Praktik Pekerjaan Sosial di Tengah Modernitas

https://4.bp.blogspot.com/-lmOqpgDDlIo/WgLDQR2u2RI/AAAAAAAABRk/x4M3ymgNfRY1F8vDZEVuayuldBQIgBM2gCLcBGAs/s72-c/IMG_20171108_153238.jpg click to zoom
Ditambahkan 00.39
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp. @ Pekerjaan sosial yang merujuk pada hubungan kolaboratif yang dibentuk antara suatu profesional yang berbadan h...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Praktik Pekerjaan Sosial di Tengah Modernitas




















Rp. @

Pekerjaan sosial yang merujuk pada hubungan kolaboratif yang dibentuk antara suatu profesional yang berbadan hukum dengan seorang individu, kelompok, organisasi, maupun masyarakat memiliki misi untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah sosial dan memberdayakan mereka agar terjadi perubahan ke arah yang lebih baik dan membawa kesejahteraan bersama. Pekerjaan sosial hadir sebagai pelayanan sosial dalam berbagai bentuk dan cara sesuai dengan jenis permasalahan sosial yang dihadapi.
Secara umum, pekerjaan sosial dapat menjelma sebagai fasilitator, motivator, edukator, dan bahkan kenselor. Namun, semua peran tersebut mempunyai tujuan yang sama yakni menciptakan suatu sistem yang adil, sejahtera dan berdaya bagi semua pihak. Sebagai contoh misalnya, suatu masyarakat yang memiliki sistem sumber namun belum tahu cara memberdayakannya, maka di sana lah muncul suatu kebutuhan atas pekerjaan sosial agar masyarakatnya dapat memanfaatkan dan mengelolanya secara mandiri. Toh, tak lain dan tak bukan, hasil dari pengelolaan tersebut pada akhirnya menjadi sumber kesejahteraan masyarakat bersama.
Beberapa praktik pekerjaan sosial telah dirangkum dengan apik dalam buku ini. Buku yang merupakan bunga rampai dari beberapa karya ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Pekerjaan Sosial UIN Sunan Kalijaga ini memberikan kontribusi dalam kajian bidang pekerjaan sosial dan menjadi salah satu karya dari lahirnya banyak referensi lainnya. Buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pembaca sehingga pembaca dapat mengetahui secara langsung contoh nyata dari praktik pekerjaan sosial yang ada di sekitar kita, terutama di Indonesia.
Salah satu bagian menarik dari buku ini adalah kompleksitas bidang kajiannya. Isu-isu ysng diangkat merupakan isu-isu modernitas mulai dari bidang ekonomi, sosial, pendidikan, politik, budaya dan bahkan hukum. Tidak hanya itu, subjek kajiannya pun merata, mulai dari permasalahan anak-anak, remaja, remaja usia kerja, hingga lansia. Kemudian dari banyaknya permasalahan tersebut, tidak sedikit yang dikaji dengan perspektif Islam. Hal ini menarik karena tulisan-tulisan di dalam buku ini menyadarkan kita bahwa ranah agama pada dasarnya menjadi pondasi bagi terhindarnya semua permasalahan sosial yang umat manusia kini hadapi. Buku ini menjadi bukti bahwa ranah agama dapat diimplementasikan sebagai solusi ke dalam semua ranah kehidupan sosial.
Besar harapan penulis bahwa buku ini dapat memberikan secercah motivasi bagi para pembaca. Semoga semakin banyak jiwa tolong-menolong yang akan lahir sehingga semakin banyak tindakan nyata yang dilakukan untuk memakmurkan negeri ini. Selamat membaca!
IDENTITAS BUKU
Judul               : Praktik Pekerjaan Sosial di Tengah Modernitas
Penulis            :Susanta,dkk
Penerbit          :Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan          :I, Oktober 2017
Dimensi          : viii + 314 hlm. ; 14 x 20 cm.


Komentar