Samudrabiru – Bidang keterampilan berbahasa Indonesia, khususnya di jenjang Sekolah Dasar (SD), telah lama diperhatikan, ditekuni, dan diteliti oleh sejumlah pihak, termasuk para dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
Hanya saja, bahan bacaan atau referensi yang mendukung bidang tersebut masih langka, apalagi yang disertai dengan teknik-teknik inovatif dan ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan bersifat aplikatif di kelas.
Buku ini, menurut hemat saya, dapat menjadi bahan bacaan alternatif bagi para mahasiswa PGSD yang ingin menekuni bidang keterampilan berbahasa Indonesia SD. Salah satu keunggulan yang dapat saya ungkapkan di sini ialah munculnya teknik-teknik inovatif dalam nama-nama yang unik, nyeleneh, atau konyol.
Terlepas dari itu, saya yakin, teknik-teknik inovatif itu menunggu untuk dielaborasi lebih lanjut dalam wujud penelitian ilmiah berupa skripsi (S-1), tesis (S-2), dan disertasi (S-3).
Bagi seorang guru SD (juga guru di jenjang-jenjang berikutnya, termasuk dosen di perguruan tinggi), inovasi merupakan kata kunci guna meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Tanpa itu, sulit rasanya bisa meningkatkan mutu pembelajaran secara optimal.
Jadi, pembelajaran mata pelajaran apapun akan meningkat apabila diberikan sentuhan inovasi oleh guru. Akhir kata, semoga buku ini bermanfaat bagi para mahasiswa PGSD selaku peserta mata kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia, dan selanjutnya dapat dipakai saat kalian mengajar di SD nanti.
Semoga buku ini bukan menjadi “terminal akhir” dalam berkarya dan berinovasi. Selamat dan sukses! (Sudaryanto, M.Pd. Dosen Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa IndonesiaFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Ahmad Dahlan)
Judul Buku : 30 Teknik Inovatif Keterampilan Berbahasa SD
Penulis : Eko Wisudawan, dkk.,
Penerbit : Samudra Biru
Cetakan : I Januari 2016
Dimensi : x + 62 hlm, 16 x 24 cm
Harga : Rp