaya Organisasi Sebagai Motivasi Meningkatkan Kinerja Guru dalam buku Ilmu Komunikasi, Sosiologi Dan Psikologi Dalam Menyongsong Indonesia Emas.

Dr. H. Muhammad Ja’far Nashir, M.Ag. FSP., C.T., CLSP.

seorang akademisi dan praktisi pendidikan Islam yang lahir di Demak pada 28 Juli 1972 Putra dari KH. Abdul Wahid Anwar, BA (Alm) dan Ibu Siti
Mu’awanah. Saat ini, beliau menjabat sebagai Lektor di Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta. Pendidikan yang pernah dilalui adalah; MI Riyadlotul Ulum, MTs Nurul Huda dan MA Yasu’a Demak, Pendidikan Pesantren adalah Ponpes Riyadlotul Ulum Demak, Ponpes Raudlotul Qur’an Demak, Pesantren Raudlotul Quran Kwaron Grobogan, sedang Pendidikan Tinggi; S1 di STAIN Salatiga, S2 IAIN Walisongo Semarang, hingga S3 Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta dengan fokus pada Pendidikan Agama Islam. Beliau aktif dalam berbagai kegiatan akademik, baik sebagai dosen, peneliti, penulis, maupun pembicara dalam berbagai seminar ilmiah. Sejumlah karya ilmiahnya telah dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan buku-buku bertema pendidikan Islam, diantaranya adalah Telaah Kurikulum: Teori dan Pengembangannya. Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Metode Mengajarkan Akhlak Kelas VII. Metode Mengajarkan Akhlak Kelas IX. Belajar Bersama Alam. Bersama Alam Kembangkan Peserta Didik. Metode-metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dan lain-lain. Selain kiprah akademik, Dr. M.J. Nashir yang sering di panggil Dr. Nawa dikenal sebagai tokoh penggerak sosial dan keagamaan, dengan aktif dalam berbagai organisasi seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum KBIHU Propinsi Jawa Tengah dan Kab. Karanganyar, Owner Rumah Riset Karanganyar, Owner Rumah Qur’an Nurul Iman Karanganyar, Owner Pesantren lansia Nurul Iman dan Ketua Yayasan Alam Anak Pintar Karanganyar yang beliau dirikan dan asuh. Komitmennya terhadap pendidikan karakter, kerukunan umat beragama, serta pengembangan pembelajaran Islam menjadikan beliau sebagai sosok yang berpengaruh dalam dunia pendidikan Islam kontemporer.

Dr. Nurlaili, M. Pd.I

Saat ini ia menjadi pengajar di IAIN Bengkulu. Tinggal di Jalan Hibrida Ujung Gg. Tirta Dewa 4 RT. 10 RW. 02 Pagar Dewa.

Fadil

Ia adalah anak pertama dari dua bersaudara. Menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di Tegowanu dan Gubug, Grobogan, serta lulus Madrasah Aliyah pada tahun 1986. Gelar Sarjana (S1) diraih dari Institut Islam Walisembilan Semarang (sekarang STAI Walisembilan) pada tahun 1995 di bidang Peradilan Islam. Gelar Magister Agama diperoleh dari IAIN Walisongo Semarang (2005), dan gelar Doktor dari Universitas Negeri Yogyakarta pada Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (2021). Fadil menikah dengan Rahayu Asih, guru di MTsN 1 Grobogan, dan dikaruniai empat anak. Ia memulai karier sebagai guru di berbagai MA dan MTs di Grobogan, lalu menjadi dosen di STAI Walisembilan Semarang sejak 2005. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan PAI, Kepala Unit Pengembangan Sumber Belajar, serta Ketua STAI Walisembilan periode 2015–2020. Selain aktivitas akademik, Fadil aktif di organisasi keagamaan. Ia pernah menjadi pengurus PC Ma’arif NU Grobogan, dan kini menjabat di MUI Kecamatan Tegowanu, Ketua DMI Cabang Tegowanu, serta Ketua LPTNU Cabang Grobogan

Dr. Leliy Kholida, S.Pd I., M.Ag.

Penulis adalah dosen tetap pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari. Menyelesaikan
pendidikan S1 pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2008 dan melanjutkan S2 pada Program Studi Magister Studi Islam Konsentrasi Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta menyelesaikan pada tahun 2014, serta melanjutkan jenjang
doktor pada Program Studi Islam Konsentrasi Kependidikan Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelesaikan pada tahun 2022. Penulis menekuni bidang Menulis jurnal dan Buku. Jurnal dalam kurun waktu lima tahun terakhir yaitu Interferensi Berbahasa Arab di Sosial Media
terbit di JET: Journal Of Education and Teaching Vol.2 No.2 Tahun 2021, Proses Inovasi Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Kendari terbit di Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol: 12/No.: 02 Mei 2023, Encourage The Participation of The Community in The Sustanable Education Project: Towards Human Resource Empowerment terbit di Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) vol. 6 No.2 Tahun 2024