Buku Pintar CSR (Corporate Social Responsibility)

https://2.bp.blogspot.com/-AXSmSMg06QY/WhOXpKrQd6I/AAAAAAAABUo/l2dll4wRL4Y-39bA8uAgXvqawHpokUAFwCLcBGAs/s72-c/IMG_20171121_095037.jpg click to zoom
Ditambahkan 19.00
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp. @ Buku Pintar CSR ( Corporate Social Responsibility ) ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mulai dari mahasiswa, a...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Buku Pintar CSR (Corporate Social Responsibility)




















Rp. @

Buku Pintar CSR (Corporate Social Responsibility) ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mulai dari mahasiswa, akademisi, aparatur pemerintah, para pemberdaya masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan khususnya pegawai perusahaan pengelola CSR yang menginginkan panduan/acuan pengelolaan CSR yang ringkas namun lengkap, mudah dipahami dan implementatif. Buku ini merupakan pengembangan dari Buku Panduan Praktis Pengelolaan CSR ditulis Rahmatullah dan Trianita Kurniati, diterbitkan oleh Samudra Biru Tahun 2011, di mana sebagian bab dituliskan kembali dalam buku ini.
Saat ini CSR sudah menjadi bagian kebutuhan perusahaan dalam menjamin keberlanjutan bisnisnya. Terdapat dua indikator yang menunjukkan CSR telah menjadi unsur penting perusahaan. Pertama, pada perusahaan multinasional, nasional dan BUMN, CSR sudah menempati struktur organisasi baik level manager, hingga direktur yang bertanggungjawab kepada direksi maupun komisaris. Hal ini menunjukkan bahwa CSR bukan pelengkap/ tempelan pada divisi atau departemen yang baru dibentuk jika memperingati ulang tahun perusahaan maupun ketika ada kejadian luar biasa. Kedua, peraturan terkait CSR juga kian lengkap, di antaranya diatur dalam Peraturan Menteri BUMN, Undang-Undang Perusahaan Terbatas, Undang-Undang Penanaman Modal, Undang-Undang Minyak dan Gas Bumi, Peraturan Pemerintah tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, serta secara global dalam ISO 26000. Di era otonomi daerah beberapa Kabupaten/ Kota dan Provinsi menerbitkan Perda pengelolaan CSR. Kondisi tersebut, menjadi tantangan bagi perusahaan untuk menjalankan CSR lebih profesional.
Terdapat aneka referensi yang membahas CSR terutama mengenai sejarah, perkembangan, teori maupun praktik di negara maju. Namun demikian buku-buku yang ada saat ini berbeda konteksnya dengan kondisi di Indonesia, selain juga masih terbatas dalam aplikasi. Buku ini didesain sederhana, ringkas dan aplikatif, membahas langsung praktik pengelolaan CSR, yang terbagi ke dalam 8 bab, di antaranya: Bab I Definisi dan Ruang Lingkup CSR, Bab II Peraturan Terkait CSR, Bab III Klasifikasi dan Model Pengelolaan CSR, Bab IV Visi, Misi, Struktur Organisasi dan SDM Pengelola CSR. Bab V Standar Administrasi CSR, Bab VI Tahapan Pelaksanaan CSR, Bab VII Kemitraan CSR dengan Pemangku Kepentingan, dan Bab VIII membahas tentang Social Return On Investment (SROI). Semoga ikhtiar melalui buku ini menjadi alternatif referensi pengelolaan CSR, agar keberlanjutan perusahaan dan kontribusi kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan dapat berjalan dengan baik. (penulis dalam pengantar bukunya)

IDENTITAS BUKU
Judul               : Buku Pintar CSR (Corporate Social Responsibility)
Penulis            : Rahmatullah
Penerbit          : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan          : I, Oktober 2017
Dimensi          : xvi + 140 hlm. ; 14 x 20 cm.


Komentar