Tafsir al-Asraar

Kitab ini termasuk tafsir temarik (maudhu’i), sehingga dalam penyajiannya menggunakan tema-tema tertentu. Bagi yang waktunya terbatas, tafsir tematik sangat menguntungkan karena beberapa ayat yang mendukung tema tersebut, sekaligus ikut terbahas. Cocok untuk bahan kultum dan pengajian.

Tafsir Tematik untuk Bahan Kultum dan Pengajian

Hadirnya Tafsir Al-Asraar ini perlu mendapatkan apresiasi. Dengan bahasa yang sederhana dan lugas, kiranya mudah untuk dimengerti oleh masyarakat yang ingin memahami rahasia dibalik makna (al- asraar) dari al-Quran. Meskipun sudah ada beberapa kitab tafsir untuk masyarakat umum yang mudah dipahami, seperti Tafsir Al-Ibriz Karya Al-Maghfurulah KH. Bisri Mustofa dalam bahasa jawa dengan huruf arab pegon, namun saat ini masih belum banyak kitab tafsir dalam bahasa indonesia untuk kalangan awam.

Sebagai orang yang pernah mengajar penulis pada program pasca sarjana prodi pemikiran hukum Islam, sangat memaklumi keterbatasan penulis karena secara formal bukan sarjana ilmu agama dan bahkan sarjana kimia. Penulis berbekal pada pendidikan non formal (Pesantren Salaf ) dan madrasah diniyah di daerah asalnya (Rembang) serta pengalamannya memberikan pengajian kepada masyarakat umum, diharapkan menjadi modal yang besar dalam menulis kitab ini.

Kitab ini termasuk tafsir tematik (maudlu’i), sehingga  dalam penyajiannya menggunakan tema-tema tertentu. Bagi yang waktunya terbatas, tafsir tematik sangat menguntungkan karena beberapa ayat yang mendukung tema tsb. sekaligus ikut terbahas. Bila menggunakan cara berurutan, lewat urut-urutan surat dan ayat,  diperlukan waktu yang lama dan itu menyulitkan serta bisa membuat jenuh.

Dari segi metodologi dan isi, kitab ini sudah cukup memadai untuk ukuran yang ditujukan kepada pembaca masyarakat umum dan memang tidak dimaksudkan untuk melayani kalangan akademisi atau kajian ilmiah. Kitab Tafsir ini sangat cocok untuk bahan kultum atau pengajian umum. Meskipun uraiannya singkat dan sederhana, namun sudah memenuhi kaidah-kaidah dalam penafsiran al-Quran. Demikian pula dalam penafsiran tidak condong kepada madzhab tertentu dan terlihat ada upaya untuk seobyektif mungkin.

Keberanian untuk menulis Kitab Tafsir ini, mudah-mudahan mendapatkan ridla dari Allah SWT dan menambah khazanah corak tafsir di Indonesia.

 

(Prof. Dr. HM. Amin Abdullah Guru Besar dan Mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam pengantar bukunya)

Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!

DAFTAR ISI

  1. Jalan yang Lurus
  2. Makna Shalawat
  3. Poligami
  4. Rasulullah SAW
  5. Keutamaan Ibu
  6. Melampaui Batas dalam Beragama
  7. Istidraj
  8. Sujud dan Jenisnya
  9. Syafa’at Rasulullah SAW
  10. Masalah Riba
  11. I’jaaz Al-Quraan
  12. Akselerasi Untuk Akhirat
  13. Peristiwa di Padang Mahsyar
  14. Qudwah Sang Pemimpin
  15. Dosa dan Ragamnya
  16. Shalat Khusyu’
  17. Obat Penyakit Hati
  18. Fiqih Air (1): Sarana Ibadah
  19. Entropi dalam Perspektif Alquran
  20. Haji dan Badal Haji
  21. Kaya dan Cukup
  22. Kriteria Haji Mabrur
  23. Kontroversi Makna Milk Al-Yamin
  24. Keadaan Hati
  25. Hak dan Kewajiban Suami-Isteri

26. Keluh Kesah Manusia
27. Janji Allah Kepada Orang Yang Bertakwa
28. Makna Rezeki dan Jalannya
29. Ikhlas dan Tingkatannya
30. Tujuan Hidup Manusia
31. Makanan Halal – Haram
32. Sikap Menghadapi Wabah
33. Hikmah Sakit
34. Sahabat-Sahabat Neraka dan Surga
35. Penyesalan Tak Berguna
36. Hikmah Kisah Yusuf As
37. Makna dan Hikmah Tawakal
38. Menjaga Lisan
39. Shalat Jum’at
40. Keutamaan Istighfar
41. Keutamaan Taubat
42. Do’a dalam Perspektif Al-Quran
43. Permusuhan Kepada Setan
44. Rumah Ideal Menurut Islam
45. Besi, Ayat Qauliyah dan Kauniyah
46. Kisah Para Penghuni Gua (Ash-Haabul Kahfi)
47. I’tikaf di Masjid
48. Hak-Hak dan Rukhshah Bagi Manula
49. Fiqih Air (2) :Sumber Dan Fungsi
50. Fiqih Air (3) :Pengelolaanya

Spesifikasi Buku

Cetakan I Juli 2020; vii + 230 hlm, ukuran 14 x 20 cm, kertas HVS 70 gram hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.

Harga Buku

Harga di bawah ini adalah belum termasuk ongkos kirim. Harga dapat berubah sewaktu-waktu mempertimbangkan stock buku yang ada. Pesan sekarang juga sebelum kehabisan stock!

Rp75.000

Rp50.000

Tentang Penulis

Drs. H. Asrori, M.A.

Drs. H. ASRORI, MA. Dilahirkan di Rembang tgl 23 September 1959. Pendidikan agama diperoleh langsung dari kakeknya, KH. Khambari, Pimpinan Al-Ma’had Hidayatul Mubtadiin, Pragen Pamotan Rembang Jawa Tengah, ditambah dengan sekolah madrasah diniyah. Juga sering tukar pikiran dengan pamannya, KH.Achmad Thaha, seorang tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Sewaktu SMA mengikuti pengajian Al-Maghfurulah KH. Bisri Musthafa (Ayahanda DR. HC. KH. Musthafa Bisri), Pimpinan Al-Ma’had Raudlatuth Thalibin Rembang.

Pendidikan umum, SD Negeri (1966-1971) dan SMP Negeri (1972-1974) diselesaikan di kampungnya, kemudian melanjutkan ke Jurusan Paspal/IPA SMA Negeri 1 Rembang (1975-1977). Gelar Sarjana Muda dan Sarjana Lengkap di raih dari Jurusan Pendidikan Kimia IKIP Yogyakarta/UNY (1978-1985), sedangkan gelar Magister Agama di peroleh dari Jurusan Hukum Islam UMY (2001-2003). Pengalaman mengajar, pernah menjadi Dosen Kimia FKIP UMS (1985-1990), Guru Kimia di berbagai SMA/SMK di DIY (1981-2019). Sebagai Muballigh : Khatib Jum’at/Ied, Pengajian-pengajian, Kajian Tafsir pada kelompok Al-‘Aziziyyah, Al-Muhtadin, Al-Mizan, Safinaturrahmah, Jam’iyyatul Hujjaj, Nurul Fajri dll.

Pengalaman organisasi, sewaktu mahasiswa pernah sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia (1979-1983), Ketua HMI Komisariat FPMIPA (1979-1980), Litbang HMI Cabang Yogyakarta (1980-1981). Di masyarakat pernah sebagai Ketua Remaja Masjid (1982-1983), Ketua RW (1996-2008), dan Ketua Ta’mir Masjid (1998-sekarang).