Tentang Kami

Samudra Biru dengan visi Menyebarkan Ilmu Pengetahuan, berdiri sejak bulan Mei 2010. Kini berbadan hukum CV (CV. Samudra Biru). Samudra Biru bergerak sebagai Penerbit, Percetakan, Publishing/Printing on Demand (PoD), pelatihan, asistensi jurnal ilmiah, dan lainnya. Menjamurnya keberadaan penerbit dan produk cetakan berupa buku melahirkan persaingan dan kompetisi yang tidak sehat laksana samudra merah (red ocean). Sebagai penerbit, Samudra Biru hadir dengan menyerap semangat bisnis blue ocean, sebuah bisnis tanpa persaingan. 

Dengan senantiasa menjaga kualitas isi, tema yang memenuhi kebutuhan masyarakat, dan memberikan pelayanan yang memuaskan, Samudra Biru hadir untuk mewujudkan semangat bisnis blue ocean. 

Penerbitan 
Layaknya penerbit pada umumnya, Samudra Biru menerima naskah-naskah buku fiksi maupun non fiksi yang berkualitas, bervisi "menyebarkan ilmu pengetahuan," dan memiliki daya serap pasar yang baik. Tema naskah melingkupi : sosial, pendidikan, politik, budaya, agama, kedokteran, dan lain-lain. Membuka kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dengan mengirimkan naskahnya. Naskah yang dinyatakan diterima, akan diterbitkan dengan skema royalti. Royalti sebesar 10% diberikan setiap bulan kepada penulis sesuai dengan laporan penjualan buku. 

Percetakan 
Samudra Biru menerima pesanan cetak, khususnya berupa buku. Pelayanan percetakan disesuaikan dengan kebutuhan pemesan dan tidak menentukan minimum order. 

Publishing on Demand (PoD) 
PoD memberikan pelayanan yang lebih dibandingkan dengan Printing on Demand. Printing berada dalam layanan Publishing. Sudah banyak pelayanan jenis Print on Demand. Namun, tidak melayani kebutuhan pra cetak (ISBN, layout, desain dan editing) sebagaimana dalam Publishing on Demand. 

Layanan PoD Samudra Biru menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin menerbitkan buku sesuai dengan kebutuhannya. Layanan PoD mencakup tahap pra cetak hingga tahap cetak. Mulai dari satu (1) eksemplar hingga jumlah yang tidak terbatas. Publishing on Demand merupakan salah satu jenis pelayanan yang paling laris dan banyak diminati oleh masyarakat. 

Tidak sedikit dosen, peneliti maupun peminat buku lainnya yang sudah menggunakan jasa ini. Biasanya mereka ingin menerbitkan buku untuk keperluan kenaikan pangkat, laporan penelitian, ataupun keperluan akademik lainnya. Mereka memerlukan buku agar diterbitkan dalam jumlah sesuai dengan keinginannya. Walaupun satu (1) sebagai dummy penerbit melayani itu. Bahkan hingga jumlah yang tidak terbatas. Telah banyak kalangan yang memanfaatkan jasa pelayanan ini, seperti dosen di Universitas Muhammadiyah Malang, pegawai di kementerian agama, dosen di Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, PNS di Bangka Belitung, Dosen di STKS Bandung, STIE Muhammadiyah Cilacap, Universitas Paramadina, dan seterusnya. 

Penerbit juga telah banyak melakukan kerjasama dalam program penerbitan buku. Seperti dengan STIKES Samarinda, STIE Muhammadiyah Cilacap, STKS Bandung, CSR Agro Harapan Lestari, Kementerian Sosial dan bahkan dengan University Sains Malaysia. Penerbit terus membuka kesempatan banyak pihak dalam melakukan kerjasama penerbitan buku. 

Pelatihan dan Pendampingan 
Tidak sedikit dari masyarakat yang bermimpi bisa menulis buku. Namun, tidak banyak diantara mereka yang mampu melakukannya. Samudra Biru bersedia memberikan pelatihan ataupun pendampingan menulis sesuai dengan kebutuhannya. Samudra Biru juga mendorong insan-insan pecinta buku untuk bisa menerbitkan bukunya sendiri melalui aktivitas Self Publishing. Bahkan, setelah menerbitkan buku Self Publishing: Kupas Tuntas Rahasia Menerbitkan Buku Sendiri (2010), banyak yang sudah terpapar ‘virus’ Self Publishing. Samudra Biru terbuka memberikan pendampingan bagi para Self Publisher. 

Network Marketing 
Dalam pemasaran buku-bukunya, Samudra Biru telah memiliki jaringan pasar yang memadai. Jaringan pemasaran bertaraf nasional meliputi : toko buku Gramedia, Togamas, Gunung Agung dan jaringan toko buku terkemuka lainnya di seluruh Indonesia. Pengguna layanan PoD dapat memanfaatkan jaringan pasar ini untuk mempublikasikan hasil karyanya secara massif. 


Office: 
Jln. Jomblangan Gg. Ontoseno
Blok B No 15 RT 12/30
Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55198
Telp. (0274) 9494 558/0813-2752-4748/0877-3986-0988
BBM: 2B188987 WhatsApp 0815-7888-4745
Email/FB : psambiru@gmail.com

Terima kasih semoga bermanfaat