Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash

https://3.bp.blogspot.com/-BxQGWnQNz78/WgFZ2sutJ5I/AAAAAAAABRI/fdldA6JPKDAPPEo635kn5aiv0aYQTzjrQCLcBGAs/s72-c/IMG_20171107_134406.jpg click to zoom
Ditambahkan 23.00
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp. 75.000 @ Secara umum, banyak yang menyepakati bahwa Matematika merupakan bidang pengetahuan yang abstrak dan kom...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash




















Rp. 75.000 @

Secara umum, banyak yang menyepakati bahwa Matematika merupakan bidang pengetahuan yang abstrak dan kompleks. Yang mana, dalam memahaminya dibutuhkan penjelasan konsep yang praktis dan sederhana. Konsep-konsep matematika yang kompleks dan abstrak ini nampaknya masih sulit dipahami oleh anak didik di tingkat sekolah dasar maupun di sekolah menengah pertama. Hasil penelitian menunjukkan, hasil belajar di tingkat SD masih rendah, begitu pula di tingkat SMP, siswa didik masih banyak yang belum memahami matematika, terutama dalam bahasan pokok tertentu seperti Geometri.
Untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa, tenaga pendidik dituntut agar memiliki strategi dalam mengajarkan konsep matematika yang abstrak dan kompleks sehingga mampu memahamkan materi belajar matematika kepada peserta didik. Dalam hal ini, seorang pengajar diharapkan dapat menerapkan suatu metode belajar yang tidak hanya menarik dan berbeda dari metode sebelumnya, tetapi juga efektif dan efisien. Dengan demikian, siswa yang tadinya mengalamai kesulitan pada bahasan materi tertentu dapat memahaminya.
Sementara itu, mengingat rancangan kurikulum 2013 yang menyebutkan bahwa dalam struktur kurikulum SMP komputer akan menjadi sarana pada semua mata pelajaran, maka tenaga pendidik tertuntut untuk melibatkan sarana komputer dalam proses belajar mengajar. Namun pada kenyataannya, masih banyak guru yang belum menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer dalam mengajar, salah satu penyebabnya ialah mayoritas guru belum mampu membuat media pembelajaran menggunakan komputer.
Kelebihan multimedia interaktif yang mampu membangun kemampuan berpikir, ekplorasi, dan mendorong rasa ingin tahu ini, oleh beberapa penelitian telah dianggap sebagai media yang cocok untuk membelajarkan matematika kepada para siswa. Selain karena karakteristiknya yang khas yakni dinamis dan interaktif sehingga mampu menciptakan suasana belajar matematika menjadi, juga karena strategi mengajar dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer ini dapat membangkitkan keingintahuan dan minat baru bagi para siswa.
Oleh karena itu, tidak berlebihan kiranya jika penulis membukukan hasil penelitiannya tentang pengembangan media pembelajaran segitiga dengan menggunakan software bernama Macromedia Flash. Penelitiannya sendiri dilakukan di SMPN 54 Palembang. Meski penelitian ini hanya dilakukan di satu tempat, namun media pembelajaran dengan software macromedia flash ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh guru di Indonesia, khususnya bagi pendidik matematika SMP.
Dengan buku ini, pembaca akan dibagikan pengetahuan tentang bagaimana cara mengembangkan sebuah media pembelajaran berbantuan komputer, khususnya tentang bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran segitiga menggunakan software macromedia flash. Pembaca akan diajak untuk menyusuri tahapan-tahapannya. Semoga buku ini menginspirasi para guru untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan komputer, tidak hanya dalam bidang matematika tetapi juga bidang lainnya sehingga diharapkan proses belajar dan prestasi siswa didik di Indonesia menunjukkan hasil yang semakin baik. Selamat membaca!
IDENTITAS BUKU
Judul      : Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash
Penulis           : Meilani Safitri
Penerbit         :Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan          : I, Setember 2017   
Dimensi         : xviii + 82 hlm. ; 14 x 20 cm.


Komentar