Penyakit Surra pada Hewan dan Ternak

https://3.bp.blogspot.com/-UuZCXB-UIDg/Wl8OuOWnJ8I/AAAAAAAABec/Rpu3k6nlIQc0OZzla1IfgAxTdlwythS_gCLcBGAs/s72-c/IMG_20180117_155032.jpg click to zoom
Ditambahkan 00.51
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp. @ Trypanosoma evansi adalah parasit protozoa yang biasa berparasit pada hewan dan ternak khususnya sapi, kerbau,...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Penyakit Surra pada Hewan dan Ternak




















Rp. @

Trypanosoma evansi adalah parasit protozoa yang biasa berparasit pada hewan dan ternak khususnya sapi, kerbau, kuda dan rodensia. Parasit ini hidup dalam plasma darah dan cairan jaringan vertebrata, hanya beberapa bisa hidup dengan masuk (menginvasi) sel. Penularan T. evansi ini oleh arthropoda penghisap darah seperti Tabanus sp., Stomoxys sp., Haematobia sp dan beberapa spesies lalat lain secara mekanik (langsung) dan biologik. Protozoa yang dapat menyebabkan penyakit yang dinamakan penyakit Surra ini banyak dijumpai di daerah tropis, yaitu Afrika, Timur Tengah, India, Cina, Asia Tenggara dan Amerika Latin.
Penyakit Surra dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang tidak sedikit setiap tahunnya. Mengingat arti penting dan distribusinya yang demikian luas tersebut, telah banyak dilakukan kajian tentang T. evansi dari berbagai aspek. Kerugian yang lain juga teramati seperti penurunan produksi, pertumbuhan yang terhambat dan jika tidak diobati dapat mengakibatkan kematian. Penyakit Surra ini menimbulkan dampak yang luas pada hewan ternak di Indonesia. Namun mengingat kurangnya data secara nasional yang akurat terkait data-data epidemiologis, maka sulit untuk memperhitungkan dampak ekonomi pada ternak akibat penyakit Surra di Indonesia.
Buku ini penting sebagai referensi bagi para dokter hewan, mahasiswa kedokteran hewan, peternakan, biologi, pengambil kebijakan, peternak, pengusaha dan masyarakat luas yang ingin mengetahui masalah Trypanosoma dan penyakit Surra di Indonesia. Sehingga harapannya apabila terjadi wabah di daerah-daerah endemik, dapat ditanggulangi dengan baik. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembangunan peternakan dan kesehatan hewan di Indonesia serta memperkaya khazanah dunia ilmu pengetahuan. (Penulis dalam pengantar bukunya)
IDENTITAS BUKU
Judul               : Penyakit Surra pada Hewan dan Ternak
Penulis            : Wisnu Nurcahyo
Penerbit          : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan          : I, Desember 2017
Dimensi          :  viii + 208 hlm. ; 15,5 x 23 cm.


Komentar