Membangun Sistem Peringatan Dini Gempa Menggunakan Arduino

https://3.bp.blogspot.com/-Rm3P4tlJwcc/WgpYBJxZLJI/AAAAAAAABTU/mjMsbQQTcCMXUK960pcr5T6l-drN2i63gCLcBGAs/s72-c/IMG_20171114_092658.jpg click to zoom
Ditambahkan 18.38
Kategori Percetakan POD Produk
Harga Rp.  @ P uji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang atas penyertaan dan karunia-Nya penu...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Membangun Sistem Peringatan Dini Gempa Menggunakan Arduino





















Rp.  @

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang atas penyertaan dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan buku ini. Buku ini ditulis dengan judul Membangun Sistem Peringatan Dini Gempa Menggunakan Arduino. Belajar dari beberapa kejadian gempa di Indonesia yang merenggut banyak korban jiwa, membuat pembahasan mengenai pengembangan sistem peringatan dini gempa menjadi relevan.
Mengingat bahwa Indonesia merupakan daerah pertemuan tiga lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Indo-Australia, Eurasia dan Pasifik, yang mana Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan Lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatra, Jawa dan Nusa Tenggara, sedangkan dengan Lempeng Pasifik di utara Irian dan Maluku Utara, maka, Indonesia menjadi rawan gempa bumi. Terutama daerah-daerah di sekitar lokasi pertemuan lempeng tersebut.
Oleh karena itu, pengembangan-pengembangan sistem mutakhir terus dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengurangi resiko akibat gempa bumi. Salah satunya ialah pengembangan sistem peringatan dini gempa bumi menggunakan sensor Arduino. Sistem tersebut merupakan suatu tindakan pemberitahuan informasi kepada masyarakat akan adanya kejadian alam berupa gempa bumi.
Sebagai karya yang bersumber dari penelitian penulis saat menempuh pendidikan magister ini, tentu tidak terlepas dari jasa para pembimbing. Untuk itu penulis ucapkan terima kasih kepada Bapak Dr. Ir. Emir M. Musni selaku pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan semangat dalam menyelesaikan karya ini dan kepada Bapak Dr. Ir. Yoga Priyana, sebagai pembimbing akademik yang selama perkuliahan banyak memberikan dorongan kepada penulis dalam menyelesaian pendidikan. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Departemen Pendidikan Nasional melalui Politeknik Negeri Kupang yang bekerjasama dengan NUFFIC dan telah memberikan bantuan studi sehingga penulis dapat menyelesaikan pendidikan.
Tak lupa, penulis sampaikan terima kasih untuk istri tercinta, yang senantiasa memberikan dorongan dan semangat serta kesabaran, pengertian dan do’anya. Penulis juga sampaikan terima kasih kepada ibu, kakak-kakak dan adik-adik tercinta, beserta seluruh keluarga yang senantiasa memberikan semangat dan do’a-nya. Di samping itu, terima kasih tak perlupakan penulis sam-paikan teruntuk teman-teman selama melaksanakan studi yang telah memberikan bantuan dan dorongan, serta semua pihak yang membantu, yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa buku ini bukanlah tanpa kelemahan, untuk itu kritik dan saran sangat diharapkan. Akhir kata, semoga buku ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya. (Penulis dalam pengantar bukunya)

IDENTITAS BUKU
Judul               : Membangun Sistem Peringatan Dini Gempa Menggunakan Arduino
Pengarang      : Folkes Laumal
Penerbit          : Samudra Biru, Yogyakarta
Cetakan          : I, Oktober 2017
Dimensi          : vxiii + 104 hlm. ; 14 x 20 cm


Komentar