ELECTRIFYING LIFESTYLE MASYARAKAT URBAN
buku ini berupaya memetakan probabilitas electrifying lifestyle pada masyarakat urban.

KONVERSI ENERGI
Penyediaan dan pengelolaan energi yang efisien untuk kehidupan masyarakat merupakan amanat rakyat yang menjadi tanggung jawab lembaga pemerintah. Perubahan kebijakan konsumsi energi nasional mempertimbangkan ketersediaan sumber daya alam dalam negeri, kekuatan finansial, dan perkembangan teknologi pengolahan energi primer. Ketersediaan energi listrik menjadi program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan energi di Indonesia. Namun demikian, tingginya permintaan tambah daya konsumen listrik pada sistem Jawa Bali tidak menurunkan konsumsi gas LPG rumah tangga.
Berangkat dari realitas inilah, buku ini berupaya memetakan probabilitas electrifying lifestyle pada masyarakat urban. Model conversion intention dikembangkan dengan mengintegrasikan Technology Acceptance Model dan Value-based Adoption Model yang melibatkan perceived convenience (kenyamanan yang dirasakan) berorientasi waktu.
Buku ini juga mencoba mengungkap relasi antara perceived usefulness (kegunaan yang dirasakan), perceived ease of use (kemudahan penggunaan yang dirasakan), dan kenyamanan yang dirasakan terhadap niat konversi dengan mempertimbangkan perceived alternative value dan biaya konversi. Pendekatan berbeda yang mengintegrasikan nilai konsumsi sebagai pembentuk nilai alternatif diprediksi mampu meningkatkan niat konversi Buku ini berupaya menyajikan sejumlah realita perilaku konsumen listrik rumah tangga pada area pelayanan Jakarta Raya (Jabodetabek) dengan daya tersambung minimal 1300 VA yang masih yang menggunakan gas elpiji untuk memasak sehari-hari. Adapun, pokok bahasan buku ini adalah paparan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi niat masyarakat urban beralih dari LPG ke listrik sebagai energi memasak.
Dalam proses akhir penulisan buku ini, penulis menemukan bahwa nilai alternatif yang dirasakan, manfaat yang dirasakan, dan kenyamanan yang dirasakan berpengaruh terhadap niat konversi. Namun demikian, kemudahan penggunaan kurang bermakna terhadap niat konversi.
Dapatkan Bukunya Sekarang Juga!
DAFTAR ISI


Spesifikasi Buku

Cetakan I, April 2024; 134 hlm, ukuran 15,5 x 23 cm, kertas isi HVS hitam putih, kertas cover ivory 230 gram full colour, jilid lem panas (soft cover) dan shrink bungkus plastik.
Harga Buku
Sebelum melakukan pembayaran, cek ketersediaan stock kepada admin. Jika buku out of stock pengiriman membutuhkan waktu – 3 hari setelah pembayaran.
Rp 150.000
Rp 96,400
Tentang Penulis

Dr. Hilda Hilmiyati-Mas’adah
Di usianya yang terbilang seksi (sèket siji/dalam bahasa Jawa berarti lima puluh satu), Hilda masih bersemangat menimba ilmu dan menyelesaikan program doktoral manajemen di Universitas Brawijaya kampus Jakarta tahun 2024. Perlu tekad kuat untuk kembali belajar setelah lebih dari duapuluh tahun lulus program magister di Sekolah Tinggi Manajemen PPM. Di sela-sela kesibukannya mengabdi di BUMN penyedia listrik, Hilda meneliti fenomena bisnis di industri ketenagalistrikan dari sudut perilaku konsumen. Ini adalah buku pertama yang alhamdulillah dapat terbit berdasarkan penelitian yang pernah dijalankan. Tulisan ilmiah lainnya yang telah disusun oleh insinyur teknik kimia Universitas Gadjah Mada ini bisa ditemukan secara open access.